10 Tips Penting Agar Tetap Sehat dan Bugar Saat Puasa

Bulan Ramadhan memang bulan penuh barakah dan ampunan. Namun, bulan ramadhan juga merupakan bulan penuh tantangan di mana umat muslim pada bulan ini diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa. Menahan diri dari kebutuhan biologis seperti makan dan minum tentu bukanlah perkara yang mudah dilakukan, butuh persiapan, tekad dan komitmen kuat untuk bisa menjalaninya. Jika tidak, maka ibadah puasa yang menguras energi ini bisa membawa dampak buruk bagi kesehatan. Oleh karena itu, penting untuk mempersiapkan segala sesuatu agar saat berpuasa tetap dalam kondisi fit dan bugar.

tips sehat menjalankan puasa

Tips Sehat Menjalankan Puasa Ramadhan


Berikut ini beberapa tips yang bisa anda coba supaya tubuh tetap dalam kondisi prima dan segar meski sedang berpuasa.

1. Konsultasi ke Dokter

Sebelum mulai menjalankan puasa, ada baiknya untuk berkonsultasi ke dokter mengenai kondisi kesehatan anda. Cobalah untuk menanyakan tentang pola makan, waktu yang tepat untuk minum obat atau multivitamin serta jenis olahraga apa yang boleh anda lakukan dengan kondisi kesehatan anda selama berpuasa.

2. Merencanakan jadwal menu

Buatlah rencana jadwal menu buka puasa dan sahur. Hal itu untuk memastikan bahwa anda tetap mendapatkan asupan nutrisi yang cukup selama berpuasa.

3. Konsumsi makanan yang baru dimasak

Usahakan untuk lebih banyak mengonsumsi makanan yang baru dimasak. Dengan begitu, anda berarti mengonsumsi makanan yang kandungan nutrisinya masih lengkap. Selain itu, lebih kecil kemungkinan bagi anda untuk terkena kuman ataupun makanan basi.

4. Berbuka dengan yang manis

Setelah berpuasa selama seharian, tubuh membutuhkan makanan dan minuman manis untuk mengembalikan energi yang terkuras. Pilihlah makanan atau minuman dengan kandungan manis alami agar badan juga tetap terjaga kesehatannya.

5. Hindari Dehidrasi

Sangat penting untuk memastikan bahwa tubuh anda mendapatkan asupan cairan yang cukup. Hal itu supaya anda terhindar dari dehidrasi di tengah menjalankan puasa. Usahakan untuk mengonsumsi cairan minimal sebanyak 2 liter per hari. Meski cairan bisa berasal dari berbagai sumber, namun akan lebih baik jika cairan tersebut berupa air putih. Anda bisa mengatur kebutuhan cairan dengan banyak minum air putih pada saat sahur dan berbuka puasa.

6. Hindari tempat yang terlalu panas

Salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk mencegah dehidrasi adalah dengan cara menghindari terlalu lama berada di tempat yang terlalu panas. Cobalah untuk membatasi aktifitas fisik yang berat dan usahakan untuk tetap berada di dalam ruangan atau di tempat teduh.

7. Hindari pedas bagi yang memiliki masalah lambung

Ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya dihindari bagi anda yang memiliki masalah dengan lambung. Seperti makanan pedas, minuman bersoda, cuka, sayuran mentah, mie instan, daging berlemak dan jenis makanan lain yang bisa menimbulkan gas dan memproduksi asam lambung.

8. Pola tidur

Selain pola makan, mengatur pola tidur saat puasa juga sangat penting untuk diperhatikan. Sering mengantuk saat puasa bukanlah disebabkan karena tidak adanya asupan makan dan minum seharian, melainkan karena tidak memberikan porsi waktu yang cukup untuk tidur.

9. Kurangi Aktifitas

Saat berpuasa, pastikan untuk mengurangi aktifitas fisik, apalagi aktifitas yang membutuhkan banyak tenaga. Cobalah untuk tidak memaksakan diri melakukan aktifitas berat selama berpuasa.

10. Perbanyak ibadah

Bulan ramadhan yang penuh berkah merupakan momen yang tepat untuk memperbanyak ibadah. Manfaat waktu luang yang anda miliki untuk memperbanyak ibadah seperti shalat, baca alquran, berdzikir, serta berdoa memohon pertolongan kepada Allah SWT agar tetap sehat dan lancar dalam menjalankan puasa.

Itulah beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk menjaga kondisi tubuh tetap sehat dan bugar selama menjalankan puasa di bulan ramadhan. Jangan sampai kondisi kesehatan yang memburuk mengganggu kelancaran ibadah puasa anda. 


EmoticonEmoticon