Tips Ampuh Menahan Emosi Saat Puasa

Bagi umat islam, melaksanakan ibadah puasa di bulan Ramadhan adalah suatu kewajiban. Yakni dengan menahan diri dari makan dan minum sehari penuh. Namun, puasa bukan hanya sekedar menahan lapar dan dahaga. Lebih dari itu, puasa juga berarti menahan diri dari dorongan hawa nafsu dan emosi.

Menahan Emosi Saat Puasa

Meskipun begitu, terkadang dalam kehidupan sehari-hari ada hal-hal tidak mengenakkan yang seringkali memancing emosi. Oleh karena itu, penting bagi setiap orang yang menjalankan puasa untuk bisa mengontrol emosinya. Jangan sampai emosi dalam diri yang tidak terkontrol mencoreng nilai mulia ibadah puasa. Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menahan diri dari dorongan emosi.

Hentikan dan mencari fokus lain

Ketika anda sedang merasa begitu emosional, hentikan perasaan emosi tersebut dan bersegera untuk mengingat Tuhan. Cari fokus lain yang bisa mengalihkan perasaan emosional yang anda rasakan, seperti dengan cara menyibukkan diri melakukan aktifitas lain atau mengkhusyukkan diri dalam beribadah.

Ambil nafas dalam-dalam

Ketika anda sedang emosi, itu berarti anda sedang dalam situasi diri yang tidak tenang dan kurang terkontrol. Segera ambil nafas dalam-dalam untuk membuat suasana batin lebih tenang, karena hal tersebut akan membantu menyalurkan oksigen dengan baik ke tubuh dan otak. Langkah ini juga membantu anda merasa lebih santai.

Visualisasikan kenyamanan

Satu hal lagi yang bisa dilakukan untuk meredakan emosi, yaitu dengan cara membayangkan sesuatu yang bisa membuat diri merasa nyaman dan damai. Saat sedang dilanda emosi yang meluap-luap, cobalah untuk memejamkan mata sejenak dan mengingat tempat atau momen tertentu yang membuat diri anda merasa nyaman dan senang.

Terlepas dari semua itu, islam juga telah memberikan tips untuk bisa mengontrol emosi. Nabi SAW memberikan petunjuk untuk mengatasi amarah yang tidak terkendali. Seperti dengan beristighfar, mengambil air wudhu, diam, segera duduk ketika emosi dalam keadaan berdiri, atau dengan berbaring jika emosi masih belum reda.

Itulah beberapa tips untuk menahan emosi yang bisa coba anda terapkan ketika suasana diri sedang penuh amarah dan emosional. Semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon