Tips Supaya Tetap Bugar dan Segar Saat Berpuasa

Seseorang yang sedang menjalankan puasa dituntut untuk mengekang diri dari kebutuhan biologis seperti makan dan minum. Meski metabolisme tubuh cenderung menurun akibat berkurangnya frekuensi makan dan minum saat berpuasa, kegiatan sehari-hari harus tetap berjalan. Fisik yang terasa lesu dan lemas tidak boleh menjadi alasan untuk bermalas-malasan.

Pada dasarnya, cadangan energi dalam tubuh mampu bertahan antara 24 hingga 48 jam, sementara puasa hanya memakan waktu sekitar 14 jam. Yang terpenting adalah bagaimana anda mengelola kebutuhan energi yang diperlukan tubuh. Oleh karena itu, ada beberapa kiat yang bisa anda coba agar tetap bugar dan segar saat puasa.

tetap bugar saat puasa

Tips Tetap Semangat dan Bugar Saat Puasa


Hindari gula berlebih saat sahur

Saat makan sahur, jangan terlalu banyak mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung gula. Karena makanan manis akan memicu tubuh memproduksi insulin sehingga membuat tubuh cepat merasa lapar dan lesu. Minuman manis juga mudah menimbulkan rasa lapar karena sifatnya yang lebih cepat dicerna.

Hindari minum kopi saat sahur

Kopi juga merupakan salah satu jenis minuman yang tidak dianjurkan saat sahur. Pasalnya, kopi akan merangsang tubuh untuk sering buang air kecil sehingga kadar air dalam tubuh akan cepat terkuras. Alhasil, tubuh akan merasa lemas dan mengalami dehidrasi.

Jangan terlalu kenyang saat sahur

Makan memang suatu kebutuhan biologis manusia yang sangat penting. Namun jika porsi makan yang masuk ke dalam tubuh terlalu banyak, hal itu justru akan membuat tubuh merasa lemas dan lesu yang akhirnya membuat seseorang malas dalam beraktifitas. Maka hindarilah makan terlalu kenyang di waktu sahur.

Sebaliknya, jangan pula terlalu sedikit makan saat sahur. Karena hal itu akan membuat tubuh kita kekurangan tenaga saat menjalani aktifitas di siang hari. Meskipun terasa berat, sangat penting untuk memastikan bahwa asupan makan yang masuk ke dalam tubuh saat sahur itu cukup sebagai bekal energi untuk beraktifitas sepanjang hari.  

Minum air putih yang cukup

Tubuh manusia membutuhkan cairan sebanyak 2.000-2.500 mililiter air atau setara dengan 10 gelas. Maka penting untuk memastikan tubuh anda mendapat asupan cairan yang cukup. Minumlah air putih yang cukup pada malam hari dan saat sahur untuk kelancaran proses pengeluaran racun dari tubuh melalui air seni dan agar tidak mengalami dehidrasi di siang hari.

Berbuka dengan yang manis

Nabi SAW menganjurkan supaya memulai berbuka puasa dengan makanan yang manis seperti kurma. Ternyata pesan nabi tersebut mengandung manfaat kesehatan yang luar biasa bagi orang yang berpuasa. Kurma menyimpan kandungan serat dan gula yang sangat tinggi sehingga dengan cepat mengembalikan energi yang terkuras seharian selama menjalankan puasa. Anda bisa mengawali waktu berbuka puasa dengan menu ringan seperti kurma dan kolak.

Penuhi kebutuhan serat

Mengonsumsi makanan yang kaya serat juga sangat baik untuk kesehatan selama menjalankan puasa agar terhindar dari sembelit atau susah buang air besar. Dengan begitu, puasa yang anda jalankan bisa berjalan dengan lancar dan nyaman. Anda bisa mengonsumsi jus buah untuk memenuhi kebutuhan serat selama puasa.

Tidak langsung makan besar saat berbuka

Supaya lambung tidak kaget, sebaiknya hindari untuk langsung makan berat saat berbuka. Beri waktu sekitar 1 jam bagi pencernaan untuk beradaptasi setelah berjam-jam tidak memperoleh asupan makanan.

Tetap berolahraga


Meski asupan gizi berkurang saat berpuasa, aktifitas olahraga ringan tetap perlu dilakukan untuk menjaga kebugaran tubuh. Waktu terbaik untuk berolahraga selama puasa adalah 30 menit atau 1 jam menjelang berbuka. Anda bisa memilih olahraga ringan seperti jalan kaki atau bersepeda.

Itulah beberapa tips yang bisa anda lakukan agar tetap bugar dan segar meski sedang menjalankan puasa. Dengan kesehatan yang terjaga, anda biasa menjalankan rangkaian ibadah di bulan ramadhan dengan optimal.


EmoticonEmoticon