Pilihan Olahraga Ringan Saat Puasa yang Bisa Dilakukan di Rumah

Saat sedang menjalankan puasa, biasanya seseorang cenderung malas untuk berolahraga. Padahal, olahraga adalah kebutuhan tubuh yang tidak boleh begitu saja ditinggalkan. Meski saat puasa metabolisme tubuh melambat dan tekanan darah menurun, anda masih dianjurkan untuk tetap berolahraga demi menjaga kesehatan tubuh.

Aktifitas olahraga akan membuat cadangan lemak dalam tubuh terpecah menjadi glukosa, sehingga akan menyediakan pasokan yang cukup ke otak dan organ tubuh lainnya. Alhasil, kebutuhan energi yang diperlukan tubuh akan terpenuhi. Selain itu, berolahraga saat puasa juga membantu untuk mengusir rasa kantuk serta menghilangkan lemah dan rasa malas.

Tentu jenis olahraga yang sebaiknya dilakukan saat puasa bukanlah olahraga berat. Karena olahraga berat justru akan menguras banyak energi dan membuat dehidrasi sehingga tubuh cepat lelah dan lemas. Anda bisa melakukan olahraga ringan dengan durasi waktu yang singkat, sekitar 30 menit hingga 1 jam.

Soal waktu yang tepat digunakan untuk berolahraga saat puasa, waktu menjelang berbuka adalah saat terbaik untuk berolahraga di saat sedang menjalankan ibadah puasa, karena tubuh dengan segera akan mendapat recovery atau pemulihan saat waktu buka puasa tiba.

olahraga ringan saat puasa

Jenis Olahraga Ringan Saat Puasa


Ada beberapa jenis olahraga ringan yang bisa anda lakukan dengan aman saat puasa, bahkan saat di rumah sekalipun. Berikut ini beberapa olahraga yang bisa dilakukan di rumah saat sedang menjalani puasa.

Jalan santai

Meski terdengar remeh, jenis olahraga satu ini ternyata sangat bermanfaat untuk mengatur kadar kolesterol dalam tubuh dan membantu mengatasi masalah kegemukan. Selain itu, jalan santai juga bisa menjadi langkah sehat untuk mencegah osteoporosis dan mengurangi stres. Anda bisa melakukannya dengan santai di sekitar hunian. Lakukan aktifitas jalan santai ini selama kurang lebih 30 menit setiap sore menjelang berbuka puasa.

Bersepeda

Jenis olahraga ringan selanjutnya yang bisa anda lakukan saat puasa adalah bersepeda. Ada beberapa manfaat kesehatan yang bisa anda raih dengan bersepeda, seperti untuk membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah, menurunkan tekanan darah, serta menguatkan otot jantung. Dengan begitu, sistem kerja jantung dan paru-paru akan tetap terjaga dengan baik. Anda bisa melakukan olahraga ini selama 30 menit jelang berbuka puasa. Selama waktu itu, anda bisa bersepeda memutari lingkungan hunian sekitar.

Yoga

Berikutnya adalah yoga. Olahraga ini bisa anda lakukan dengan mudah di dalam ruangan yang tidak terlalu luas. Beberapa manfaat yang bisa anda dapatkan dari olahraga Yoga ini antara lain untuk menurunkan berat badan dan merasa lebih rileks.

Itulah beberapa olahraga ringan yang tetap bisa anda lakukan meski dalam kondisi sedang berpuasa. Mengimbangi puasa dengan aktifitas olahraga akan membantu anda meraih kesehatan secara optimal. Dengan badan yang sehat juga tentunya akan membuat aktifitas ibadah anda menjadi lancar.


EmoticonEmoticon