Manfaat Tidur Sejenak di Siang Hari Saat Puasa

Di bulan puasa, waktu siang hari seringkali menjadi saat rawan mengantuk, terutama sekitar jam-jam 13.00-15.00. Bagi anda yang harus bekerja seharian tentu pada jam-jam tersebut rasa kantuk berat sering melanda karena kurangnya jam tidur akibat harus bangun sahur. Lalu bagaimana seharusnya menyikapi situasi seperti ini?

Meski masih dalam jam kerja, tak ada salahnya bagi anda untuk tidur sejenak. Tidur siang akan membantu mengurangi tingkat kelelahan, meningkatkan proses belajar, serta membantu meningkatkan koordinasi tubuh. Cukup 20 menit saja memejamkan mata akan membuat tubuh merasa segar kembali. Selain itu, ada beberapa manfaat lain dari mengistirahatkan tubuh sejenak di siang hari.

manfaat tidur siang saat puasa

Manfaat Tidur Siang untuk Kesehatan


Tidur siang bukan hanya membuat tubuh kembali fresh. Lebih dari itu, tidur sebentar di siang hari juga menyimpan banyak manfaat luar biasa bagi kesehatan tubuh. Berikut ini beberapa manfaat yang bisa diperoleh dari memberikan sedikit porsi waktu di siang hari untuk tidur.

Meningkatkan Daya Ingat

Manfaat tidur siang yang pertama adalah mampu meningkatkan daya ingat. Mengapa bisa begitu? Karena seusai tidur siang, tubuh cenderung lebih mudah merespon segala sesuatu yang terjadi di sekitarnya seperti kemampuan menyerap informasi, mempelajari serta mengingat sesuatu.

Hal ini juga telah dibuktikan oleh sebuah studi di Northwestern University pada tahun 2012 silam, di mana para peserta penelitian yang mengambil waktu tidur siang mampu mengoperasikan keyboard lebih akurat dibanding mereka yang mengabaikan waktu siang harinya untuk istirahat tidur sejenak.

Studi lain yang dilakukan UC Berkeley juga mengungkapkan bahwa tidur siang sejenak selama 20 menit sangat bermanfaat untuk mengolah informasi yang telah diterima serta mempersiapkan kembali otak untuk menerima dan mengingat informasi baru.

Mengurangi Stres

Tidur siang sejenak juga bermanfaat untuk membuat tubuh merasa lebih rileks dan mengurangi tingkat stres. Hal ini dibuktikan oleh sebuah penelitian di Jepang terhadap para perawat di sela 9 jam kerjanya. Penelitian menunjukkan bahwa para perawat yang mengambil waktu tidur siang sekitar 15 menit merasa stres dan ketegangannya berkurang.

Studi lain juga dilakukan oleh Allegheny College di Pennsylvania. Penelitian ini membuktikan bahwa murid yang mengambil tes matematika usai tidur siang, tekanan darahnya lebih rendah ketimbang mereka yang tidak tidur.

Menurunkan Berat Badan

Seperti diungkapkan dalam buku The Sleep Doctor's Diet:Loose Weight Through Better Sleep, bahwa konsisten tidur di siang hari akan memberi dampak positif pada kinerja hormon ghrelin dan leptin. Hormon leptin berperan untuk memberitahu saat tubuh sudah kenyang, sementara hormon ghrelin memberi kode saat tubuh lapar. Keseimbangan kedua hormon ini akan membantu mengontrol pola makan.

Bukan hanya pada saat puasa, manfaat tidur siang tersebut juga berlaku di luar bulan puasa. Beberapa manfaat tidur siang tersebut sangat penting bagi tubuh. Oleh karena itu, luangkan sedikit waktu anda untuk istirahat memejamkan mata sejenak di siang hari.


EmoticonEmoticon