Langsung Tidur Setelah Makan Sahur Bisa Membahayakan Kesehatan

Di bulan ramadhan, umat muslim di seluruh penjuru dunia diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa. Pada umumnya mereka akan bangun beberapa jam lebih awal untuk makan sahur. Karena harus bangun dini hari sebelum fajar menyingsing, maka banyak orang masih merasakan kantuk dan ingin kembali tidur setelah makan sahur.  

Kebiasaan tersebut tentu bisa dimaklumi karena memang waktu tidur cenderung berkurang dibandingkan hari-hari biasanya di luar ramadhan. Kembali tidur setelah makan sahur juga biasa mereka jadikan sebagai upaya untuk mencegah kantuk saat beraktifitas di siang harinya.

Namun, tahukah anda bahwa ada bahaya kesehatan yang mengancam jika Anda langsung kembali tidur tepat seusai makan sahur.

bahaya tidur setelah sahur

Bahaya Langsung Tidur Setelah Makan Sahur


Kebiasaan langsung tidur setelah makan sahur ternyata membawa dampak buruk bagi sistem pencernaan. Hal tersebut akan menyebabkan makanan yang baru saja masuk ke lambung akan kembali naik ke atas menuju kerongkongan dan mulut. Dalam dunia medis, kondisi seperti ini lebih dikenal dengan refluks esofagus atau esophageal reflux, yaitu kembalinya makanan dari lambung ke esofagus (saluran yang membawa makanan dari mulut ke perut).

Karena adanya dorongan gravitasi, ketika seseorang kembali tidur seusai makan, maka yang terjadi adalah makanan yang baru saja sampai ke lambung akan berbalik arah kembali menuju kerongkongan. Dalam kondisi seperti ini, tentu saja ada asam lambung yang ikut terbawa oleh makanan.

Hal tersebut akan membuat kerongkongan terasa panas, kering, bahkan terkadang membuat seseorang merasa mulas, mual dan ingin muntah. Kondisi ini akan bisa bertambah parah lagi bagi penderita mag.

Selain itu, asam lambung yang ikut terbawa naik juga bisa mencapai saluran pernapasan yang akan berakibat lebih parah lagi seperti inflamasi atau peradangan, kerusakan pada kerongkongan, paru-paru dan laring atau kotak suara. Kondisi seperti ini dikenal dengan GERD (gastroesophageal reflux disease). GERD bisa berpotensi terjadinya komplikasi mulai dari kanker kerongkongan hingga kematian.

Sebenarnya tidur setelah makan sahur tidak selamanya membawa dampak buruk bagi kesehatan jika itu dilakukan dengan cara yang tepat. Idealnya bisa dilakukan selang dua jam setelah makan sahur. Sayangnya, tidur dua jam tersebut tidak dimungkinkan bagi mereka yang harus berangkat kerja pagi-pagi, mengingat waktu sahur yang hampir mendekati imsak sekitar pukul 3 sampai pukul 4.  

Namun ada cara aman lain yang bisa dilakukan untuk tidur setelah makan sahur, yaitu tidur dengan cara menggunakan bantal yang lebih tinggi. Hal itu tidak akan membahayakan pencernaan, karena makanan yang sudah masuk lambung tidak akan naik kembali.

Itulah hal penting yang perlu anda perhatikan terkait kebiasaan tidur tepat setelah makan sahur yang bisa membahayakan kesehatan. Semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon