3 Tips Puasa Saat Hamil yang Penting untuk Diperhatikan

Kehamilan adalah sebuah anugerah yang harus disyukuri dan dijaga oleh setiap wanita. Namun, ketika memasuki bulan Ramadhan, adanya ibadah puasa wajib dan janji pahala yang berkali-kali lipat dari biasanya juga membuat banyak wanita yang sedang hamil ingin melakukan ibadah tersebut. Meskipun sulit, berpuasa saat hamil juga dapat dilakukan, salah satunya dengan melakukan tips puasa saat hamil yang akan dibahas lebih lanjut pada uraian di bawah ini.

Tips Puasa Saat Hamil

3 Tips Puasa Saat Hamil yang Perlu Diperhatikan


1. Berkonsultasi dengan dokter kandungan atau bidan

Tips puasa saat hamil yang pertama harus dilakukan adalah berkonsultasi dengan dokter kandungan atau bidan pribadi terlebih dahulu. Meskipun Anda meresa sehat sekalipun, ada baiknya Anda mengecek keadaan kehamilan Anda dan berkonsultasi apakah dengan berpuasa tidak akan mengganggu kehamilan tersebut. Jika dokter kandungan atau bidan yang Anda percayai mengijinkan, maka Anda bisa melakukan ibadah puasa seperti biasa. Namun, jika tidak mendapatkan izin, ada baiknya Anda tidak melakukan ibadah puasa terlebih dahulu karena mungkin hal tersebut didasari oleh kondisi janin atau kandungan yang tidak memungkinkan untuk Anda melakukan puasa.

2. Makanan dan minuman yang bergizi saat sahur dan berbuka puasa

Hampir sama dengan orang yang tidak sedang hamil, tips puasa saat hamil juga mengharuskan Anda untuk memakan makanan dan minuman yang bergizi dan cukup di saat sahur. Usahakan makanan yang Anda konsumsi adalah makanan yang mengandung nutrisi banyak baik karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan lain-lain. Ibu hamil juga wajib meminum air putih sebanyak-banyaknya saat sahur karena ibu hamil akan membutuhkan cairan lebih banyak dari orang yang tidak sedang mengandung, khususnya di saat sedang berpuasa.

Tak hanya saat sahur saja, makan makanan yang bergizi juga harus dilakukan saat sedang berbuka puasa. Sebaiknya Anda juga memperbanyak makan buah dan sayur agar janin yang ada di dalam kandungan bisa tetap sehat. Tak lupa juga untuk mengonsumsi susu kehamilan, jika Anda memang sedang mengonsumsinya, sebelum Anda tidur pada malam hari.

3. Lebih banyak beristirahat

Jika sedang tidak hamil pun orang yang berpuasa memang membutuhkan istirahat atau paling tidak mengurangi aktivitasnya untuk bisa kuat dalam menahan lapar dan haus, terlebih untuk wanita yang sedang mengandung bayi. Tips puasa saat hamil adalah dengan mengurangi aktivitas Anda seminimal mungkin, khususnya aktivitas yang berat-berat. Anda juga harus beristirahat dengan tidur siang atau lebih banyak duduk. Meskipun istirahat tidak berarti Anda tidak dapat melakukan kegiatan apapun, akan tetapi tidak boleh membuat Anda terlalu lelah karena akan membahayakan kondisi kehamilan Anda.

Itulah beberapa tips yang dapat Anda lakukan jika Anda seorang wanita yang sedang hamil tetapi ingin berpuasa di bulan ramadhan. Berpuasa di saat sedang hamil juga akan semakin sulit jika dibandingkan dengan tidak hamil, oleh sebab itu Anda membutuhkan niat yang lebih besar dan ikhlas agar Anda bukan hanya mendapatkan pahala, tetapi juga kuat dalam menjalani ibadah puasa tersebut.

Tips puasa saat hamil di atas juga dapat diterapkan hanya untuk usia-usia kehamilan tertentu yang dapat Anda ketahui saat berkonsultasi dengan dokter. Yang pasti, tetap harus mengutamakan keadaan janin yang dikandung. Jika keadaan kehamilan tidak memungkinkan untuk berpuasa maka tidak perlu memaksakan diri untuk melakukannya.


EmoticonEmoticon