Tips Jitu Mengatur Keuangan di Bulan Puasa

Mengatur keuangan merupakan hal yang paling sulit dilakukan. Apalagi untuk orang yang kurang disiplin dan tidak membuat daftar prioritas. Hal ini tidak boleh dilakukan di bulan puasa. Sebab pada bulan yang penuh berkah tersebut, banyak kebiasaan-kebiasaan yang merugikan dan tahu-tahu menguras keuangan Anda. Tips mengatur keuangan di bulan puasa berikut ini akan membantu Anda mengatasi peliknya keuangan bulan Ramadhan. Lakukanlah tips-tips berikut untuk mengamankan keuangan Anda supaya tidak menyurut tiba-tiba tanpa perencanaan yang matang.

mengatur keuangan di bulan puasa

3 Tips Mengatur Keuangan di Bulan Puasa


Berbagai keperluan di bulan puasa banyak yang berbeda dengan bulan-bulan lainnya. misalnya, biaya untuk makan sahur. Waktu sahur sangat penting dan Anda memerlukan nutrisi lengkap agar kuat menjalani puasa seharian. Selanjutnya adalah waktu berbuka. Bagi yang jarang memasak sendiri, makan di luar untuk berbuka adalah hal yang sangat biasa. Masalahnya, untuk berbuka puasa di luar, dananya bisa dua kali lipat ketimbang memasak sendiri. Belum lagi jika sudah hari raya. Biaya untuk mudik, dan yang paling penting, zakat di bulan Ramadhan.

Banyaknya pengeluaran tersebut pastinya akan membuat Anda harus ekstra hati-hati dalam membelanjakannya untuk hal lain. Padahal dalam satu bulan masih banyak kebutuhan lainnya, entah itu tagihan-tagihan, pulsa, bensin, dan lain-lain. Namun anda tidak perlu khawatir, berikut ini beberapa poin yang perlu Anda perhatikan dalam mengatur keuangan di bulan puasa.

1. Menyisihkan uang untuk hari raya

Ini sangat penting. Amat sangat percuma dan sia-sia saja jika menyisihkan dana untuk hal tertentu, namun akhirnya malah terpakai juga untuk hal lain. Karena itu, pastikan untuk menyisihkan dana dan tidak menyentuhnya sama sekali kecuali untuk tujuan awal anda menyisihkan uang tersebut.

Dalam kasus di bulan puasa, hari raya merupakan yang paling sering memakan biaya. Pada hari tersebut, bagi Anda yang sudah berkeluarga dan memiliki rumah sendiri tentunya harus memastikan adanya konsumsi lengkap serta oleh-oleh untuk mengunjungi sanak kerabat. Belum lagi biaya untuk mudik. Nah, untuk semua itu, Anda dapat menggunakan THR ditambah tabungan tersendiri. Jadi, tidak akan mengganggu pendanaan lain dari pendapatan utama.

2. Catat dan evaluasi setiap pengeluaran

Tips mengatur keuangan di bulan puasa selanjutnya adalah mencatat setiap pengeluaran, dan mengevaluasinya setiap hari. Jika hanya dicatat sambil lalu maka akan percuma. Anda akan lebih sadar diri jika Anda melihat betapa besar pengeluaran yang anda habiskan setiap harinya pada bulan puasa. Jadi, kesadaran juga sangat penting, jangan cuma mengatur keuangan sambil lalu saja.

3. Tekan pengeluaran dan nafsu

Menahan nafsu adalah tujuan dilakukannya puasa. Nafsu di sini bukan hanya makan dan minum, tapi juga nafsu konsumtif untuk membeli segala sesuatu yang Anda inginkan. Tips mengatur keuangan di bulan puasa selanjutnya adalah pikirkan dulu apakah Anda benar-benar butuh untuk membeli sesuatu ataukah tidak. Karena salah dalam pembelian akan berakibat pemotongan dana lainnya yang ternyata lebih penting. Nafsu untuk langsung makan yang enak-enak saat berbuka juga penting sekali untuk ditahan. Selain Anda dapat menjaga kesehatan keuangan, Anda juga bisa menjaga kesehatan badan.

Itulah berbagai tips mengatur keuangan di bulan puasa yang sangat penting untuk dilakukan. Dengan begitu, maka masalah keuangan tidak lagi menjadi masalah saat bulan Ramadhan tiba.


EmoticonEmoticon