3 Cara Ampuh Mengatasi Bau Mulut Saat Puasa

Puasa merupakan ibadah yang dilakukan dengan menahan rasa haus dan lapar dari waktu subuh hingga terbenamnya matahari. Saat puasa, keluhan bau mulut sering sekali dirasakan oleh banyak orang dan membuat rasa percaya diri jadi menurun. Mengatasi bau mulut saat puasa sebenarnya tidak terlalu susah. Ada banyak sekali cari alami dan tidak berbahaya yang bisa Anda coba. Memang sangat penting untuk memperhatikan bagian rongga mulut supaya tetap berbau sedap agar tidak mengganggu lawan bicara. Apalagi bila pekerjaan Anda menuntut untuk bertemu banyak orang, tentu saja bau mulut selama bulan puasa harus dihindari agar kolega tetap merasa nyaman saat berbincang dengan Anda. Ada banyak sekali cara-cara mudah yang tidak menghabiskan banyak waktu dan biaya untuk mengurangi bau kurang sedang di mulut Anda. Simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Mengatasi Bau Mulut Saat Puasa

3 Cara Ampuh Mencegah Bau Mulut Saat Puasa


Tidak perlu repot-repot untuk mengatasi bau mulut saat puasa. Cara-cara sederhana yang alami bisa Anda coba lakukan dan tentunya tidak berbahaya. Jangan gunakan obat-obatan yang tidak jelas merk dan efek sampingnya. Usahakan gunakan tips-tips sederhana berikut ini untuk menolong Anda dari serangan bau mulut selama menjalankan ibadah puasa.

1. Menggosok Gigi dengan Bersih

Anda ingin bau mulut tidak menghampiri selam puasa? Sikat gigi menjadi solusi paling efektif untuk mengatasi persoalan tersebut. Mengatasi bau mulut selama puasa bisa dimulai dengan menggosok gigi yang baik dan benar. Coba perhatikan, apakah selama ini Anda sudah benar-benar menyikat setiap sudut gigi dengan baik? Cara menyikat gigi yang baik adalah dengan menggunakan sikat yang berujung kecil dan berbulu halus agar bisa masuk ke sela-sela gigi. Teknik yang digunakan sebaiknya memutar agar kotoran terangkat dengan sempurna. Usahakan membersihkan seluruh bagian rongga mulut, mulai dari gigi, gusi, lidah dan langit-langit mulut. Bau mulut disebabkan karena adanya sisa-sisa makanan yang membusuk dan dihinggapi bakteri. Jadi jangan malas untuk menggosok gigi.

2. Hindari Makanan Berbau Tajam

Petai dan jengkol memang menjadi makanan yang lezat bagi sebagian orang. Jika selama puasa Anda tidak ingin memiliki bau mulut tak sedap, hindarilah jenis makanan tersebut. Aroma yang dihasilkan petai dan jengkol mampu bertahan sangat lama. Belum lagi jika proses pencernaan tidak maksimal, maka bau yang dihasilkan saat Anda bicara tidak bisa ditolerir. Dengan menghindari makan-makanan berbau tajam, Anda bisa mengatasi bau mulut saat puasa.

3. Konsumsi Buah Mengandung Vitamin C

Salah satu penyebab bau mulut adalah sariawan yang bersarang di bagian dalam mulut, entah itu lidah, gusi atau bibir. Selama berpuasa, gangguan sariawan seperti ini seringkali muncul. Parahnya, setiap sariawan selalu dibarengi dengan aroma tak sedap pada mulut. Mengatasi persoalan tersebut bisa dilakukan dengan mulai melakukan tindakan preventif yaitu mengonsumsi aneka buah yang menghasilkan vitamin C tinggi seperti jeruk, lemon, tomat dan jambu biji. Vitamin C yang diperoleh dari sumber alami terbukti ampuh untuk mencegah dan mengatasi bau mulut selama puasa.

Demikianlah pembahasan mengenai tips mengatasi bau mulut selama puasa. Ketiga upaya tersebut memang sangat mudah dilakukan, jadi tidak perlu banyak beralasan untuk mulai mencobanya. Selain itu, usahakan untuk mengonsumsi air dalam jumlah yang cukup yaitu minimal 8 gelas per hari, karena air dibutuhkan oleh tubuh untuk memproduksi air liur. Mulut yang menghasilkan cukup air liur, kelembabannya akan tetap terjaga dan tidak menyebabkan bau mulut.


EmoticonEmoticon