5 Tips Diet Saat Puasa untuk Turunkan Berat Badan

Tips Diet Saat Puasa - Diet merupakan salah satu rutinitas yang harus dilakukan bagi mereka yang bertubuh gemuk namun mendambakan bentuk tubuh ideal. Saat menjalani diet, seseorang harus mempertimbangkan gaya diet yang sehat, terlebih lagi diet saat puasa di bulan ramadhan. Banyak orang mencari tahu bagaimana sebenarnya tips diet yang benar saat puasa.  Diet sendiri sebenarnya tetap harus menjaga asupan makanan yang masuk ke tubuh supaya berat badan tidak turun secara drastis dan kesehatan tetap terjaga.

Tips Diet Saat Puasa untuk Turunkan Berat Badan

Tips Diet yang Sehat dan Benar Saat Puasa


Jika anda hendak menjalankan diet pada saat puasa, anda bisa mengikuti beberapa tips diet berikut ini yang layak untuk dicoba.

1.Pilih makanan-makanan rendah kalori saat sahur dan berbuka

Tips diet saat puasa di Bulan Ramadhan yang pertama adalah memilih makanan rendah kalori saat sahur dan berbuka. Saat makan sahur, upayakan untuk mempertimbangkan menu makanan yang akan dikonsumsi. Pilihlah makanan yang mempunyai kadar kalori rendah dan hindari makanan yang terlalu pedas dan berminyak. Lebih baik mengonsumsi makanan-makanan yang direbus atau dikukus, dan lebih baik lagi mengonsumsi sayur mayur, buah-buahan dan daging yang mempunyai kadar lemak yang rendah.

2. Minumlah air putih yang cukup

Diet yang sehat tidak terlepas dari cukupnya kebutuhan cairan sehari-hari. Saat sahur dan berbuka puasa, sangat dianjurkan untuk mengonsumsi air putih ataupun jus dari buah-buahan untuk menjaga kadar metabolisme yang akan dapat memaksimalkan diet sehingga berat badan menjadi lebih cepat turun.

3. Berolahraga saat puasa

Tips diet saat puasa di Bulan Ramadhan yang ketiga ialah berolahraga. Umumnya saat puasa orang-orang lebih cenderung untuk tetap tinggal di rumah atau mengurangi aktivitas sehari-harinya yang biasa dilakukan di hari normal. Namun, jika ingin memperoleh hasil diet yang maksimal, momen berolahraga saat berpuasa sebenarnya sangatlah dianjurkan. Selain menyehatkan tubuh, berolahraga saat berpuasa juga terbukti sangat efektif menurunkan berat badan. Hal tersebut terjadi karena pembakaran lemak berjalan maksimal saat seseorang berolahraga dalam keadaan perut kosong.

4. Kurangi konsumsi gula

Saat Bulan Ramadhan, seringkali kita jumpai menu makanan yang kaya akan gula seperti sirup, kolak, kue kering dan lain-lain. Hal ini akan memicu program diet yang dilakukan menjadi kurang maksimal. Kadar gula pada makanan yang manis bisa menjadi pemicu terhambatnya penurunan berat badan, bahkan dalam kondisi berpuasa. Maka dari itu, sangat dianjurkan untuk mengurangi konsumsi makanan manis saat berpuasa supaya program diet berjalan lebih maksimal.

5. Selalu sahur

Tips diet saat puasa di Bulan Ramadhan yang terakhir ialah selalu makan sahur. Umumnya orang akan berpikiran bahwa berpuasa tanpa makan sahur akan lebih mempercepat penurunan berat badan, padahal anggapan tersebut sangat salah. Saat tidak makan sahur, tingkat metabolisme yang terjadi dalam tubuh akan menurun, dampaknya membuat sistem pembakaran lemak dalam tubuh juga menurun. Oleh karena itu, makan sahur saat berpuasa menjadi penting dilakukan untuk menjaga metabolisme tubuh dan pembakaran lemak dalam tubuh tetap optimal, serta program diet yang dijalani menjadi lebih maksimal.


Kebanyakan orang menggunakan momentum ibadah puasa di Bulan Ramadhan sebagai jalan untuk diet atau mengurangi berat badan. Namun hal itu perlu perhatikan agar diet saat berpuasa tetap sehat dan tidak menyebabkan penyakit dalam tubuh.

Oleh karena itu, saat berpuasa juga tetap harus memperhatikan makanan yang akan kita makan untuk menyeimbangkan nutrisi dan kebutuhan tubuh, supaya proses metabolisme dalam tubuh dapat berjalan dengan optimal. Beberapa tips diet saat puasa di atas sangat penting untuk diperhatikan agar kesehatan tubuh tetap terjaga dan berat badan juga menjadi turun.


EmoticonEmoticon