Tips Berolahraga di Waktu Puasa yang Aman dan Menyehatkan

Sebentar lagi akan memasuki bulan puasa yang pada tahun 2017 ini akan jatuh pada akhir bulan Mei. Para umat muslim pun harus mempersiapkan semuanya mulai dari logistik dan juga kesehatan. Jika Anda senang berolahraga, berikut ini ada beberapa Tips berolahraga di waktu puasa yang bisa Anda coba. Meskipun sedang menjalankan ibadah puasa, jangan dijadikan alasan untuk bermalas-malasan dan jarang berolahraga.

Tips Berolahraga di Waktu Puasa

Tips Berolahraga di Bulan Ramadhan


Berolahraga memang bagus untuk kesehatan, namun akan mengalami kendala bila seseorang yang gemar berolahraga sedang berpuasa. Maka dari itu, banyak yang mengurungkan niatnya untuk berolahraga ketika sedang berpuasa. Padahal kegiatan olahraga sangatlah penting untuk menjaga supaya tubuh tetap fit dan sehat. Bila Anda mengalami kendala untuk berolahraga di bulan Ramadhan, di bawah ini ada beberapa Tips berolahraga di waktu puasa yang bisa anda coba.

1. Berolahraga di tempat sejuk

Mungkin Tips berolahraga di waktu puasa yang satu ini bisa Anda coba lakukan. Memilih tempat berolahraga dengan suasana yang sejuk tentu tidak akan mengganggu puasa. Tempat yang sejuk tersebut bisa di dalam rumah, di bawah pohon ataupun di taman yang rindang. Tempat sejuk semacam ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai lokasi untuk berolahraga pada saat sedang menjalankan ibadah puasa.

2. Olahraga sebelum buka puasa

Waktu yang tepat untuk berolahraga saat bulan Ramadhan adalah sebelum berbuka puasa. Lakukanlah olahraga yang sesuai dengan kemampuan Anda pada jam-jam 5 sore saat akan mendekati buka puasa atau 1-2 jam sebelum berbuka. Waktu tersebut umumnya digunakan oleh sebagian besar masyarakat untuk ngabuburit atau menunggu waktu berbuka dengan jalan-jalan cuci mata atau berburu takjil. Supaya lebih menyehatkan, gunakanlah waktu tersebut untuk olahraga seperti bersepeda, jogging, jalan santai dan lain sebagainya. Anda bahkan tak perlu menunggu waktu lama untuk bisa makan dan minum, karena saat aktifitas olahraga selesai maka jam berbuka pun segera tiba.

3. Hindari jenis olahraga berat

Tips berolahraga di waktu puasa yang paling mudah dilakukan adalah menghindari olahraga yang berat. Bila di luar bulan Ramadhan Anda sering menjalankan olahraga berat setiap hari, maka khusus di bulan puasa bisa dikurangi porsinya dengan melalukan olahraga yang ringan. Tidak perlu khawatir dengan masalah kebugaran tubuh, yang terpenting Anda bisa mengeluarkan keringat meskipun dengan olahraga ringan saja. Sebagai contoh, Anda bisa jogging, yoga, bersepeda santai, treadmill dan lain-lain.

4. Hindari olahraga yang bisa membatalkan puasa

Penting bagi Anda untuk melakukan tips yang keempat ini. Sebisa mungkin Anda harus menghindari olahraga yang bisa membatalkan puasa seperti berenang atau pun olahraga berat lainnya. Saat berenang Anda tentu tidak tahu jika sewaktu-waktu air bisa tertelan dan hal tersebut tentunya akan membuat puasa menjadi tidak sempurna.

5. Imbangi dengan menu sahur dan buka yang sehat

Untuk membuat badan tetap fit saat berpuasa tentunya tidak tergantung pada seberapa sering berolahraga tetapi diimbangi juga dengan menu sahur dan buka puasa. Pilihlah makanan yang sehat seperti perbanyak minum air putih, mengkonsumsi buah dan sayur serta hindari makanan pedas serta gorengan.

Kelima Tips berolahraga di waktu puasa di atas penting untuk Anda lakukan supaya tubuh tetap fit dan sehat selama bulan ramadhan. Sehingga puasa tetap jalan, kesehatan pun juga terjaga.


EmoticonEmoticon