5 Tips Berbuka Puasa dengan Benar yang Menyehatkan

Waktu berbuka puasa adalah momen yang sangat ditunggu-tunggu oleh umat muslim yang sedang berpuasa. Banyak hidangan yang disajikan untuk menu buka puasa seperti aneka es, sayur dan lauk pauk lainnya. Tetapi jangan sampai kalap untuk memakan makanan apapun yang disediakan. Anda juga perlu memperhatikan cara berbuka puasa dengan benar supaya tubuh tetap sehat dan berat badan pun tetap terkontrol saat bulan Ramadhan.

Tips Berbuka Puasa dengan Benar

Tips Berbuka Puasa dengan Benar yang Harus Diperhatikan


Penting sekali untuk memperhatikan cara berbuka puasa yang benar. Mengapa? Karena banyak orang yang kalap saat berbuka puasa dengan tidak mengontrol makanan yang disantap. Alhasil, berat badan pun menjadi naik secara drastis dan mengancam kesehatan tubuh. Oleh karena itu, beberapa tips berbuka puasa berikut ini bisa sangat membantu.

1. Berbuka dengan makanan dan minuman yang manis

Tips berbuka puasa dengan benar yang pertama adalah dengan makan dan minum yang manis. Banyak yang menyarankan, bahkan didukung pula dengan sunnah Rasul, untuk berbuka dengan yang manis. Hal ini akan membuat energi Anda kembali naik. Usahakan untuk mengkonsumsi makanan yang teksturnya lembut terlebih dahulu, ini untuk menghindarkan perut sulit beradaptasi dengan makanan dan menghindarkan naiknya asam lambung. Jika ingin mengikuti sunnah nabi, berbukalah dengan kurma dan segelas air putih hangat supaya perut tidak kaget.

2. Mengonsumsi makanan sesuai porsi

Berbuka puasa jangan dijadikan sebagai ajang balas dendam dengan memakan semua makanan tanpa memperhatikan porsi. Supaya buka puasa menyehatkan terutama untuk perut, maka sebaiknya makan dengan porsi secukupnya dan tidak berlebihan. Dengan begitu, perut Anda akan terhindar dari begah akibat kekenyangan.

3. Makan secara perlahan

Tips berbuka puasa dengan benar yang selanjutnya adalah makan secara perlahan. Terkadang ada juga seseorang yang berbuka puasa dengan makan tergesa-gesa karena ingin segera menyantap makanan selanjutnya. Alhasil, hal tersebut justru membuatnya tersedak dan mungkin juga perut akan mengalami rasa perih dan melilit akibat makanan tidak dicerna dengan baik. Makanlah secara perlahan dan bertahap saat berbuka, minumlah terlebih dahulu baru dilanjutkan dengan makan makanan manis yang lembut. Setelah perut sudah beradaptasi maka barulah mengonsumsi makanan berat seperti nasi.

4. Mengonsumsi buah setelah berbuka dengan makanan/minum yang manis

Sebelum Anda berbuka dengan mengonsumsi makanan berat seperti nasi, usahakan untuk mengonsumsi buah terlebih dahulu. Ini penting karena buah banyak mengandung serat, vitamin dan mineral. Biasanya masalah yang sering dihadapi oleh kebanyakan orang saat berpuasa adalah sembelit karena kurangnya cairan dan serat. Maka setelah berbuka dengan minum yang manis, lanjutkan dengan mengonsumsi buah seperti pisang, apel, jeruk, pepaya dan lain-lain.

5. Jangan mengonsumsi makanan padat sebelum makan makanan berat

Tips berbuka dengan baik dan benar selanjutnya adalah hindari mengonsumsi makanan padat sebelum makanan berat. Hal ini sangat penting untuk menjaga lambung tidak bekerja terlalu berat dalam mencerna makanan yang bisa menimbulkan rasa perih.

Berbuka puasa memang waktu yang paling indah bagi orang berpuasa. Selain nikmat, Anda pun tak boleh sembarangan dalam memilih menu berbuka supaya perut tidak mengalami masalah. Dengan memperhatikan kelima tips berbuka puasa dengan benar di atas, puasa yang anda jalani akan lebih menyehatkan dan membantu mengontrol berat badan.


EmoticonEmoticon