Tips Sederhana Agar Tidak Dehidrasi Saat Sedang Berpuasa

Dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh identik sangat mungkin terjadi selama menjalankan puasa. Saat puasa, sekitar 15 jam tubuh tidak dimasuki dengan asupan makanan dan minuman. Anda harus melakukan upaya untuk mencegah dan mengatasi agar tidak dehidrasi saat puasa. Dehidrasi bisa dikenali dari gejalanya seperti cepat lelah dan pusing. Sementara pada bulan puasa, gejalanya bisa lebih kentara seperti mulut kering, haus berlebihan, tekanan darah rendah dan hilang kesadaran. Tentu saja Anda tidak mau hal tersebut terjadi karena bisa mengganggu kelancaran ibadah puasa. Oleh karena itu, sangat penting untuk selalu menjaga keseimbangan kadar air dalam tubuh. Hal tersebut bisa anda upayakan saat sahur dan berbuka puasa.

Agar Tidak Dehidrasi Saat Sedang Berpuasa

3 Tips Jitu Agar Tidak Dehidrasi Saat Puasa


Waktu sahur dan berbuka puasa menjadi penentu dalam kelancaran ibadah puasa selama satu hari penuh. Segala sesuatu yang masuk ke dalam tubuh akan sangat berpengaruh. Jumlah kalori, nutrisi, gizi, vitamin dan zat-zat lainnya harus diperhatikan dengan seksama supaya terhindar dari berbagai gangguan kesehatan, salah satunya dehidrasi. Agar tidak dehidrasi saat puasa, mungkin beberapa tips berikut ini bisa sangat membantu.

1. Minum Air Putih yang Cukup

Tentu saja langkah ini adalah yang paling utama untuk dilakukan agar tidak dehidrasi selama puasa. Bayangkan saja bila Anda tidak cukup mengonsumsi air, maka tubuh akan bekerja sangat keras untuk mempertahankan kondisi cairan dalam tubuh. Pada saat sedang berpuasa, memang tidak mungkin untuk minum di siang hari, namun anda harus tetap mengupayakan untuk memiliki cadangan air yang cukup. Caranya yaitu dengan minum minimal 8 gelas per hari yang dilakukan dengan komposisi 3 gelas saat sahut, 3 gelas lagi saat berbuka, dan 2 gelas minimal 1 jam sebelum tidur. Cara ini cukup efektif dalam menjaga dan mengganti jumlah cairan dalam tubuh untuk menghadapi hari puasa yang panjang.

2. Minum Jus Buah

Buah menjadi sumber cairan yang dibutuhkan oleh tubuh selain air. Anda bisa menjadikannya sebagai pendukung kadar cairan dalam tubuh agar tidak dehidrasi selama puasa. Konsumsi buah-buahan yang mengandung banyak air seperti semangka, melon, nanas dan apel. Cara ini bisa menjadi alternatif sehingga Anda tidak perlu minum air secara berlebihan. Akan lebih baik bila Anda mengolahnya menjadi jus sehingga tubuh lebih mudah menyerap cairannya. Usahakan paling tidak sekali saat sahur atau berbuka puasa.

3. Membasahi Tubuh dengan Air

Cara yang satu ini dapat menolong Anda saat benar-benar sudah tidak kuat menahan dehidrasi pada siang hari. Apalagi bila cuaca sedang panas dan Anda harus melakukan begitu banyak aktivitas, tentu tubuh menjadi lebih cepat kehilangan cairan. Jika memungkinkan, bilas tubuh dengan air seperti mandi atau mencuci muka. Cara ini bisa membuat suhu tubuh menurun dan lebih dingin, sehingga tubuh tidak banyak berkeringat yang cenderung lebih mudah haus. Berada di ruangan dengan pendingin seperti AC atau kipas angin juga bisa membantu agar tidak dehidrasi saat puasa.

Melakukan pencegahan agar tidak dehidrasi selama puasa sangat penting untuk dilakukan, supaya ibadah puasa bisa berjalan dengan lancar tanpa hambatan. Oleh karena itu, usahakan untuk tidak melakukan aktivitas yang melelahkan dan menguras banyak keringat.


EmoticonEmoticon