Tips Mendapatkan Tidur Berkualitas Selama Puasa

Memiliki tidur yang berkualitas pada malam hari dapat mempengaruhi kondisi Anda saat bangun tidur keesokan harinya. Tidur dengan kualitas yang baik membuat Anda bangun dalam keadaan yang segar dan bahagia. Tidur berkualitas selama puasa tetap bisa dilakukan, karena justru puasa dapat membuat tubuh lebih sehat dengan mengurangi aktivitas pencernaan dan detoksifikasi secara alami. Anda harus memperhatikan kualitas tidur karena akan berdampak besar pada kesehatan. Kurang tidur bisa menyebabkan menurunnya tingkat konsentrasi dan daya pikir. Lebih jauh lagi, bila diabaikan, pola tidur yang berantakan bisa berakibat fatal karena meningkatkan resiko penyakit kronis seperti stroke, serangan jantung, dan gagal ginjal. Anda ingin memiliki tubuh sehat selama menjalankan ibadah puasa? Maka upayakan tidur yang berkualitas.

Mendapatkan Tidur Berkualitas Selama Puasa

3 Cara Mendapatkan Tidur Berkualitas Selama Puasa


Mendapatkan tidur berkualitas selama puasa bisa diupayakan dengan langkah sederhana yang bisa dilakukan oleh semua orang. Jangan sampai karena Anda tidak cukup tidur pada keesokan harinya justru menjalani ibadah puasa tidak sepenuh hati dan beralasan macam-macam agar bisa membatalkan puasa. Tidur yang cukup dan nyenyak pada malam hari bisa menghalau banyak keluhan selama menjalani puasa. Berikut ini tips supaya tidur menjadi berkualitas di bulan puasa yang penuh berkah.

1. Jangan Makan Berlebihan

Ingat, makanan adalah sumber utama yang membuat seseorang mudah mengantuk. Tapi bukan berarti makan secara berlebihan saat berbuka puasa bisa membuat Anda tidur lebih nyenyak. Usahakan untuk mengonsumsi makanan secukupnya saja dan jangan makan terlalu kenyang saat akan beranjak ke tempat tidur. Namun, jika Anda benar-benar lapar bisa mengonsumsi camilan ringan berupa biskuit, roti, atau chips. Perut yang terisi penuh oleh makanan akan membuat sistem pencernaan bekerja keras sehingga menghambat tubuh untuk merasa rileks untuk tertidur pulas. Hindari minuman mengandung kafein tinggi seperti kopi karena bisa memicu adrenalin dan meningkatkan detak jantung yang membuat Anda sulit mendapatkan tidur berkualitas selama puasa.

2. Atur Waktu Tidur

Apakah Anda punya kebiasaan tidur yang berantakan? Maksudnya adalah tidur di jam yang tidak sama setiap harinya. Jika iya, coba mulai atur lagi pola tidur Anda karena tidur yang baik yaitu selalu dilakukan di jam yang sama setiap harinya. Hal ini dapat membantu tubuh untuk mengenali kebiasaan, sehingga dengan otomatis bisa mempercepat proses tidur dan membuat tubuh istirahat lebih baik. Misal, Anda tidur pada jam 9 malam, maka seterusnya juga tidur pada waktu yang sama. Usahakan jangan sering-sering begadang karena membuat tubuh memiliki pola tidur yang tidak beraturan. Selain itu, tubuh yang kekurangan tidur bisa menyebabkan organ-organ tidak bekerja secara optimal.

3. Hindari Gadget

Cara untuk mendapatkan tidur berkualitas selama puasa yang susah-susah gampang untuk dilakukan adalah menjauhkan gadget dari pandangan Anda. Kaum millenial sekarang ini memang tidak bisa lepas dari smartphone dan laptop, sehingga untuk menghindarinya sebelum tidur cukup sulit. Namun jika Anda memang memiliki tekad yang kuat untuk mendapatkan tidur berkualitas, maka sebaiknya hindari kontak dengan berbagai macam perangkat elektronik minimal 1 jam sebelum tidur. Cara ini sangat efektif untuk membuat tubuh memasuki masa-masa rileks dan siap untuk tertidur pulas. Agar tidak mudah dijangkau, letakkan gadget pada radius yang cukup jauh.

Melakukan hal-hal sederhana untuk meningkatkan kualitas tidur sangat mudah melakukannya. Mulailah untuk berkomitmen dengan diri sendiri agar memiliki kehidupan yang lebih tertata. Semua aktivitas positif pasti akan berbalik ke tubuh Anda dalam bentuk yang baik pula. Semoga artikel mengenai tips tidur berkualitas selama puasa ini dapat bermanfaat bagi Anda.


EmoticonEmoticon