Tips Sehat di Bulan Puasa Bagi Penderita Anemia

Bulan  ramadhan hanya terjadi satu kali dalam setahun, tidak heran bila kedatangannya paling ditunggu-tunggu oleh umat muslim di seluruh dunia. Seringkali meski dalam kondisi yang tidak baik, banyak orang yang tetap memiliki keinginan kuat untuk berpuasa. Anemia menjadi masalah kesehatan yang dialami banyak orang. Bagi Anda yang memiliki masalah penyakit darah rendah ini pasti akan mudah sekali lemas dan lelah, apalagi saat puasa. Untuk mengatasi persoalan tersebut, beberapa tips berikut bisa anda lakukan.

puasa bagi penderita anemia

Tips Sehat di Bulan Puasa untuk Penderita Anemia


Anemia adalah gangguan kesehatan yang disebabkan oleh jumlah darah merah yang berada di bawah kondisi normal. Gejala anemia yang paling sering dirasakan adalah pusing, mata berkunang-kunang, lemas hingga kehilangan kesadaran. Bagi Anda penderita anemia harus melakukan perawatan khusus yang sesuai agar saat beribadah gejala-gejala tersebut bisa diminimalisir. Apalagi pada waktu-waktu tertentu, seperti saat siang hari ketika udara terasa begitu panas dan kondisi tubuh sudah menurun drastis. Simak beberapa tips sehat bulan puasa berikut ini untuk membantu Anda tetap lancar berpuasa meski mengalami anemia.

1. Konsumsi Makanan Penambah Darah

Makanan yang masuk ke dalam tubuh menjadi hal utama yang harus diperhatikan. Waktu sahur dan berbuka menjadi saat yang penting untuk mencegah dan memulihkan kondisi Anda. Sahur menjadi saat yang menentukan karena segala asupan gizi yang dimakan akan mempengaruhi kondisi Anda hingga waktu berbuka. Makanan yang Anda konsumsi sebagai tips sehat bulan puasa sebaiknya mengandung banyak zat besi, asam folat, dan vitamin A, B12 serta C. Beberapa jenis sayuran yang kaya kandungan tersebut di antaranya bayam, brokoli, kangkung, kembang kol, dan daun singkong serta kacang-kacangan. Sementara untuk buah-buahan, anda bisa mengonsumsi buah naga, anggur, alpukat dan kurma. Makanan yang berasal dari daging sapi dan ikan laut juga sangat baik untuk meningkatkan kadar hemoglobin darah.

2. Minum Banyak Air Putih

Air putih memiliki khasiat yang luar biasa, terutama bagi penderita anemia karena bisa membantu tubuh untuk mengikat oksigen dalam darah yang membuat sel darah merah dapat diproduksi dengan baik. Saat puasa Anda tidak diperbolehkan untuk minum hingga kurang lebih 15 jam, tapi bukan berarti Anda akan kekurangan cairan. Cara menyiasati kondisi tersebut adalah dengan minum 3 gelas air pada waktu sahur, 3 gelas saat berbuka dan 2 gelas sebelum tidur. Cara ini efektif untuk membuat carian dalam tubuh tetap stabil.

3. Istirahat Cukup

Memiliki waktu istirahat yang juga menjadi tips sehat bulan puasa yang cukup efektif untuk mengurangi gejala anemia. Saat tubuh sudah terasa begitu lelah, luangkan waktu untuk mengistirahatkan tubuh sejenak. Tidak berarti Anda harus tidur, bila memungkinkan tidur 1 hingga 2 jam sudah cukup, tapi bagi Anda yang super produktif bisa rehat sejenak dari pekerjaan dan meluangkan waktu 15 hingga 30 menit untuk melakukan relaksasi.

Demikianlah ulasan mengenai tips sehat bulan puasa bagi Anda yang memiliki keluhan Anemia. Jangan jadikan masalah kesehatan membatasi Anda dalam beribadah dengan maksimal. Ingat selalu untuk mengkonsumsi makanan bergizi, minum cukup air putih, dan istirahat. Jangan pernah sepelekan masalah kesehatan agar tidak terjadi hal-hal yang lebih buruk. Semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon