3 Pola Makan Salah Saat Puasa yang Sebaiknya Dihindari

Saat membahas puasa ramadhan, maka yang dibahas tidaklah hanya tentang menahan lapar dan haus. Ada banyak hal yang bisa diperhatikan seperti pola makan,  baik itu pola makan yang baik maupun pola makan salah saat puasa. Puasa ramadhan sendiri merupakan sebuah kewajiban bagi para umat islam. Puasa yang dilaksanakan setahun sekali ini selalu dinantikan oleh para pemeluknya karena di bulan yang satu ini akan penuh dengan ampunan,rahmat dan berkah dari Tuhan yang maha kuasa. Puasa sendiri merupakan kegiatan menahan lapar dan dahaga dari fajar hingga tenggelamnya matahari.

pola makan salah saat puasa

3 Pola Makan Salah Saat Puasa Ramadhan


Saat puasa ramadahan, para pemeluk agama Islam kebanyakan mengubah pola makan yang tadinya makan tiga kali sehari menjadi dua kali sehari yaitu saat berbuka dan sahur. Karena perubahan inilah maka kita harus bijak dalam asupan yang dipilih untuk tetap memenuhi asupan gizi yang diperlukan oleh tubuh. Walaupun jumlah makan berkurang, asupan gizi untuk tubuh harus tetap dipertahankan. Untuk memenuhi kebutuhan gizi diperlukan pola makan yang tepat. Jangan sampai Anda menerapkan pola makan salah saat puasa karena dapat berpengaruh pada ketahanan tubuh.

Untuk tetap mempertahankan keseimbangan gizi, ada beberapa hal terkait makan pada saat puasa yang sebaiknya dihindari.

1. Mengonsumsi teh dan kopi berlebih pada saat berbuka dan sahur

Hal ini mungkin akan berpengaruh bagi para pembaca yang merupakan kopi atau teh addict. Dua minuman ini hendaknya dihindari pada saat sahur dan buka. Terutama sahur, mengapa demikian? Hal ini dikarenakan dua bahan minuman ini mempercepat metabolisme pada tubuh berjalan lebih cepat sehingga membuat rasa haus datang lebih cepat juga walaupun tidak mengakibatkan dehidrasi. Tentu saja bila hal ini terjadi akan memengaruhi proses puasa.

2. Mengonsumsi gorengan saat berbuka

Larangan kedua ini hampir mustahil bagi banyak orang. Gorengan sudah menjadi makanan yang paling cocok dikonsumsi dalam keadaan apapun. Tetapi, mengonsumsi gorengan secara berlebih merupakan salah satu pola makan salah saat puasa yang harus dihindari. Gorengan sangat tidak disarankan dikonsumsi secara berlebih apalagi bagi mereka yang sudah berusia lanjut.  Hal ini dikarenakan gorengan mengandung kalori tinggi. Sehingga meningkatkan kolesterol dan dapat mempertinggi resiko serangan jantung, sangat berbahaya bukan? Hal ini tidak berlaku bagi orang-orang dengan usia lanjut saja, Anda yang masih muda pun bisa terpengaruh.

3. Mengonsumsi es terlalu banyak

Poin ketiga ini merupakan salah satu kebiasaan pola makan salah saat puasa yang mana sudah sangat lumrah di antara kita. Meminum segelas air es saat berbuka puasa pasti akan sangat terasa menyegarkan apalagi dalam beberapa waktu kerongkongan dalam keadaan kering. Tetapi tahukah Anda bahwa saat Anda meminum es atau minuman yang terlalu dingin maka lambung menjadi bekerja dengan lambat. Saat kerja lambung lambat, maka asupan gizi yang seharusnya diperlukan oleh tubuh tidak dapat dicerna dengan baik. Selain itu, lambung bisa kaget saat menerima air es karena seharian lambung sudah kosong tanpa menerima makanan.
Itu adalah beberapa pola makan salah saat puasa yang sebaiknya Anda hindari. Memang agak sulit karena pola makan tersebut sudah menjadi kebiasaan. Tetapi untuk dapat memaksimalkan ibadah puasa dan tentu untuk kebaikan Anda sendiri, cobalah secara perlahan meninggalkan kebiasaan-kebiasaan tersebut. Semoga bermanfaat dan semoga Anda bisa menjalani puasa dengan lancar.


EmoticonEmoticon