5 Tips Ampuh Mengatasi Rasa Ngantuk Selama Berpuasa

Selain lemas, masalah yang sering dihadapi oleh seseorang yang menjalankan puasa adalah mengantuk. Hal ini tentu sangat mengganggu bila Anda juga harus bekerja di siang hari. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengetahui bagaimana cara mengatasi ngantuk selama berpuasa. Namun sebelumnya, perlu diketahui juga bahwa faktor mengantuk tersebut juga bisa disebabkan karena faktor makanan yang disantap saat sahur.

Tips Ampuh Mengatasi Rasa Ngantuk Selama Berpuasa

5 Tips Mengatasi Ngantuk Selama Berpuasa


Sebagian besar orang yang sedang berpuasa pasti akan mengalami hal ini. Mengantuk memang tidak bisa dilepaskan begitu saja, tetapi bagi Anda yang bekerja di kantor tentu hal ini begitu mengganggu. Faktor mengantuk memang bisa disebabkan karena berbagai macam faktor. Seperti faktor makanan, energi yang berkurang akibat bekerja dan juga cuaca. Berikut ini ada 5 tips mengatasi ngantuk selama berpuasa yang bisa coba anda lakukan.

1. Konsumsi makanan seimbang

Faktor makanan memiliki andil besar bagi seseorang yang menjalankan ibadah puasa. Jika seseorang sering mengonsumsi gorengan saat berpuasa, maka hal tersebut akan berdampak buruk bagi kesehatan. Mengapa? Karena kadar minyak berlebih dari gorengan tersebut bisa mengakibatkan penggumpalan darah dan hal itu akan membuat kadar oksigen berkurang. Sehingga seseorang akan mudah lemas dan mengantuk. Solusinya, perbanyaklah mengonsumsi makanan seimbang. Perbanyak makan buah dan sayur di saat sahur dan buka puasa serta minum air putih yang cukup.

2. Tidur yang cukup

Tips mengatasi ngantuk selama berpuasa selanjutnya adalah tidur yang cukup. Saat bulan Ramadhan, umat muslim memang diharuskan bangun lebih awal untuk mempersiapkan makan sahur. Tetapi hal tersebut tidak boleh dijadikan alasan untuk bermalas-malasan karena merasa waktu tidurnya berkurang. Solusinya, tidurlah segera selepas sholat tarawih yaitu sekitar jam 9-10 malam kemudian bangun jam 3 pagi untuk makan sahur. Ketika Anda sedang di kantor, manfaatkan jam istirahat untuk tidur siang.

3. Jalan-jalan

Bagi yang tidak bekerja, mungkin tips berikut ini bisa dilakukan. Jalan-jalan di sini bisa digunakan untuk berbelanja makanan berbuka ataupun hanya untuk sekedar cari angin. Aktifitas ringan yang satu ini cukup ampuh mengusir rasa kantuk.

4. Hindari aktivitas berat

Tips mengatasi ngantuk selama berpuasa yang satu ini mungkin juga bisa Anda coba. Selain bisa mengusir kantuk, menghindari aktivitas berat juga menghindarkan Anda dari potensi untuk membatalkan puasa. Pasalnya, aktivitas berat bisa menyebabkan tubuh merasa cepat lelah dan memicu rasa kantuk. Selain itu, aktivitas berat juga akan menyebabkan dehidrasi karena banyak cairan yang hilang sehingga tubuh menjadi lemas dan mengantuk.

5. Hindari tidur setelah sholat subuh

Tidur setelah sholat subuh itu ternyata tidak baik apalagi saat bulan puasa. Mengapa? Karena pada waktu tersebut perut sedang aktif selepas makan sahur, sehingga jika digunakan untuk tidur, proses metabolisme di dalam tubuh akan menurun dan tubuh menjadi lemas dan merasa ngantuk.

Beberapa tips mengatasi ngantuk selama berpuasa di atas sangat penting untuk anda perhatikan. Jangan sampai ibadah puasa yang sedang anda jalani dijadikan sebagai alasan untuk bermalas-malasan dan tidak produktif. Sebaliknya, isilah hari-hari puasa anda dengan kegiatan positif serta terus produktif dan berkarya.


EmoticonEmoticon