3 Langkah Sehat untuk Mengatasi Kelelahan Saat Puasa

Kelelahan berlebih bisa menyerang siapa saja karena berbagai macam alasan, salah satunya puasa. Mengatasi kelelahan saat puasa tidak akan merepotkan dan mengganggu ibadah Anda. Faktanya, setiap orang pasti mengalami rasa lelah, baik saat sedang puasa atau tidak. Hal tersebut disebabkan karena rutinitas yang padat dan aktivitas berat yang dilakukan. Bahkan orang tidur saja bisa bangun dalam keadaan lelah, apalagi saat puasa dimana kondisi tubuh lemah dan kekurangan banyak nutrisi. Walaupun puasa mudah membuat Anda terserang fatigue, tapi cara mengatasinya juga sangat mudah. Anda bisa mencoba cara-cara sederhana yang mampu mengembalikan tenaga dan kesegaran tubuh.

Mengatasi Kelelahan Saat Puasa

3 Cara untuk Mengatasi Kelelahan Saat Puasa


Tubuh merupakan sebuah sistem yang di dalamnya terdapat banyak jaringan dan organ yang memerlukan perlakukan khusus agar bisa saling mendukung satu sama lain untuk memiliki ketahanan yang baik. Memiliki pola hidup yang sehat sangat membantu Anda memiliki tubuh fit yang tidak mudah lelah. Ada tiga cara yang bisa membantu Anda mengatasi kelelahan saat puasa. Bagian penting yang tidak boleh terlewatkan bahwa cara-cara tersebut lebih baik bila dilakukan secara proporsional alias tidak kurang dan tidak lebih.

1. Tidur Berkualitas

Telah disinggung sebelumnya bahwa ada orang yang terbangun dari tidur namun merasa lelah. Hal tersebut sering terjadi karena aktivitas tidur yang dilakukan tidak memiliki kualitas yang baik. Apa maksud dari tidur yang berkualitas? Proses ini dimulai dari sebelum Anda tidur yaitu dengan tidak terlalu banyak pikiran yang membuat stress. Saat Anda beranjak tidur dengan pikiran yang kacau maka tubuh akan menanggungnya dan merefleksikannya dalam bentuk kelelahan. Saat puasa, Anda bisa mencobanya di siang hari dengan tidur 30 menit hingga 1 jam. Bila Anda tergolong orang yang super sibuk, maka bisa dikurangi menjadi 15 menit. Syaratnya, gunakan waktu tidur dengan baik dan buat pikiran senyaman mungkin. Langkah ini cukup efektif untuk mengatasi kelelahan saat puasa.

2. Olahraga yang Cukup

Tidak bisa dipungkiri bahwa olahraga adalah kegiatan yang bisa membantu tubuh lebih sehat dan kuat. Dengan olahraga secara rutin, tubuh Anda terasa lebih segar dan tidak mudah lelah. Langkah ini sebaiknya dilakukan secara terus menerus minimal 3 kali dalam seminggu. Sebaiknya Anda sudah memulainya dari sekarang, sehingga saat puasa Anda bisa merasakan manfaatnya. Namun pada saat puasa pun tidak boleh berhenti berolahraga, Anda tetap bisa berolahraga dengan cara mengurangi durasi waktunya, misalnya hanya 5 atau 10 menit saja. Saat yang paling tepat untuk melakukan aktivitas olah tubuh adalah 30 atau 25 menit menjelang berbuka puasa.

3. Asupan Gizi yang Cukup

Makan yang sehat dan bergizi menjadi kunci yang mendukung untuk mengatasi kelelahan saat puasa. Anda harus memperbanyak makanan yang menjadi sumber energi yaitu nasi yang mengandung karbohidrat untuk menjaga gula darah, ikan dan daging sebagai sumber protein, serta buah dan sayur sebagai sumber berbagai jenis vitamin. Usahakan untuk banyak minum air putih agar Anda tidak mengalami dehidrasi, karena dehidrasi juga menjadi penyebab utama kelelahan.

Tiga jalan menuju sehat dan mengatasi kelelahan saat puasa yang telah dijelaskan di atas paling tidak harus Anda lakukan salah satunya. Jika memang menginginkan tubuh yang bugar selama menjalani ibadah puasa, maka sebaiknya lakukan ketiga hal tersebut. Mulailah menjalani hidup dengan sehat dari sekarang juga karena manfaat jangka panjang yang diperoleh akan sangat menguntungkan. Semoga puasa Anda berjalan lancar dan selamat mencoba.


EmoticonEmoticon