Menggali Lebih Dalam Manfaat Puasa Bagi Kesehatan

Puasa secara bahasa berarti menahan lapar dan haus dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari. Bagi umat muslim, puasa adalah sebuah kewajiban sebagaimana tertuang dalam ayat Al-Qur’an. Puasa Ramadhan termasuk salah satu rukun Islam yang wajib dikerjakan oleh umat muslim. Selain puasa ramadhan, ada pula puasa lain yang juga dijalani oleh setiap umat muslim, seperti misalnya puasa Senin Kamis. Selain sebagai kewajiban, puasa juga terbukti secara medis sangat baik untuk kesehatan. Berikut beberapa manfaat puasa bagi kesehatan yang telah dibuktikan secara medis.

Manfaat Puasa Bagi Kesehatan

Beberapa Manfaat Puasa Bagi Kesehatan yang Telah Terbukti Secara Medis


Saat ini sudah banyak penelitian yang membuktikan tentang manfaat puasa bagi kesehatan. Banyak ilmuwan yang kemudian dibuat tercengang akan hasil penelitiannya, yang mana menunjukkan manfaat puasa yang sangat baik bagi kesehatan. Lantas apa saja manfaat itu? Berikut beberapa manfaat yang sudah terbukti secara medis tentang khasiat berpuasa.

1. Menurunkan Berat Badan

Manfaat puasa bagi kesehatan yang paling signifikan adalah untuk menurunkan berat badan. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa berpuasa berarti menahan untuk tidak makan dan minum selama satu hari penuh. Selama berpuasa ini, usus dalam tubuh akan secara otomatis bersih dari sisa pencernaan yang masih mengendap. Waktu kurang lebih 12 jam berpuasa ini digunakan oleh usus untuk membersihkan endapan sisa makanan yang dapat menumpuk dan menyebabkan terbentuknya lemak. Inilah yang membuat puasa bisa membantu menurunkan berat badan. Selain itu, berpuasa juga dapat memperbaiki sistem pencernaan yang bisa mengakibatkan masalah kegemukan.

2. Detoksifikasi bagi Tubuh

Kedua, manfaat puasa bagi kesehatan adalah sebagai metode detoksifikasi bagi tubuh yang sangat ampuh. Penelitian sudah membuktikan bahwa dengan berpuasa, organ-organ tubuh seperti usus dan lambung akan memiliki waktu yang cukup untuk beristirahat. Waktu inilah yang digunakan oleh organ-organ tersebut untuk membuang racun sisa pencernaan maupun racun yang terbawa dalam makanan.

Selain baik bagi lambung dan usus, berpuasa juga membawa dampak baik bagi ginjal. Ginjal yang berfungsi sebagai filter terhadap makanan yang kita konsumsi akan berfungsi dengan lebih maksimal saat berpuasa. Ginjal akan bekerja dengan maksimal saat osmosis urin antara 1000-2000 ml osmosis/kg air. Untuk mencapai level itu, tubuh harus mengurangi asupan air dengan berpuasa. Karena itulah selama berpuasa, lambung dan organ lainnya terbukti dapat bekerja lebih maksimal.

3. Mencegah dari Penyakit Berbahaya

Manfaat selanjutnya yang bisa didapatkan dari berpuasa adalah mencegah beberapa penyakit berbahaya seperti diabetes. Sebagai salah satu penyakit yang timbul karena pola makan yang tidak sehat, penyakit diabetes dapat diatasi dengan berpuasa secara rutin. Penyakit diabetes yang notabene diakibatkan karena meningkatnya kadar gula darah dan kolesterol dapat dikontrol dengan berpuasa. Berpuasa akan secara otomatis mengontrol konsumsi makanan yang mengandung gula dan kolesterol tinggi, sehingga menurunkan resiko terserang diabetes.

Begitu luar biasa manfaat puasa bagi kesehatan tubuh yang sudah dibuktikan oleh penelitian oleh para ahli. Hasil penelitian yang sudah dilakukan membuktikan bahwa manfaat berpuasa bagi kesehatan bukanlah sekedar mitos. 

Namun demikian, yang harus Anda perhatikan adalah tetap menjaga pola makan saat berbuka. Jangan sampai setelah berpuasa seharian, Anda melampiaskan dengan mengonsumsi makanan apapun yang Anda inginkan. Hal ini justru akan berdampak negatif bagi kesehatan pencernaan Anda. Yang paling baik tentu saja berbuka secukupnya untuk memulihkan nutrisi dan sumber energi yang hilang selama berpuasa.


EmoticonEmoticon