3 Jenis Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari Saat Buka Puasa

Ramadhan memang bulan yang paling ditunggu-tunggu oleh umat Islam karena tak hanya penuh berkah dan pahala, di bulan ramadhan juga banyak makanan dan minuman yang hanya muncul di saat-saat tertentu seperti buka puasa. Saat puasa, semua makanan memang tampak lebih enak sehingga ingin cepat-cepat dinikmati saat berbuka, namun Anda juga perlu memperhatikan jenis makanan tersebut karena ada beberapa makanan dan minuman yang harus dihindari saat buka puasa, seperti yang akan disebutkan di bawah ini.

Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari Saat Buka Puasa

Jenis-jenis Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari Saat Buka Puasa


1. Makanan dan minuman yang asam

Ketika berbuka puasa, sebaiknya hindari untuk makan atau minum sesuatu yang rasanya asam. Alasan makanan asam masuk ke dalam daftar makanan dan minuman yang harus dihindari saat buka puasa sendiri yaitu karena perut Anda yang kosong selama berpuasa sudah memproduksi asam klorida (HCl) yang cukup banyak, sehingga jika ditambah dengan makanan atau minuman yang asam lagi justru akan membuat lambung Anda iritasi. Makanan dan minuman yang rasanya asam juga mudah membuat perut Anda mulas.

2. Makanan yang mengandung banyak lemak

Makanan dan minuman yang harus dihindari saat buka puasa yang selanjutnya yaitu makanan yang berlemak. Makanan berlemak memang memiliki rasa yang sangat lezat dan menggoda selera seperti opor, rendang, dan lain sebagainya, namun jika kandungan lemaknya berlebihan justru akan berbahaya bagi kesehatan karena dapat menimbulkan kolesterol.

Selain itu, oleh karena buka puasa dilakukan pada malam hari dan setelah itu aktivitas yang Anda lakukan tidak terlalu banyak, maka jika Anda makan makanan yang berlemak, lemak tersebut tidak mengalami perubahan menjadi energi dan hanya akan menumpuk di tubuh Anda. Oleh sebab itu, jika menikmati makanan yang berlemak saat berbuka puasa, berat badan Anda bisa jadi semakin berat.

3. Makanan yang memiliki rasa pedas

Terakhir, makanan dan minuman yang harus dihindari saat buka puasa yaitu yang memiliki rasa pedas. Hampir sama dengan makanan dan minuman yang rasanya asam, makanan yang rasanya pedas juga tidak baik jika dikonsumsi saat perut kosong. Selain karena dapat membuat lambung Anda iritasi, makanan yang pedas juga membuat Anda mudah sakit perut, terlebih jika rasa pedas tersebut terlalu berlebihan. Jika terlalu lama dikonsumsi saat perut kosong, makanan pedas juga dapat mengakibatkan kerusakan pada lambung dan usus.

Meskipun ada beberapa makanan dan minuman yang tidak dianjurkan dinikmati saat berbuka puasa, sebenarnya semua makanan tersebut tetap dapat dikonsumsi asalkan dalam porsi yang seimbang. Ada baiknya jika menu berbuka puasa Anda bervariasi setiap hari agar kandungan gizi yang Anda dapatkan juga beragam. Jadi, meskipun berpuasa dan tidak makan maupun minum hampir seharian, asupan gizi Anda tetap banyak alias tidak kekurangan gizi.

Berbuka puasa sendiri disarankan untuk mengonsumsi makanan dan minuman yang memiliki rasa manis. Hal ini karena makanan dan minuman yang rasanya manis mengandung gula yang berkarbohidrat dan energi, sehingga energi Anda yang terkuras selama berpuasa bisa segera tergantikan.

Meski begitu, semua porsinya diharapkan untuk tidak berlebihan karena meskipun makanan dan minuman yang dikonsumsi tidak berbahaya, jika porsinya berlebihan pun akan tetap tidak baik untuk tubuh. Makanan dan minuman yang harus dihindari saat buka puasa tersebut juga harus diperhatikan agar ibadah selama ramadhan tidak terganggu oleh sakit akibat kesalahan pola makan yang anda lakukan.


EmoticonEmoticon