Cara Sukses Turunkan Berat Badan dengan Diet OCD

Diet merupakan salah satu kegiatan dalam usaha untuk menurunkan berat badan yang dianggap gemuk menjadi lebih ideal. Sebagian orang yang bertubuh gemuk tentu akan merasa kurang percaya diri untuk tampil di publik. Apalagi mengingat model fashion untuk orang yang bertubuh langsing lebih menarik dibanding untuk orang yang bertubuh gemuk. Dalam metodenya, banyak hal dapat Anda temui untuk melakukan diet, termasuk diet OCD. Tahukah Anda apa itu metode diet OCD? Untuk yang belum mengetahuinya, mari simak artikel ini sampai tuntas!


Cara Sukses Turunkan Berat Badan dengan Diet OCD

Metode Diet OCD untuk Melangsingkan Tubuh dengan Cepat


Apa itu diet OCD? Untuk sebagian orang mungkin belum begitu tahu apa yang dimaksud dengan OCD. Kata OCD sendiri sebenarnya merupakan sebuah singkatan dari Obsessive Corbuzier’s Diet. Metode diet tersebut dicetuskan oleh salah satu artis Indonesia atau yang lebih dikenal dengan pesulap yaitu Deddy Corbuzier. Diet ini bisa dilakukan tanpa harus berolahraga. Namun, untuk Anda yang memang menyukai kegiatan olahraga, Anda tetap diperbolehkan melakukannya asalkan tubuh Anda kuat dan dalam kondisi yang fit. Dalam menerapkan diet ini, ternyata ada beberapa klasifikasi tertentu yang bisa dipilih atau Anda jalankan secara bertahap. Lalu, apa saja tahapan metodenya? Berikut penjelasannya untuk Anda.

1. Makan Selama 8 jam

Klasifikasi metode diet OCD yang pertama adalah makan selama 8 jam. Maksudnya adalah dalam satu hari, Anda diperbolehkan untuk makan hanya selama 8 jam saja dan sisanya berpuasa. Akan tetapi, puasa yang dimaksud disini yaitu Anda hanya diperbolehkan untuk minum dan dilarang keras untuk makan kembali. Minuman yang boleh diminum pun harus yang rendah kalori agar proses penurunan berat badan ini bisa berjalan lebih efektif. Karena hal ini akan mendukung program diet yang sedang anda jalani.

Selama waktu makan 8 jam ini, Anda bebas untuk makan apa saja yang Anda inginkan. Tetapi setelahnya, Anda diwajibkan untuk menahan rasa lapar yang datang. Jadi, manfaatkan waktu makan tersebut sebaik mungkin. Metode yang pertama ini sangat direkomendasikan untuk dilakukan oleh pemula atau pelaku diet OCD yang baru ingin mencoba cara diet ini. Disarankan untuk tidak memilih jenis klasifikasi yang waktu makannya lebih sedikit terlebih dahulu, karena kita tidak pernah tahu bagaimana reaksi tubuh saat melakukan puasa kurang lebih 16 jam dalam setiap hari. Untuk itu, pilihlah metode pertama ini dan lakukan selama satu atau dua minggu agar tubuh Anda terbiasa dengan berpuasa.

2. Makan Selama 6 jam

Selanjutnya, apabila Anda sudah menerapkan kualifikasi pertama dan ternyata cocok diterapkan untuk tubuh Anda, maka Anda bisa melanjutkannya dengan menjalankan metode diet OCD yang kedua. Adapun waktu makan dari tahap OCD yang satu ini memiliki jangka waktu makan yang lebih pendek dua jam dibanding yang pertama. Waktu yang diperbolehkan si pelaku diet untuk makan adalah hanya 6 jam. Selebihnya, Anda tidak diijinkan untuk makan lagi dan hanya diperbolehkan untuk minum selama 18 jam. Makanan dan minuman yang Anda konsumsi juga sebaiknya tidak mengandung kalori yang tinggi. Sebab, hal ini akan memperlambat cara kerja penurunan berat badan.

Diet OCD pada klasifikasi ini memang lebih berat dibandingkan yang sebelumnya. Untuk itu, Anda harus membiasakan tubuh Anda melakukan tahapan ini dengan range waktu 1 atau 2 minggu juga. Apabila pada hari pertama melakukan diet pada tingkatan ini Anda masih belum kuat, Anda bisa kembali pada tahapan yang sebelumnya sampai tubuh Anda benar-benar kuat untuk naik ke tingkatan ini. Untuk makanan yang dikonsumsi selama menjalankan diet, tentu harus yang bergizi dan juga sehat. Ingatlah selalu kata empat sehat lima sempurna saat ingin makan, sehingga kita akan menerapkannya dalam kegiatan makan kita.

Pemenuhan nutrisi yang cukup sangat dianjurkan untuk dilakukan. Adapun contoh makanan yang harus ada setiap Anda makan adalah nasi, sayur-mayur, lauk-pauk, buah-buahan dan susu. Kelima jenis makanan tersebut merupakan jenis 4 sehat 5 sempurna yang sudah banyak diketahui khalayak masyarakat. Adapun nutrisi yang ada pada setiap jenis makanan tersebut adalah karbohidrat, berbagai macam vitamin, protein, mineral, zat besi, kalsium, kalium dan masih banyak lagi kandungan gizi lainnya. Yang perlu Anda ingat adalah bahwa anjuran makanan ini bukan hanya dilakukan pada tahap kedua saja, namun juga berlaku untuk setiap tahapan diet OCD.

3. Makan Selama 4 jam

Apabila Anda sudah berhasil melakukan diet OCD pada tingkatan pertama dan kedua, tentu Anda bisa untuk naik ke level yang lebih tinggi. Pada tingkat ketiga ini, waktu makan lebih sedikit dibanding tahap pertama dan kedua. Adapun waktu yang diijinkan untuk Anda menyantap makanan yaitu hanya dengan batas waktu 4 jam dan berpuasa selama 20 jam. Kedengarannya metode ini memang ekstrem dan pastinya cukup membuat anda kaget. Tetapi, metode ini memang benar adanya.

Cara diet OCD dalam klasifikasi ini hanya boleh dilakukan oleh orang-orang yang sudah lulus melewati jenis tahapan pertama dan kedua. Karena, apabila Anda belum berhasil melakukan tahap sebelumnya dengan baik, dikhawatirkan kondisi tubuh Anda akan menurun dan menjadi rentan terhadap penyakit, seperti maag. Untuk itu, sebelum naik tingkat, pastikan bahwa tubuh Anda akan baik-baik saja pada usaha diet di tingkat sebelumnya. Jangan paksakan diri untuk melakukan diet di tingkat ini jika tubuh Anda tidak mampu untuk melakukannya.

4. Berpuasa Hingga 24 jam

Metode diet OCD yang terakhir ini yaitu dengan berpuasa selama 24 jam. Saat mendengar pernyataan tersebut, tentu banyak sekali pertanyaan di dalam benak Anda seperti apakah kita tidak diijinkan makan setiap hari? bukankah ini sangat membahayakan tubuh? dan lain sebagainya. Ya, metode ini memang lebih ekstrim daripada level ketiga. Namun, bukan berarti Anda tidak diperbolehkan untuk makan. maksud dari pernyataan puasa hingga 24 jam di sini misalnya Anda makan di pukul 10 pagi, maka waktu makan Anda berikutnya adalah di jam yang sama tetapi pada keesokan harinya.

Selama berpuasa, Anda masih diperbolehkan untuk minum minuman yang rendah kalori. Jadi, jangan khawatir akan merasa kehausan selama berpuasa. Klasifikasi diet ini tidak dianjurkan untuk dilakukan setiap hari. Anda hanya perlu melakukannya sesekali dalam satu minggu. Sebab, hal ini akan membahayakan kesehatan tubuh jika metode ini dilakukan setiap hari.

baca juga: Cara diet yang baik untuk tubuh

Demikianlah beberapa klasifikasi metode diet OCD yang dapat Anda lakukan untuk menurunkan berat badan berlebih. Diet ini memang sudah terkenal dan terbukti hasilnya. Bahkan banyak masyarakat dan selebriti yang telah melakukan cara diet tersebut. Kabarnya, berat badan yang turun saat melakukan metode diet ini berkisar antara 12 kg sampai 29 kg selama satu bulan.


EmoticonEmoticon