7 Menu Makanan Sehat untuk Diet yang Kaya Akan Nutrisi

Diet adalah sebuah usaha dalam penurunan berat badan yang dilakukan seseorang yang mempunyai masalah dalam berat badannya. Usaha ini dijalankan atas dasar keinginan orang tersebut karena tidak percaya diri akan penampilannya. Dalam melakukan diet, Anda diwajibkan untuk mengatur pola makan dengan baik dan memperhatikan kandungan gizinya. Oleh karena itu, ada beberapa menu makanan sehat untuk diet yang tidak boleh dilewatkan untuk dikonsumsi. Mau tahu apa saja makanan bergizi tersebut? Mari simak artikel kesehatan ini sampai selesai.

Menu Makanan Sehat untuk Diet

7 Menu Makanan Sehat untuk Diet yang Wajib Dikonsumsi


Sebenarnya ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjalankan program diet dari mulai diet alami yang sederhana sampai diet ekstrim yang ketat. Namun, usahakan untuk Anda melakukan diet yang sehat saja. Apabila diet yang Anda pilih ini sangat ketat, dikhawatirkan akan membahayakan kesehatan dan keselamatan Anda. Selain rutin berolahraga, Anda juga harus mengontrol makanan apa saja yang masuk ke dalam mulut Anda. Jika makanan yang dikonsumsi ini sembarangan dan mengandung banyak lemak atau apapun yang dapat membuat tubuh Anda gemuk, maka program diet akan terasa percuma. Untuk itu, penting sekali untuk mengetahui menu makanan sehat untuk diet di bawah ini.

1. Sayur-sayuran

Sayur merupakan makanan yang banyak mengandung nutrisi yang tinggi. Bahkan makanan ini tidak hanya bagus untuk dikonsumsi saat sedang diet, namun pada setiap hari juga Anda wajib untuk memakan sayur-sayuran. Setiap jenis sayur memiliki kandungan gizi yang berbeda-beda yang dapat membantu memperlancar sistem pencernaan bekerja dengan baik. Adapun aneka jenis sayur yang wajib dikonsumsi untuk menu diet Anda adalah brokoli, buncis, asparagus, bayam, wortel dan masih banyak lagi.

Menu makanan sehat untuk diet tersebut bisa dikonsumsi dengan dijadikan sup, lalap ataupun hanya dengan direbus saja. Rasa yang dimiliki pada setiap jenis sayur ini cenderung manis, sehingga bila direbus pun masih layak untuk disantap. Sayur-mayur tersebut sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi karena memiliki manfaat untuk menurunkan berat badan. Contohnya adalah brokoli yang mampu menghilangkan lemak jenuh pada tubuh, bayam yang dapat membantu dalam mengecilkan perut buncit, dan asparagus yang berfungsi sebagai detoksifikasi tubuh Anda.

2. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan ternyata juga dipercaya sebagai menu makanan sehat untuk diet yang mampu mengurangi berat badan dengan lebih efektif. Hal ini dikarenakan banyak kandungan gizi pada kacang-kacangan yang bermanfaat untuk kesehatan. Jenis kacang ini sangat beragam seperti kacang lentil, pinus dan kenari. Berbagai jenis kacang tersebut bisa menjadi menu cemilan sehat untuk Anda. Namun, dalam pengolahan untuk menu diet diharapkan untuk tidak mengolahnya dengan cara digoreng.

Pada kacang pinus ternyata terdapat kandungan fitonutrien yang bermanfaat untuk mencegah timbulnya selera makan yang berlebih. Tapi, agar kesehatan Anda selalu terjaga, makanlah kacang ini dengan jumlah yang tidak berlebihan yaitu segenggam saja dalam satu hari. Karena bila Anda mengkonsumsinya lebih dari jumlah tersebut, selera makan Anda dikhawatirkan akan hilang dan kesehatan tubuh menjadi memburuk.

3. Buah-buahan

Menu makanan sehat untuk diet selanjutnya yang harus Anda konsumsi adalah buah-buahan. Makanan ini bukan hanya bagus untuk diet saja, namun bila tidak sedang diet pun Anda diwajibkan untuk mengkonsumsinya. Sebab, di dalam buah terdapat berbagai vitamin dan kandungan nutrisi lainnya yang baik untuk kesehatan. Beberapa buah yang membantu Anda dalam penurunan berat badan misalnya seperti jeruk, apel, tomat, pir, alpukat, melon dan blueberry. (baca: Buah dan sayuran terbaik untuk program diet)

Pada buah jeruk terdapat vitamin C, serat dan juga rendah kalori yang mampu membakar lemak di dalam tubuh. Akan tetapi, jangan terlalu sering mengkonsumsinya karena jeruk juga memiliki kandungan gula yang membuatnya terasa manis. Kandungan tersebut ternyata bisa menyebabkan diabetes bila mengkonsumsinya secara berlebihan. Untuk itu, bila ingin memakan buah sebaiknya dengan variasi jenis buah yang berbeda-beda pada setiap harinya agar tidak mudah bosan juga.

4. Umbi-umbian

Umbi-umbian merupakan menu makanan sehat untuk diet yang tidak boleh terlewatkan. Bahkan umbi-umbian bisa menjadi makanan pengganti nasi yang mengenyangkan perut dalam kurun waktu yang cukup lama. Adapun jenis umbi-umbian yang bisa dikonsumsi ini seperti kentang, ubi jalar, singkong, ketela, dan talas. Semua jenis umbi ini dapat dikonsumsi pada saat sarapan dan makan siang. Sebab, pada waktu-waktu tersebut, kita akan menjalankan aktivitas sehingga membutuhkan banyak energi agar tidak mudah lelah.

Cara pengolahan bahan makanan tersebut dapat dimasak dengan dikukus, direbus dan juga dipanggang. Hindari untuk tidak menggoreng singkong, ketela, talas dan juga kentang karena bisa membuat gagal program diet Anda. Adapun beberapa nutrisi yang terdapat pada umbi-umbian ini contohnya adalah serat, karbohidrat, kalium, kalsium, vitamin C, rendah kalori, vitamin B6 dan sebagainya. 

5. Daging Tanpa Lemak

Tahukah Anda bahwa daging ternyata bisa menjadi pilihan menu makanan sehat untuk diet? Mungkin beberapa orang akan berpendapat bahwa daging itu tempatnya makanan yang akan menjadi timbunan lemak pada tubuh bila dikonsumsi. Namun, hal ini tidak sepenuhnya benar, karena masih ada bagian daging yang aman dikonsumsi saat diet, contohnya dada ayam dan daging ikan. Dada ayam ini ternyata memiliki kandungan protein tinggi dan rendah lemak. Tetapi, saat memakan dada ayam, Anda tidak boleh memakan kulitnya juga karena kulit mengandung banyak lemak.

Selain ayam, daging yang bisa dikonsumsi adalah ikan. Salah satu jenis ikan yang sangat baik dikonsumsi sebagai menu diet ini adalah ikan salmon. Ikan tersebut memiliki kandungan omega-3 yang sangat baik untuk kesehatan tubuh maupun otak kita. Selain itu juga terdapat kandungan lemak tak jenuh yang tidak berbahaya untuk bentuk tubuh bila dikonsumsi. Akan tetapi, hindari teknik masak dengan cara menggoreng dalam penyajian bahan makanan ini.

6. Berbagai Jenis Gandum

Menu makanan sehat untuk diet selanjutnya adalah oatmeal dan barley. Keduanya merupakan jenis gandum yang kaya akan serat dan protein sehingga dapat menyehatkan tubuh. Adapun cara mengolah kedua jenis bahan makanan ini adalah dengan disajikan menjadi bubur yang dapat dicampurkan dengan berbagai sayuran, madu ataupun buah-buahan yang menyehatkan. Menu tersebut sangat cocok sebagai menu sarapan yang ideal dan juga sehat.

7. Rempah-rempah

Menu makanan sehat untuk diet yang terakhir adalah rempah-rempahan. Bila bahan rempah ini biasanya ditemukan sebagai bahan penyedap masakan, ternyata beberapa jenis rempah-rempah yang ada dapat menjadi menu pendukung untuk menurunkan berat badan yang berlebihan. Contoh rempah-rempahan tersebut adalah jahe, biji mustard, ginseng, lada dan kunyit.

baca juga: Cara cepat menurunkan berat badan

Demikianlah tujuh menu makanan sehat untuk diet yang wajib dikonsumsi saat melakukan program diet. Apabila Anda sedang dalam usaha untuk menurunkan berat badan, alangkah baiknya bila dilakukan dengan teratur dan dibarengi dengan olahraga agar lemak dalam tubuh cepat hilang. Karena dengan berolahraga, jantung dan tubuh Anda akan lebih sehat.


EmoticonEmoticon