7 Menu Diet Pengganti Nasi yang Aman dan Baik untuk Kesehatan

Nasi putih merupakan makanan pokok orang Indonesia yang wajib dihidangkan saat makan. Bahkan sebagian orang merasa bahwa belum kenyang bila tidak memakan nasi sama sekali. Namun, terlalu banyak mengkonsumsi nasi akan menyebabkan penyakit diabetes dan kegemukan karena ada banyak kandungan indeks glikemik. Untuk itu, apabila Anda sedang dalam proses diet, sebaiknya hindari nasi putih dan cari menu diet pengganti nasi lainnya. Hal ini dikarenakan program diet Anda akan terasa percuma bila masih mengkonsumsi nasi putih dalam jumlah yang banyak. Adapun menu diet sehat yang bisa diterapkan akan dijelaskan di bawah ini.

Menu Diet Pengganti Nasi

7 Menu Diet Pengganti Nasi yang Sehat dan Bergizi


Sebagian orang yang memiliki berat badan berlebih mungkin tidak percaya diri dengan penampilannya sehingga memutuskan untuk melakukan program diet. Tak sedikit pula beberapa orang ditemui sedang menjalankan program diet yang ketat. Hal ini justru bukannya dapat menurunkan berat badan dengan sehat malah akan menambah penyakit pada tubuh Anda. Padahal diet yang benar dan sehat itu harus memperhatikan dan mengatur pola makan kita dalam sehari-hari dengan baik. Salah satu pola makan yang baik untuk diet adalah tidak mengkonsumsi nasi secara berlebih. Lalu, apa yang harus dimakan untuk menggantikan nasi? Berikut menu diet pengganti nasi yang juga kaya akan gizi.

1. Kentang

Kentang menjadi makanan yang sangat cocok untuk dijadikan menu diet Anda dan pengganti dari nasi putih. Hal ini dikarenakan kentang sangat bergizi dan terdapat karbohidrat, serat, kalium, kalori yang rendah, zat besi, kalsium dan vitamin C serta B di dalamnya. Meskipun juga memiliki indeks glikemik seperti pada nasi putih, namun kandungan tersebut tidak setinggi nasi putih. Banyaknya gizi yang ada sangat baik dikonsumsi untuk para pendiet sehat. Selain itu, dengan memakan kentang, lemak pada tubuh akan terbakar karena ada pati resisten di dalamnya dan dapat mengenyangkan dalam waktu yang cukup lama.

Menu diet pengganti nasi ini dapat dikonsumsi dengan cara direbus atau dikukus tanpa bumbu dapur lainnya yang dapat membuat lemak tertimbun kembali, seperti garam. Apabila Anda tidak begitu suka dengan kentang rebus yang masih utuh, Anda dapat membuat varian menu lain yang sesuai dengan selera Anda, misalnya dijadikan bubur agar lebih mudah untuk dimakan.

2. Singkong

Sejak jaman dahulu, singkong sudah menjadi makanan pengganti nasi yang sehat dan bergizi. Bahkan masih banyak beberapa daerah yang ada di Indonesia mengkonsumsi makanan ini sebagai makanan pokok yang harus dimakan setiap hari, contohnya adalah warga Cireundeu, Jawa Barat. Kandungan serat yang tinggi yang ada di dalamnya ternyata mampu menurunkan kadar trigliseda dan kolesterol. Pada singkong juga terdapat karbohidrat yang dapat mengenyangkan saat dimakan. Tak heran bila singkong menjadi menu makanan pilihan banyak orang untuk program diet.

Adapun cara menyantapnya agar enak dimakan yaitu rebus atau kukus singkong yang dipotong-potong menjadi beberapa bagian supaya cepat empuk. Cara ini sangat praktis dan lebih efisien untuk dilakukan. Tanpa bumbu apapun, rasa singkong sudah manis dan enak untuk dimakan. Dalam penyajian untuk diet, hindarilah untuk menggoreng singkong, karena menu diet pengganti nasi ini akan mengandung kolesterol dari minyak yang digunakan. Jika Anda bosan memakan singkong dengan cara tersebut, Anda bisa mengkreasikannya menjadi makanan yang lain seperti tiwul dan cimplung.   

3. Barley

Barley ialah sejenis biji-bijian yang bentuknya mirip dengan gandum. Ternyata, barley juga merupakan salah satu menu diet pengganti nasi yang memiliki serat yang tinggi dibanding dengan beras merah dan dapat membakar lemak pada tubuh dan menjaga kesehatan pada usus. Hal tersebut yang menjadi alasan jenis makanan ini menjadi pilihan untuk diet. Dalam cara pengolahan untuk menu diet, barley dapat diolah menjadi bubur dan dicampur dengan aneka sayuran, buah ataupun ikan agar rasanya semakin nikmat. Selain itu, campuran makanan lain tersebut menambah nutrisi yang dapat menyehatkan tubuh.

4. Ubi Jalar

Menu diet pengganti nasi yang keempat ini adalah ubi jalar. Di Indonesia sendiri, jenis-jenis ubi jalar sangat beragam seperti ubi ungu, kuning dan juga putih. Beberapa gizi yang terkandung di dalamnya yaitu berupa kalsium, vitamin A, vitamin C, vitamin B1, zat besi, betakeroten, fosfor, air, lemak, protein dan karbohidrat. Ubi jalar dapat bermanfaat untuk mencegah adanya konstipasi sehingga cocok untuk dijadikan makanan yang dapat menurunkan berat badan. Sebelum dikonsumsi, kukus atau rebus terlebih dahulu potongan ubi-ubi ini. Saat memasak, tidak usah memasukkan bumbu dapur apapun sebab rasa ubi sudah manis secara alami.

5. Talas

Menu diet pengganti nasi yang berikutnya adalah talas. Talas memiliki kandungan karbohidrat yang lebih dominan daripada protein dan serat. Kandungan nutrisi yang ada pada talas ini lengkap dan juga seimbang sehingga cocok dikonsumsi sebagai menu diet. Meskipun talas bisa diolah dengan cara digoreng menjadi keripik, tetapi bila Anda sedang diet pilihlah teknik masak merebus atau mengukusnya sampai empuk agar berat badan bisa turun lebih cepat. Selain sebagai menu diet yang sehat, ternyata talas dapat berfungsi sebagai pencegah timbulnya penyakit hipertensi dan juga jantung.

6. Oat

Makanan sehat dan bergizi lainnya adalah oat atau oatmeal. Oat sudah sangat populer sebagai menu diet penggant nasi yang alami dan sehat. Nutrisi yang terkandung di dalamnya juga sangat tinggi. Selain untuk menu diet, ternyata oat juga bermanfaat untuk mengobati beberapa penyakit seperti diabetes, darah tinggi, dan jantung. Kandungan serat yang ada sangat tinggi sehingga mampu membuat Anda kenyang lebih lama dan berat badan dapat berkurang secara perlahan. Anda bisa memasak oat dengan dijadikan bubur atau dicampur dengan madu.

7. Jagung

Menu diet pengganti nasi yang terakhir yaitu jagung. Karbohidrat yang ada pada jagung dapat memenuhi keperluan asupan yang dibutuhkan pada tubuh. Di samping itu, nutrisi lain yang terkandung pada jagung berupa serat, vitamin B, fruktosa, mineral, dan antioksidan. Saat membeli jagung, pastikan bahwa jagung yang akan Anda beli tidak terkontaminasi oleh bahan-bahan kimia agar aman dikonsumsi oleh tubuh. Adapun dalam penyajian sebagai menu diet, jagung bisa divariasikan dalam beberapa menu makanan seperti jagung rebus, bubur jagung, sup jagung, nasi jagung dan salad. Banyaknya kreasi makanan ini mungkin tidak akan membuat Anda merasa bosan saat menyantapnya.
Demikianlah tujuh pilihan menu diet pengganti nasi sehat dan bergizi yang bisa Anda coba di rumah. Ketujuh makanan tersebut sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi karena banyak sekali kandungan gizi yang ada. Selain itu, terdapat manfaat yang ternyata sangat berguna untuk kesehatan tubuh kita. Bagi Anda yang tidak sedang menjalani diet pun bisa mengkonsumsi makanan-makanan di atas.


EmoticonEmoticon