10 Makanan Rendah Kalori untuk Membantu Program Diet Sehat

Apa itu makanan rendah kalori? Bagi Anda yang belum mengetahui, makanan ini adalah makanan yang tidak banyak mengandung lemak jenuh. Bagi Anda, terutama para wanita yang sedang menjalani proses menjaga berat badan, makanan dengan kalori rendah adalah makanan pendamping selain olahraga yang ketat dan rutin. Beberapa wanita yang sedang menjalani diet misalnya, makanan dengan kandungan sedikit kalori akan sangat membantu Anda, pilih makanan yang mengenyangkan namun tidak membuat gemuk. Apa saja? simak uraiannya.

makanan rendah kalori

Konsumsi Makanan Rendah Kalori yang Sehat


Badan yang memiliki berat berlebih atau orang yang menderita obesitas merupakan sarang penyakit. Itulah alasannya mengapa banyak sekali wanita memilih program menjaga berat badan dan diet untuk mencegah obesitas. Namun, beberapa di antara mereka terkadang salah pilih jenis makanan, sehingga berdampak pada besarnya kegagalan dalam proses diet. Nah, berikut ini beberapa makanan sehat rendah kalori yang baik untuk dikonsumsi.

1. Salad buah

Salad buah sudah tidak menjadi makanan yang asing lagi untuk seorang yang sedang dalam proses menjaga berat badan. Makanan yang terdiri dari beberapa jenis buah segar yang dicampur menjadi satu ini merupakan makanan rendah kalori yang berada di urutan pertama. Selain menyehatkan, salad juga dapat membuat Anda kenyang. Jadi tidak heran, jika campuran berbagai buah dan mayo ini menjadi makanan favorit.

2. Kembang kol dan brokoli

Jika dilihat sekilas, kembang kol dan brokoli adalah dua sayuran yang hampir memiliki kemiripan. Tapi ternyata tidak demikian, meskipun memiliki fungsi yang sama sebagai makanan rendah kalori yang berfungsi membantu proses diet sehat, kedua jenis sayuran ini memiliki kandungan zat yang berbeda. Sayuran brokoli yang berwarna hijau tua banyak mengandung vitamin, mineral, dan kaya akan serat. Manfaat sayuran ini juga banyak, selain bisa membantu diet, brokoli merupakan obat alami anti-kanker yang bisa mencegah timbulnya gejala pertumbuhan kanker dalam tubuh. Sedangkan kembang kol merupakan jenis sayuran yang diambil dari pucuk sayur kol, warnanya putih, sering dimasukkan ke dalam masakan soup karena banyak mengandung vitamin C dan asam folat. Di balik manfaatnya sebagai sayur, kembang kol juga berkhasiat sebagai penurun berat badan. Jika Anda sedang dalam proses diet, konsumsi brokoli dan kembang kol secara rutin akan sangat membantu Anda.

3. Apel

Apel dikenal sebagai jenis buah-buahan yang memiliki rasa manis dan wangi yang menggoda. Apel juga seringkali dijadikan sebagai pengganti sarapan pagi, atau bahan campuran pada roti sandwich. Ternyata, memang tidak diragukan lagi bahwa apel memiliki khasiat yang baik untuk melancarkan pencernaan. Apel banyak mengandung zat serat yang jika dikonsumsi tidak akan menyebabkan kegemukan. Apel bisa Anda masukkan ke dalam daftar makanan rendah kalori untuk membantu  diet sehat Anda. Apel bisa dikonsumsi setiap pagi untuk dijadikan sebagai pengganti sarapan pagi Anda. Jika dikonsumsi secara rutin, Anda akan merasakan perbedaan pada tubuh Anda.

4. Jus Alpukat

Alpukat juga merupakan buah sehat yang bisa dikonsumsi dalam bentuk jus buah. Nah, untuk Anda yang tidak bisa meminum jus, alpukat juga bisa dimakan seperti buah-buah lainnya. Cukup dengan mencampurkan dengan sedikit gula, karena alpukat merupakan makanan rendah kalori, maka tidak ada salahnya sering dikonsumsi, kandungan vitamin yang ada pada buah alpukat tidak akan membuat berat badan Anda bertambah.

5. Ikan Tuna

Tuna merupakan sumber protein hewani yang sudah sangat dikenal oleh semua orang di seluruh dunia. Mengkonsumsi ikan tuna akan sangat baik bagi Anda yang sedang dalam proses menjaga berat badan agar tetap stabil. Ikan tuna mengandung sedikit lemak, dan sedikit kalori. Akan tetapi memiliki protein yang cukup untuk membantu bobot berat Anda tetap stabil. Asalkan tidak dikonsumsi secara berlebihan saja, karena konsumsi tuna secara berlebihan juga dapat memacu penyakit asam urat.

6. Buah berdaging merah

Ada banyak sekali buah dengan daging dalamnya berwarna merah, seperti semangka, tomat, dan stroberi. Ketiga jenis buah ini juga mengandung banyak serat, kalium, vitamin, dan antioksidan. Pada buah semangka misalnya, selain bisa menurunkan dan menjaga berat badan, makanan rendah kalori satu ini juga berkhasiat sebagai anti-kanker alami. Pada buah tomat, kandungan vitamin c, vitamin A, dan vitamin K dapat berfungsi sebagai antioksidan, fungsinya mengurangi gejala penyakit stroke dan jantung. Sedangkan buah stroberi, berkhasiat menurunkan kolesterol dan menangkal zat yang mengandung radikal bebas, sehingga ketiga jenis buah tersebut sangat cocok untuk dijadikan makanan konsumsi ala diet sehat Anda.

7. Wortel

Makan rendah kalori berikutnya adalah wortel. Masuk dalam kategori sayuran, makanan yang disukai kelinci ini juga makanan sehat yang menjadi pilihan untuk diet sehat. Meski sering dimasukkan ke dalam salad bersama buah-buahan lain, wortel tetap bisa dinikmati secara terpisah, atau bisa juga dijadikan minuman jus. Wortel hanya mengandung 10 kalori per ons, sehingga dengan jumlah kalori yang sedikit, sayuran sekaligus buah ini sangat direkomendasikan sebagai makanan penjaga berat badan.

8. Daun selada

Kerap dijadikan sebagai pelengkap makanan serta untuk mempercantik tampilan makanan, daun selada ternyata memiliki fungsi lain yang sangat jarang diketahui oleh kebanyakan orang. Daun yang berwarna hijau tua segar ini termasuk ke dalam daftar makanan rendah kalori yang sangat bisa dikonsumsi dalam rangka proses diet sehat. Daun selada mengandung mangan, asam folat, dan kaya akan vitamin B yang dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh Anda. Selain itu, daun selada juga berfungsi sebagai pengatur gula darah. Maka ketika Anda rajin mengkonsumsi daun selada, gula dalam darah tidak akan meningkat, sehingga Anda tidak akan memiliki kalori berlebih.

9. Mentimun

Sama halnya seperti selada, mentimun juga merupakan sayuran yang kerap dijadikan sebagai pelengkap nasi, bahkan biasa digunakan sebagai bahan utama pada rujak buah. Selain itu, mentimun juga dikenal sebagai makanan rendah kalori yang dapat membantu proses menjaga berat badan. Selain timun biasa, ada pula jenis timun jepang yang memiliki fungsi yang sama seperti timun yang biasa Anda makan.

10. Kopi

Nah, kopi selama ini hanya dikenal sebagi minuman yang bisa menahan kantuk, ampasnya digunakan sebagai masker untuk mempercantik kulit wajah, minuman yang sering dijadikan sebagai teman ketika mengerjakan tugas. Namun ternyata ada fungsi lain dari kopi, konsumsi kopi dalam jumlah tertentu dapat membantu untuk menjaga badan tetap sehat dan mencegah kegemukan. Kopi juga bisa Anda masukkan ke dalam list makanan sehat untuk diet Anda. Manfaat lain dari kopi adalah sebagai pencegah penyakit parkinson, kanker usus, darah tinggi dan diabetes.

baca juga: Diet OCD untuk turunkan berat badan

Nah, itulah beberapa jenis makanan rendah kalori yang bisa Anda jadikan referensi sebagai makanan sehat untuk program diet, menjaga berat badan, dan tentunya tidak mengandung banyak lemak jenuh.


EmoticonEmoticon