13 Daftar Sayuran yang Baik untuk Diet, Lengkap dengan Kandungan Gizinya

Sayuran menjadi bahan makanan alami yang kaya akan serat dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Informasi tersebut banyak diketahui orang namun tidak banyak orang yang suka mengkonsumsi sayur. Padahal sayur sangat penting terlebih bagi Anda yang sedang menjalani program diet, karena terdapat beberapa pilihan sayuran yang baik untuk diet. Jika Anda termasuk orang yang benci makan sayur, coba simak beberapa daftar sayuran dan manfaatnya agar Anda bisa memulai untuk mencoba membiasakan diet sehat dengan mengkonsumsi sayur.

Daftar Sayuran yang Baik untuk Diet

Daftar Sayuran yang Baik untuk Diet


1. Kubis

Sayuran dengan banyak lembaran daun yang membentuk bulat ini memiliki kandungan gizi yang baik bagi orang yang sedang diet. Jika Anda sedang mencari bahan makanan rendah kalori yang aman untuk diet, tidak ada salahnya untuk memilih kubis, mengingat kalori yang ada dalam kubis hanya 21 kalori. Sayuran ini memiliki serat yang cukup banyak yang baik bagi pencernaan. Selain itu kubis juga memiliki kandungan penting lainnya seperti folat, potassium, dan banyak vitamin.

2. Brokoli

Cita rasa gurih yang ada pada brokoli memang menjadi salah satu alasan orang menyukainya. Tidak hanya rasanya, manfaat brokoli sebagai sayuran yang baik untuk diet cukup banyak. Kandungan karbohidrat komplek dari brokoli hampir setengahnya. Karbohidrat tersebut memerlukan waktu yang cukup lama untuk dicerna dalam tubuh, hal tersebut akan membantu Anda merasa kenyang lebih lama. Sayuran dengan kadar air yang tinggi ini mengandung unsur penting lain seperti vitamin dan mineral. Kalsium dan potassium bisa Anda dapatkan dengan mengkonsumsi brokoli.

3. Bayam

Warna hijau yang kuat pada bayam mengindikasikan kandungan gizi yang melimpah di dalamnya. Bagi Anda yang ingin menurunkan bobot tubuh bisa mencoba untuk menambahkan bayam dalam menu makan sehari-hari. Kalori dalam bayam yang hanya 7 cukup baik untuk diet rendah kalori. Bayam juga mengandung banyak antioksidan yang baik untuk kesehatan tubuh. Dalam diet vegetarian, sayuran ini cukup dikenal dan menjadi favorit sebagai sayuran yang baik untuk diet. Perhatikan cara dan waktu memasaknya agar gizi dalam bayam tidak hilang.

4. Jamur

Tumbuhan unik tanpa klorofil dan rasa unik saat dimakan dimiliki oleh jamur. Sayuran yang enak untuk dijadikan keripik ini mempunyai banyak manfaat yang tidak kalah dengan sayuran hijau. 44 kalori yang terkandung dalam jamur bisa menjadi alasan untuk menambahkan jamur sebagai makanan yang dapat membantu Anda mendapatkan tubuh yang lebih ideal. Serat dalam jamur dan kalsiumnya sangat baik untuk menyehatkan tubuh agar tidak mudah terserang virus atau penyakit.

5. Asparagus

Kebanyakan masyarakat Indonesia mungkin tidak sering menambahkan asparagus dalam masakan. Padahal gizi yang terkandung di dalamnya cukup banyak dan menjadikan asparagus sebagai salah satu sayuran yang baik untuk diet. Kalori dalam asparagus juga cukup rendah yakni hanya sekitar 27 kalori. Vitamin B yang ada pada asparagus sangat bermanfaat utnuk meningkatkan energi selama tubuh sedang menjalani program diet. Asparagus juga bermanfaat dalam membantu mengontrol nafsu makan, hal itu disebabkan oleh kemampuan asparagus dalam memberikan rasa kenyang yang cukup lama.

6. Kedelai

Kacang-kacangan yang menjadi bahan tahu tempe ini mengandung cukup banyak kandungan gizi. Kedelai yang dikenal sebagai sumber protein nabati ini ternyata mempunyai manfaat lain yang bisa dijadikan sebagai menu sayuran selama diet. Jika Anda mencari makanan kaya protein, tahu atau tempe bisa menjadi pilihan makanan yang mudah untuk ditemukan. Tahu juga bisa menggantikan daging, terlebih harganya yang sangat murah jika dibandingkan harus membeli daging.

7. Selada

Jenis sayuran ini pasti sudah banyak yang mengetahuinya, terutama dalam salad. Kalori dalam selada cukup rendah sehingga bagus dijadikan sebagai sayuran yang baik untuk diet. Sayuran yang cukup enak dimakan mentah-mentah ini juga baik karena kandungan seratnya yang lumayan banyak. Kadar air dalam selada juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Banyak pilihan cara mengkonsumsi selada yang bisa Anda sesuaikan dengan selera.

8. Tauge

Sayuran yang biasanya digunakan untuk campuran masakan ini memiliki manfaat yang cukup banyak untuk program diet. Zat besi, magnesium, dan kalsium yang ada dalam tauge dapat membuat tubuh terasa bertenaga selama melakukan diet. Kandungan gizi lainnya yang terdapat dalam tauge antara lain asam folic, protein dan vitamin. Tambahkan tauge dalam makanan Anda untuk bisa mendapatkan manfaat kesehatannya.

9. Lobak

Jenis sayuran ini memiliki kandungan gizi yang cukup penting seperti vitamin, serat, dan mineral. Manfaat mengonsumsi lobak di antaranya mampu meningkatkan daya tahan tubuh. Lobak dapat membuat tubuh kebal dan tidak mudah terjangkit penyakit. Kandungan gizi penting yang ada pada Lobak menjadikannya sebagai salah satu sayuran yang baik untuk diet. Rasa khas pada lobak bisa Anda siasati jika memang lidah Anda tidak menyukai rasa lobak.

10. Kembang kol

Bunga atau kembang kol juga patut menjadi sayuran yang baik untuk diet karena jumlah kalori di dalamnya yang cukup rendah. Di dalam bunga kol terdapat kandungan 23 kalori yang aman untuk Anda tambahkan dalam menu makanan selama masa diet. Sayuran yang rasanya lezat ini juga bermanfaat mencegah penyakit kanker dengan kandungan fitronutrisi yang ada pada kembang kol. Vitamin dalam kembang kol ini baik untuk menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh.

11. Buncis

Sayuran bercita rasa cukup manis ini memang enak untuk dijadikan sebagai lauk menemani nasi. Serat tinggi dalam buncis diketahui baik bagi pencernaan. Selain itu, sayur yang gurih ini juga rendah lemak sehingga bisa dimasukkan dalam daftar sayuran yang baik untuk diet. Gizi lain yang terkandung dalam buncis antara lain protein dan juga vitamin. Mulai dari vitamin A, vitamin C, hingga vitamin K bisa diperoleh dengan mengkonsumsi sayuran hijau buncis.

12. Daun bawang

Sayuran penambah cita rasa ini ternyata mempunyai kandungan gizi yang cukup banyak. Menurut penelitian, daun bawang memiliki kandungan vitamin, kalsium, kalium, dan juga mangan. Daun bawang yang biasa kita jumpai dalam martabak telur ini ternyata bisa menjadi pilihan sebagai sayuran yang baik untuk diet. Selain itu protein dan asam amino yang terkandung pada daun bawang juga baik bagi kesehatan. Sebaiknya cuci bersih sayuran ini sebelum mengolahnya.

13. Wortel

Sayuran yang enak dengan warna ceria ini tidak hanya baik bagi kesehatan mata. Nutrisi dalam buah berwarna orange ini antara lain vitamin dan protein. Rasa yang lumayan manis bisa membuat Anda ketagihan saat mencobanya. Selain baik dikonsumsi untuk diet, serat pada wortel juga baik untuk kesehatan dan pencernaan.
Demikian beberapa informasi seputar sayuran yang bisa Anda konsumsi selama melakukan diet. Daftar sayuran di atas sebagian besar mempunyai kandungan kalori yang tidak terlalu tinggi sehingga aman dijadikan sebagai sayuran yang baik untuk diet. Konsumsi sayuran agar kebutuhan serat dan nutrisi tetap diperoleh walaupun Anda sedang melakukan diet. Jangan lupa untuk tetap seimbang, baik makanan ataupun olahraga agar diet Anda lebih sehat.


EmoticonEmoticon