Cara Diet yang Baik untuk Mendapatkan Bentuk Tubuh Ideal

Bentuk tubuh ideal adalah impian semua orang. Memiliki bentuk tubuh yang bagus dan proporsional akan membuat tampilan Anda tampak sempurna. Tak jarang bentuk tubuh ideal diidentikkan dengan tubuh langsing bagi wanita atau tubuh berotot bagi pria. Karena itulah banyak orang yang melakukan berbagai macam cara untuk mendapat bentuk tubuh impiannya. Beragam cara yang dilakukan mulai dari cara yang normal, hingga cara tak biasa yang bisa dibilang ekstrem. Namun sejatinya, bentuk tubuh ideal adalah tubuh yang sehat tanpa kurang suatu apapun. Untuk mendapatkan tubuh ideal ini Anda bisa melakukan beberapa cara diet yang baik bagi tubuh.

cara diet yang baik bagi tubuh

Cara Diet yang Baik Bagi Tubuh


Diet adalah salah satu cara untuk mendapatkan bentuk tubuh yang ideal. Namun bagaimana jadinya, jika diet yang awalnya bertujuan untuk mempercantik bentuk tubuh justru semakin merusak kesehatan tubuh Anda? Inilah yang saat ini tengah menjadi permasalahan di masyarakat. Semakin tingginya tuntutan untuk memiliki segala kesempurnaan, justru menjerumuskan seseorang pada hal yang membahayakan bagi diri sendiri. Tak hanya melakukan diet yang tidak normal, beberapa orang bahkan nekat melakukan pembedahan pada bagian tubuh tertentu untuk mendapatkan tubuh idealnya. Diet tidak normal itu misanya dengan tidak makan selama berhari-hari, atau hanya mengonsumsi jenis-jenis makanan tertentu. Hal ini tentu tidak dianjurkan, karena bagaimanapun tubuh tetap membutuhkan asupan gizi seimbang untuk tetap menjalankan sistem-sistem di dalamnya. Alangkah lebih baik jika Anda melakukan cara diet yang baik bagi kesehatan untuk mendapatkan bentuk tubuh ideal Anda.

1. Konsisten terhadap program diet yang Anda lakukan

Konsisten adalah kunci utama dari cara diet yang baik. Konsisten maksudnya Anda harus menentukan kapan akan mulai melakukan program diet dan kapan harus mengakhirinya. Kebanyakan orang biasanya ingin mendapatkan bentuk tubuh ideal dengan cara yang instan, karena itulah mereka memaksakan program dietnya. Diet yang seharusnya sudah diakhiri, namun karena belum puas dengan hasil yang didapat atau ingin lebih cepat, maka jangka waktunya pun ditambah. Ini tentu saja akan membahayakan kesehatan Anda.

2. Memilih Makanan Sehat Sesuai Kebutuhan Tubuh

Setelah menentukan waktu pelaksanaan program diet, cara diet yang baik selanjutnya adalah memilih makanan sehat. Makanan sehat untuk diet bukan berarti Anda dilarang mengonsumsi nasi sama sekali. Hanya saja, mengurangi karbohidrat dan menggantinya dengan makanan yang banyak mengandung serat akan lebih baik. Terutama, perhatikan juga asupan gizi agar tetap terpenuhi meskipun sedang diet. Jenis makanan sehat yang biasanya dianjurkan untuk diet adalah sayur-sayuran dan buah-buahan. Kandungan serat yang tinggi dalam sayur dan buah sangat baik bagi Anda yang sedang melakukan diet.

3. Hindari Mengonsumsi Makanan Instan

Ini dia cara diet yang baik yang paling sulit dilakukan. Terkadang, godaan dalam menjalankan program diet adalah makanan instan. Bisa dibilang, makanan instan adalah perusak program diet Anda. Sebab, di dalam makanan instan terdapat banyak sekali zat-zat yang tak sepatutnya dikonsumsi oleh tubuh. Zat-zat inilah yang kemudian menyebabkan kegemukan bahkan obesitas. Oleh karena itu, jika ingin diet Anda berhasil, berhentilah mengonsumsi makanan instan. Selain itu, makanan instan kebanyakan mengandung pengawet yang dapat memicu timbulnya kanker. Karena itulah, menghindari makanan instan tidak hanya dianjurkan bagi Anda yang sedang diet, namun bagi semuanya bahkan yang tidak sedang diet.

4. Perbanyak Konsumsi Air Putih

Mengonsumsi air putih juga menjadi kunci utama dari cara diet yang baik. Apapun jenis diet yang Anda lakukan, dengan mengonsumsi air putih minimal 8 gelas setiap hari akan sangat membantu dalam program diet Anda. Air berperan sangat penting untuk menyeimbangkan kinerja sel dalam tubuh. Untuk mendapatkan khasiat yang lebih ampuh dalam program diet Anda, cobalah mengonsumsi air hangat setelah bangun tidur. Air hangat ini berfungsi sebagai detoks yang membantu membuang seluruh racun dalam tubuh. Selain itu, hindari mengonsumsi air dingin jika ingin diet sehat Anda berhasil.

5. Pola Makan Teratur

Mengurangi konsumsi karbohidrat memang sangat mempengaruhi program penurunan berat badan. Namun, jangan berpikir untuk tidak mengonsumsi karbohidrat sama sekali. Pola makan teratur dengan mengatur asupan gizi yang masuk ke tubuh juga bisa jadi cara diet yang baik bagi kesehatan. Tanpa mengurangi frekuensi makan, namun justru mengatur pola  makan dan asupan gizinya. Sebab, meskipun dalam program diet, tubuh masih membutuhkan asupan sumber energi yang salah satunya berasal dari karbohidrat.

6. Hindari Minum Minuman Bersoda

Minuman bersoda tidak hanya buruk bagi Anda yang sedang melakukan diet, namun juga bagi orang yang sedang tidak diet. Kandungan gula yang tinggi dalam minuman bersoda adalah monster bagi Anda yang ingin melakukan diet. Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi minuman bersoda terlalu sering akan memicu kegemukan atau obesitas.

7. Berolahraga Secara Teratur

Terakhir, cara diet yang baik adalah dengan melakukan olahraga secara teratur. Olahraga yang dilakukan pun tak harus olahraga yang berat. Olahraga ringan bisa menjadi prinsip bagi Anda yang ingin melakukan diet yang baik. Cukup dengan membiasakan diri berjalan kaki atau bersepeda setiap pagi akan sangat baik. Atau bisa juga ditambah dengan pemanasan ringan sebelum bersepeda. Membiasakan diri untuk olahraga ringan setiap pagi akan membantu metabolisme tubuh bekerja secara maksimal. Metabolisme tubuh yang baik akan membantu proses pencernaan makanan dengan baik pula. Dengan begitu, tak akan ada sisa-sisa makanan yang menumpuk dan menyebabkan kegemukan pada tubuh Anda.

Mendapatkan bentuk tubuh yang ideal memang bukan perkara yang mudah. Diperlukan kesabaran serta konsistensi dari Anda sendiri. Banyak orang yang akhirnya menyerah dengan program diet yang dilakukan karena kurangnya konsistensi dari diri sendiri. Hal yang terjadi selanjutnya, tentu saja cara cepat dan instan yang dipilih. Jika sudah demikian, impian untuk memiliki tubuh yang ideal hanya akan menjadi kenangan. Cara-cara instan yang dilakukan justru akan semakin merusak tubuh Anda. Diet dengan obat-obatan misalnya, ketika Anda sudah ketergantungan pada efek obat tersebut, maka dampaknya akan dirasakan langsung oleh tubuh Anda. Saat tak lagi mengonsumsi obat-obatan itu, maka metabolisme tubuh Anda akan berbalik menyerang, resikonya mulai dari kegemukan hingga penyakit-penyakit yang mungkin dipicu oleh penggunaan obat tersebut.

Oleh karena itulah, para ahli kesehatan akan sangat menyarankan Anda untuk melakukan program diet sehat. Dengan cara diet yang baik, tanpa menggunakan obat-obatan ataupun sentuhan jarum suntik, diet yang Anda lakukan dijamin akan berhasil dan bertahan lebih lama. Selain itu, diet sehat juga tentu saja akan membuat tubuh Anda sehat dan terlihat bugar. Diet sehat juga sangat mudah dan tak memerlukan biaya yang besar. Yang utama dan paling penting adalah konsistensi untuk menjalankan program diet sehat yang ingin Anda lakukan.


EmoticonEmoticon