10 Cara Cepat Menurunkan Berat Badan Secara Alami yang Menyehatkan

Memiliki tubuh yang sehat dan ideal pasti menjadi harapan semua orang. Tak hanya wanita, laki-laki pun mengharapkan hal yang sama. Namun, terkadang pola makan yang tidak terkontrol membuat berat badan naik diluar harapan sehingga banyak orang yang berusaha keras melakukan berbagai cara cepat menurunkan berat badan, baik dengan cara alami seperti olahraga dan mengatur pola makan sedemikian rupa, diet ekstrim, hingga minum obat-obat tertentu yang sebenarnya belum tentu aman. Terkadang, diet ekstrim memang membuat badan menjadi kurus, tetapi juga sangat rentan terhadap penyakit karena tubuh kekurangan gizi tertentu, terlebih obat-obatan yang menjanjikan berat badan ideal tetapi pada kenyataannya belum tentu berhasil, bahkan beberapa justru memiliki efek samping yang tidak diinginkan. Oleh sebab itu, cara paling baik untuk menurunkan berat badan adalah dengan cara-cara alami yang akan dijelaskan di bawah ini.


Cara Cepat Menurunkan Berat Badan dengan Cara Alami


1. Perbanyak minum air putih

Air putih memang sesuatu yang sangat mudah didapatkan dan seolah tidak ternilai karena harganya yang sangat terjangkau bahkan jika memasak sendiri pun bisa. Tetapi di balik itu semua, air putih memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh seperti melancarkan pencernaan, menghaluskan kulit, hingga sebagai salah satu cara menurunkan berat badan yang menyehatkan. Cara mengaplikasikannya pun tidak sulit karena Anda hanya perlu memperbanyak minum air putih setiap harinya, khususnya sebelum Anda makan. Hal ini dapat memberikan efek kenyang sehingga Anda bisa mengontrol kelebihan makanan yang ingin dikonsumsi.

2. Hindari mengonsumsi makanan manis-manis

Cara cepat menurunkan berat badan selanjutnya yaitu dengan mengurangi makanan yang manis-manis atau dalam arti lain mengandung gula darah tinggi. Cara yang satu ini memang agak menyiksa, terlebih untuk seseorang yang gemar dengan sesuatu yang manis. Namun makanan yang memiliki gula tinggi ternyata sangat cepat membuat berat badan naik, oleh sebab itu mengurangi makanan manis termasuk cara alami yang akan dengan cepat membuat berat badan Anda turun.

3. Olahraga

Kebanyakan orang yang memiliki berat badan di luar batas ideal adalah mereka yang malas melakukan olahraga. Tak hanya membuat badan sehat, olahraga juga sangat ampuh untuk menurunkan berat badan karena olahraga bisa membuang lemak di dalam tubuh. Tak perlu olahraga yang berat-berat, jika terlalu malas Anda bisa melakukan olahraga yang bisa diterapkan di rumah dan sekitarnya seperti jogging, sit up, berenang, dan lain-lain. Jika Anda melakukan cara cepat menurunkan berat badan yang satu ini dengan teratur, dijamin berat badan Anda akan kembali ke angka ideal tak lama kemudian.

4. Jangan terlalu sering makan malam

Makan memang penting, namun untuk Anda yang memiliki berat badan tidak ideal atau kegemukan, makan di waktu malam sangat tidak dianjurkan. Hal ini karena aktivitas seseorang di waktu malam tidak banyak, jadi ketika Anda makan malam, karbohidrat dan zat-zat lain hanya akan menumpuk di tubuh tanpa dikeluarkan dalam bentuk energi sehingga hanya akan membuat tubuh semakin melar. Oleh sebab itu, cara cepat menurunkan berat badan secara alami yang selanjutnya tentu saja dengan menghindari makan malam, kecuali kalau Anda memang benar-benar kelaparan.

5. Kurangi makanan berlemak

Cara cepat menurunkan berat badan secara alami yang kelima adalah dengan mengurangi makanan berlemak. Makanan berlemak sendiri banyak sekali macamnya mulai dari gorengan, kari, hingga opor. Rasanya memang enak, tetapi cobalah untuk menahan diri agar tidak mengonsumsi makanan berlemak berlebihan.

6. Tidur dengan teratur dan cukup

Bagi Anda yang memiliki berat badan berlebih, tidur yang cukup juga menjadi salah satu cara cepat  menurunkan berat badan yang alami. Tidur cukup di sini maksudnya untuk Anda yang punya kebiasaan begadang sebaiknya mulai dikurangi karena bagaimana pun, ketika Anda begadang akan lebih mudah lapar dan membutuhkan banyak cemilan. Namun, tidur yang berlebihan juga justru akan membuat berat badan Anda semakin naik. Jadi, upayakanlah tidur yang cukup dan tidak berlebihan.

7. Ubah pola makan

Makan memang salah satu aktifitas yang sangat sensitif untuk berat badan. Jika terlalu banyak makan, berat badan akan cepat naik, namun jika kekurangan makan tubuh bisa kekurangan energi yang mengakibatkan tubuh tidak bisa produktif. Oleh sebab itu, cara cepat menurunkan berat badan yang benar adalah dengan mengubah pola makan. Anda tidak usah takut untuk makan, namun usahakan setiap kali Anda makan, kurangi porsi makan tersebut. Jadi, intinya Anda bisa makan sesering mungkin namun dengan porsi yang sedikit. Cara ini sudah terbukti ampuh dan disarankan oleh banyak pakar kesehatan.

8. Perbanyak makanan berserat

Seperti yang sudah pasti Anda ketahui, makanan berserat identik dengan buah dan sayur. Dan tentu mengonsumsi banyak buah juga menjadi salah satu cara cepat menurunkan berat badan. Serat dalam buah tak hanya berfungsi melancarkan pencernaan tetapi juga membantu Anda tetap kenyang sehingga bisa mengurangi makan makanan yang berat. Beberapa contoh buah yang disarankan adalah apel dan pir. Meski banyak juga orang yang melakukan diet dengan hanya mengonsumsi buah setiap harinya, hal ini tidak disarankan karena tubuh Anda akan kekurangan gizi yang lainnya juga. Jadi, sebaiknya tetap seimbangkan dengan makan biasa.

9. Biasakan untuk sarapan setiap hari

Bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan, cara selanjutnya yaitu dengan selalu sarapan setiap hari. Banyak sekali orang yang melewatkan sarapan dengan harapan berat badan bisa turun karena tidak makan. Padahal hal tersebut sangat keliru karena ketika Anda mengabaikan sarapan, Anda akan lapar dan justru memperbanyak cemilan untuk bisa kenyang, yang sudah tentu akan membuat berat badan Anda naik. Meninggalkan sarapan juga akan membuat makan siang Anda banyak karena bagaimana pun tubuh Anda akan menagih energi yang sebelumnya kurang. Jadi, biasakan untuk sarapan setiap hari agar tubuh tidak hanya sehat tetapi juga berat badan bisa ideal.

10. Konsumsi makanan pedas yang mengandung lada dan cabe

Cara cepat menurunkan berat badan yang satu ini memang belum banyak yang tahu, tetapi cukup ampuh untuk menurunkan berat badan secara cepat. Makanan yang mengandung lada maupun cabe bisa mempercepat pembakaran lemak yang ada di usus besar sehingga bisa mengurangi berat badan. Namun jangan berlebihan karena seperti yang kita tahu, makanan pedas dapat meningkatkan nafsu makan dan bisa-bisa membuat Anda makan melebihi porsi yang seharusnya.
Seberapa pun keinginan Anda untuk memiliki tubuh yang ideal dengan berat badan yang tidak berlebihan, Anda tetap harus mempertimbangkan faktor kesehatan tubuh Anda. Jangan sampai tubuh Anda justru kekurangan gizi atau mendapat efek samping yang berbahaya di masa yang akan datang. Oleh sebab itu, lebih baik menerapkan cara cepat menurunkan berat badan secara alami di atas agar tak hanya berat badan turun, tetapi juga sehat.


EmoticonEmoticon