7 Surga Tersembunyi di Yogyakarta yang Tidak Boleh Kamu Lewatkan

7 Surga Tersembunyi di Jogja - Yogyakarta memang tidak perlu diragukan lagi sebagai gudangnya destinasi wisata keren yang mengundang banyak wisatawan datang berbondong-bondong ke kota ini. Sebut saja misalnya obyek wisata Pantai Prangtritis, Candi Prambanan, dan berbagai tujuan wisata favorit lainnya yang sudah sangat populer dan dikenal luas oleh masyarakat.

Belum lagi keistimewaan lain selain wisata jogja yang tidak bisa dijumpai di kota lain, seperti budaya, kesenian, dan berbagai hal menarik lainnya yang hanya dimiliki oleh Yogyakarta. Maka tidak heran jika kemudian banyak orang menjadikan kota Yogyakarta sebagai tujuan favorit untuk menghabiskan masa liburan.

Selain berbagai ragam wisata mainstream yang sudah populer di Yogyakarta, ternyata jika ditelusuri lebih jauh lagi, masih banyak obyek wisata keren lainnya di jogja yang belum banyak diketahui oleh banyak orang.

Nah, kali ini saisane akan mengajak kamu mengeksplore lebih jauh tentang keindahan alam kota Yogyakarta yang mungkin belum terekspos secara luas ke publik. Istilah kerennya “hidden paradise” alias surga tersembunyi yang ada di kota Jogja.

keindahan surga tersembunyi di jogja

7 Surga Tersembunyi di Yogyakarta yang Wajib Dikunjungi


Istilah surga biasa dipakai untuk menggambarkan suasana keindahan yang luar biasa. Seperti ketujuh tempat wisata tersembunyi yang ada di Yogyakarta berikut ini juga menyuguhkan keindahan panorama alam yang sangat cantik dan menawan. (baca juga: 10 wisata malam menarik di Jogja)

1. Puncak Suroloyo 

Tidak harus jauh-jauh mendaki gunung untuk bisa menikmati fenomena menakjubkan sunrise di atas awan. Puncak Suroloyo bisa menjadi pilihan yang tepat untuk menyaksikan keindahan matahari terbit dari ufuk timur. Lokasinya berada di kawasan pegunungan Menoreh Kulonprogo.

Untuk bisa mencapai puncak, kamu harus rela sedikit bersusah payah terlebih dahulu menapaki 290 anak tangga. Lelahmu seketika akan hilang begitu sampai puncak, tergantikan dengan panorama keindahan alam yang memukau dari puncak Suroloyo.

2. Kalibiru, Kulonprogo 

Masih belum beranjak dari kawasan Pegunungan Menoreh Kulonprogo, ada satu lagi tempat indah untuk kamu jadikan sebagai destinasi liburan yang tidak kalah kerennya dengan puncak Surolyo. Yaitu kawasan wisata Kalibiru. Lokasi ini tergolong sebagai objek wisata alam jogja terbaru yang sedang hits akhir-akhir ini.

Kalibiru adalah nama desa sekaligus kawasan hutan wisata yang berlokasi di Kecamatan Kokap, Kulonprogo. Di sini kamu bisa menikmati keindahan alam sekitar yang menghijau dari puncak, menyusuri jalur trekking, menikmati panorama senja yang memukau, menyaksikan keindahan permukaan waduk sermo dari ketinggian, dan masih banyak lagi aktifitas menarik lainnya yang bisa kamu lakukan di sini. Selengkapnya – wisata alam kalibiru Kulonprogo

3. Bukit Parang Endog

Berkunjung ke pantai Parangtritis, jangan lupa singgah ke Bukit Parang Endog. Lokasinya berada di ujung timur pantai Parangtritis. Tempat ini biasa digunakan sebagai landasan pacu untuk olahraga terjun bebas paralayang. Selain bisa mencoba olahraga paralayang, di sini kamu juga akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang indah dari ketinggian.

4. Cave Tubing di Kalisuci

Cave tubing adalah kegiatan menyusuri goa menggunakan ban dalam (body rafting) yang arusnya melewati sungai yang letaknya berada di dalam bumi. Cave Tubing Kalisuci ini berlokasi di Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu, Gunungkidul. Jika kamu belum pernah merasakan experience kegiatan cave tubing, tempat ini pasti akan langsung membuatmu jatuh cinta dengan kegiatan cave tubing. Keindahan dan keseruan sepanjang menyusuri goa akan menjadi pengalaman tak terlupakan yang kamu dapatkan dari sini.

5. Candi Sambisari

Jika kamu berkunjung ke Kecamatan Kalasan, Sleman, jangan lupa menyempatkan singgah ke Dusun Sambisari di Kelurahan Purwomartani. Di kawasan ini ada sebuah candi Hindu kecil yang kemudian dikenal dengan nama Candi Sambisari. Lokasi kompleks candi ini berada pada 6,5 meter lebih rendah dibanding tanah di sekelilingnya. Memang tidak banyak relief atau hiasan seperti pada umumnya candi, namun di sini kamu bisa melihat patung Dewi Durga, istri Dewa Siwa. Pemandangan alam di sekelilingnya juga terlihat indah seperti hamparan permadani hijau.

6. Curug Indah Tegalrejo, Gunung Kidul

Curug Indah Tegalrejo ini juga dikenal dengan nama Curug Bayatoleh. Berlokasi di Tegalrejo, ujung timur Gunungkidul yang juga berbatasan langsung dengan daerah Bayat, Klaten. Curug ini bisa dibilang masih minim pengunjung, karena belum banyak yang mengetahui keberadaannya. Di sini kamu bisa menikmati suasana asri khas pedesaan ditambah keindahan panorama alam di sekitarnya yang dikelilingi pepohonan hijau di sisi kanan dan kirinya. Tidak perlu mengeluarkan banyak biaya, karena kamu hanya perlu membayar ongkos parkir saja.

7. Pantai Pok Tunggal

Kabupaten Gunungkidul memang terkenal dengan berbagai pantainya yang indah, salah satunya adalah Pantai Pok Tunggal. Dibandingkan dengan pantai lain, Pok Tunggal bisa dibilang unik karena lokasinya yang berada di antara tebing-tebing karang terjal. Di sini kamu juga akan melihat pohon duras (orang jawa menyebutnya pohon pok) yang tumbuh miring di tepi hamparan pasir putih Pantai. Konon ini adalah pohon langka dan satu-satunya yang ada di sini, makanya kemudian pantai ini disebut “Pok Tunggal”. Lokasi pantai Pok Tunggal ini tidak jauh dari Pantai Indrayanti yang sudah terkenal lebih dulu. 

Itulah 7 surga tersembunyi di Yogyakarta dengan keindahan alamnya yang memukau. Share infonya ke teman-temanmu dan ajak mereka menikmati keseruan berlibur bersama ke tujuh lokasi wisata tersebut.


EmoticonEmoticon