7 Tanda Anda Sedang Dehidrasi dan Harus Cepat Minum Air Putih

7 Tanda anda dehidrasi dan harus segera minum air putih - Memenuhi kebutuhan cairan tubuh sangat penting untuk diperhatikan agar tubuh terhindar dari berbagai macam bentuk gangguan kesehatan. Sayangnya, karena alasan kesibukan dan rutinitas padat, banyak orang seringkali lupa dengan kebutuhan untuk minum air putih cukup. Padahal, jika kebiasaan buruk ini dibiarkan terus menerus dalam jangka waktu yang lama, akan berakibat fatal bagi kesehatan. Untuk itu, jangan biarkan tubuh anda kekurangan cairan. (baca juga: Manfaat minum air putih pada pagi hari)

tanda tanda dehidrasi dan harus segera minum

Berikut ini adalah beberapa sinyal atau tanda ketika tubuh sedang dehidrasi atau kekurangan cairan. Itu artinya, anda harus segera minum air putih ketika tubuh menunjukkan tanda-tanda ini.

1. Mulut dan Kulit Terasa Kering

Jangan dibiarkan ketika mulut terasa kering, itu pertanda bahwa tubuh anda sedang kekurangan cairan. Segera minum air putih, karena minum air putih akan membasahi membran mukosa pada mulut serta menjaga kelembaban mulut. Selain mulut kering, kulit terasa kering juga menjadi pertanda bahwa tubuh tidak mendapatkan asupan cairan yang cukup.

2. Mata Terasa Kering

Kekurangan cairan pada tubuh juga bisa menyebabkan mata kering. Tubuh yang tidak mendapatkan asupan cairan cukup akan berdampak pada kantung mata yang mengering. Biasanya mata terasa kering dan terlihat kemerahan. Ketika muncul gejala seperti ini, disarankan bagi anda untuk segera minum air putih.

3. Nyeri Sendi

Tulang rawan dan cakram tulang belakang manusia 80% nya tersusun dari air. Sangat penting memastikan bahwa tubuh mendapat asupan cairan yang cukup agar agar sendi-sendi pada tubuh bisa menjalankan fungsinya dengan sempurna serta mampu menyokong aktifitas keseharian dengan baik, seperti gerakan lari, melompat, gerak reflek, bahkan saat terjatuh. Kekurangan cairan tubuh bisa menyebabkan seseorang sering mengalami nyeri sendi.

4. Tidak Kunjung Sembuh Saat Sakit

Minum air putih akan membantu proses detoksifikasi atau pengeluaran racun dari dalam tubuh. Ketika anda sedang jatuh sakit dan proses penyembuhannya berlangsung lama, ini juga bisa menjadi pertanda bahwa tubuh anda sedang kekurangan cairan. Karena proses detoksifikasi tidak berjalan dengan baik.

5. Merasa Pusing, Lemah, dan Lesu

Saat seseorang mengalami dehidrasi, maka tubuh akan meminjam air dari darah. Akibatnya, oksigen yang mestinya dialirkan ke seluruh tubuh juga ikut berkurang. Sehingga menyebabkan seseorang mudah merasa pusing, lemah, lesu, dan stamina menurun. Solusinya, segera penuhi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air putih yang cukup.

6. Terus Merasakan Lapar

Terus merasa lapar juga bisa menjadi pertanda bahwa kebutuhan cairan tubuh anda tidak terpenuhi dengan baik. Tubuh yang sedang mengalami dehidrasi akan mengirim sinyal seolah-olah merasa lapar. Ketika ini terjadi, jangan langsung dituruti keinginan untuk makan sesuatu, karena hanya akan membuat tubuh anda bekerja lebih keras. Segera minum air putih untuk mengenyahkan rasa lapar tersebut. Karena bisa jadi yang anda rasakan sebenarnya bukanlah lapar, tapi hanya rasa haus.

7. Buang Air Kecil Kurang dari 4 Kali Sehari

Normalnya, seseorang buang air kecil sebanyak 4-7 kali dalam sehari. Jika kurang dari itu, bisa jadi asupan cairan tubuh tidak terpenuhi dengan baik. Selain itu, warna urin juga bisa dijadikan sebagai patokan. Urin yang berwarna kuning pekat menunjukkan bahwa tubuh sedang kekurangan cairan. Jangan biarkan hal ini berlangsung lama, karena bisa berujung pada gangguan kesehatan lain seperti infeksi saluran kandung kemih. (baca juga: Kebutuhan minum air putih 8 gelas sehari)

Itulah beberapa sinyal atau tanda yang menunjukkan bahwa tubuh anda sedang kekurangan cairan. Jika tubuh anda menunjukkan sinyal-sinyal tersebut, sebaiknya segera penuhi kebutuhan cairan tubuh dengan mengonsumsi air putih yang cukup agar tubuh tetap terhidrasi dengan baik.


EmoticonEmoticon