5 Tips Praktis Mengatasi Bau Badan Berlebih Saat Menstruasi

Mencegah bau badan saat menstruasi - Memiliki masalah dengan bau badan pasti sangat tidak menyenangkan. Apalagi jika rutinitas sehari-hari mengharuskan kita untuk bertemu banyak orang, pasti akan terasa mengganggu dan mengurangi rasa percaya diri kita, dan tentunya orang lain juga menjadi tidak betah berada di dekat kita. Bau badan bisa disebabkan oleh banyak faktor, mulai dari jarang mandi, tidak mengganti pakaian, hingga mengonsumsi makanan beraroma tajam. Khusus wanita, penyebab bau badan berlebih juga bisa terjadi ketika wanita sedang mengalami menstruasi.

mencegah bau badan saat menstruasi

Sebuah studi yang dilakukan oleh Charles University, Praha menunjukkan bahwa para pria mengakui ketika pasangannya sedang datang bulan, aroma tubuh sang wanita cenderung tidak seharum pada hari-hari biasanya. Karena pada saat masa subur, aroma alami tubuh wanita cenderung lebih wangi meskipun tanpa harus menggunakan parfum. (baca juga: Cara mengetahui siklus haid normal)

Untuk cara mengatasinya, simak beberapa tips berikut tentang mengatasi bau badan tidak sedap saat sedang menstruasi.

Pertama, selalu memakai parfum. Saat sedang menstruasi, gunakan parfum kesayangan untuk mengurangi aroma tidak sedap yang ditimbulkan karena menstruasi. Sangat disarankan untuk memilih parfum beraroma segar, seperti parfum beraroma buah-buahan.

Kedua, minum jamu. Mengonsumsi jamu juga bisa menjadi cara yang efektif mengatasi bau badan kurang sedap saat sedang datang bulan. Beberapa jenis jamu tertentu diketahui bisa mengatasi masalah ini. Misalnya saja dengan minum ramuan daun sirih beberapa hari sebelum haid.

Ketiga, menjaga kebersihan tubuh. Sangat penting bagi siapapun untuk menjaga kebersihan badan, terlebih saat anda sedang haid, tentu harus lebih ektra perhatian dibandingkan pada hari-hari biasa. Usahakan segera mengganti pakaian saat anda berkeringat serta rutin mandi dua kali sehari.

Keempat, menghindari makanan beraroma tajam. Sebaiknya jangan mengonsumsi makanan beraroma tajam saat anda sedang menstruasi, hal itu justru akan membuat bau badan berlebih anda semakin kurang sedap. Hindari makanan-makanan seperti bawang merah, bwang putih, durian, pete, dan sebagainya.

Kelima, memperbanyak minum air putih. Yang satu ini juga tidak kalah pentingnya, saat anda sedang haid, minum air putih yang cukup untuk memperlancar metabolisme tubuh.

Itulah beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk mencegah bau badan berlebih saat sedang masa menstruasi.


EmoticonEmoticon