7 Manfaat Luar Biasa Minum Air Putih di Pagi Hari

Manfaat minum air putih pada pagi hari - Seperti kita tahu, bahwa 70 persen tubuh manusia terdiri dari cairan. Sehingga sangat penting sekali untuk memastikan bahwa kebutuhan cairan tubuh kita selalu terpenuhi setiap harinya. Karena jika tubuh kekurangan cairan, dampaknya sangat buruk bagi kesehatan. Dunia kesehatan menganjurkan setidaknya setiap orang minum air putih 8 gelas per hari untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh.

Manfaat minum air putih pada pagi hari

Kekurangan cairan atau yang biasa kita kenal dengan dehidrasi, akan memicu munculnya berbagai macam penyakit. Seperti hipertensi, obesitas, batu ginjal, kanker kandung kemih, dan sebagainya. Oleh karena itu, supaya terhindar dari berbagai gangguan kesehatan yang tidak diinginkan, minum air putih yang cukup penting untuk diperhatikan. Terutama minum air putih di pagi hari saat kondisi perut masih kosong, karena ternyata manfaatnya sangat luar biasa. (baca juga: Tanda tanda dehidrasi)

Berikut adalah beberapa manfaat minum air putih di pagi hari yang perlu anda ketahui:

1. Membuang Racun dalam Tubuh

Malam hari adalah waktu di mana tubuh mengalami recovery, tubuh memperbaiki dirinya sendiri dan mengeluarkan semua racun dari dalam tubuh. Minum air putih pada pagi hari saat perut kosong akan membantu melancarkan proses pembuangan racun-racun tersebut dan menjadikan tubuh terasa lebih segar. Bahkan seperti dilansir oleh lifehack.org, banyak minum air putih akan membantu meningkatkan sel-sel otot dan sel-sel darah baru.

2. Meningkatkan Metabolisme

Minum air putih di pagi hari juga membantu meningkatkan laju metabolisme tubuh hingga 24 persen. Meningkatnya metabolisme tubuh akan memperlancar sistem pencernaan. Selain itu, minum air putih setelah bangun pagi juga sangat bermanfaat dalam membantu membersihkan usus, sehingga usus akan lebih mudah menyerap nutrisi.

3. Menjaga Tubuh Tetap Langsing

Seperti disebutkan di atas, air putih yang kita minum di pagi hari akan membantu membuang semua racun dari dalam tubuh dan membuat sistem pencernaan lebih lancar. Dampaknya, tubuh menjadi tidak mudah lapar dan nafsu makan lebih terkontrol. Sehingga secara tidak langsung akan menghindarkan kita dari godaan makan berlebih dan menjaga tubuh tetap langsing. (baca: cara alami menurunkan berat badan)

4. Meredakan Gangguan Pencernaan

Dampak buruk dari kekurangan cairan tubuh adalah terjadinya gangguan fungsi pencernaan. Ketika pencernaan bermasalah maka akan berakibat pada meningkatnya kadar asam dalam perut. Minum air putih di pagi hari akan membantu meluruhkan serta melarutkan kadar asam berlebih dan sekaligus mengatasi masalah gangguan pencernaan.

5. Menjaga Kesehatan Kulit

Kekurangan cairan ternyata juga akan berakibat buruk bagi kesehatan kulit, seperti munculnya keriput dan pori-pori besar. Minum air putih ketika perut dalam keadaan kosong di pagi hari akan memperlancar aliran darah pada kulit dan menjadikan kulit tampak bercahaya.

6. Mencegah Batu Ginjal dan Infeksi Kantung Kemih

Masalah yang paling sering terjadi ketika seseorang kurang minum air putih adalah munculnya batu ginjal. Selain itu juga terjadinya infeksi kantung kemih yang disebabkan oleh racun. Minum air putih setelah bangun tidur akan membantu mencegah dua hal tersebut.

7. Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Minum air putih saat perut masih kosong akan membantu menjaga sistem limfa sehingga sistem imun tubuh juga semakin kuat. Ketika sistem imun tubuh kuat, maka kita tidak akan mudah jatuh sakit dan menjaga kita terhindar dari berbagai penyakit.

Bagaimana? Apakah anda akan mulai membiasakan diri dengan minum air putih di pagi hari? Karena selain bermanfaat bagi kesehatan tubuh, minum air putih juga sangat baik untuk kesehatan kulit dan kecantikan.


EmoticonEmoticon