Tanda-Tanda Awal Terjadinya Keguguran yang Perlu Wanita Ketahui

Tanda-tanda mengalami keguguran - Dalam dunia medis, keguguran dikenal dengan istilah spontaneous abortion (aborsi spontan). Keguguran dini adalah suatu peristiwa keguguran yang terjadi dalam dua puluh minggu pertama kehamilan. Keguguran bisa terjadi diakibatkan oleh rusaknya kromosom pada sel telur atau sperma.

Ketika seorang wanita pernah mengalami lebih dari tiga kali keguguran berturut-turut, itu disebut sebagai keguguran berulang. Seorang wanita yang mengalami keguguran berulang membutuhkan tindakan medis untuk bisa diketahui alasan tepatnya mengapa dia tidak mampu melanjutkan kehamilannya dalam jangka waktu yang lebih lama.

tanda tanda mengalami keguguran

Data tentang keguguran dini memang cukup mengejutkan. Sekitar 20% dari seluruh kehamilan pertama kali, selalu berakhir tragis dengan keguguran. Beberapa wanita mungkin pernah mengalami keguguran dini dan bahkan mereka tidak menyadari bahwa mereka sedang mengalami keguguran. Maka penting bagi para wanita untuk mengenali gejala yang mengarah kepada terjadinya keguguran dini.

Salah satu tanda yang paling umum dari keguguran dini adalah terjadinya pendarahan pada vagina. Pendarahan vagina bisa jadi berupa pendarahan yang sifatnya ringan ataupun berat, juga pendarahan terus menerus ataupun tidak teratur. Meskipun pendarahan vagina sering diindikasikan sebagai tanda keguguran dini, namun kasus perdarahan semacam ini dalam trimester pertama kehamilan atau hamil muda juga mungkin saja terjadi pada kasus kehamilan biasa. Selain itu, gejala seperti pinggul terasa kram, nyeri perut atau konstan, serta nyeri punggung juga bisa menjadi indikator terjadinya keguguran dini. (baca juga: Tips supaya proses persalinan lancar)

Oleh karena itu, jika seorang wanita mengalami gejala-gejala tersebut, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter kandungan untuk mendapatkan kepastian lebih lanjut.


EmoticonEmoticon