Minum Air Putih 8 Gelas Per Hari, Benarkah?

Minum air putih 8 gelas per hari - Tentu kita sudah sering mendengar bahwa air merupakan komposisi utama tubuh manusia. Sehingga kemudian banyak orang yang menghubungkan dengan banyaknya kebutuhan air untuk tubuh kita.

Statement yang akhirnya berkembang adalah jumlah air putih yang perlu dikonsumsi manusia adalah 8 gelas per hari. Tapi, benarkah hal tersebut? Jawabannya, belum pasti.

minum air 8 gelas per hari

Kebutuhan air putih untuk konsumsi tiap orang berbeda-beda. Hal ini tergantung pada seberapa banyak cairan yang dikeluarkan seseorang pada hari tersebut. Jika jumlah cairan yang dikeluarkan banyak, berarti yang harus dimasukkan ke dalam tubuh pun juga banyak. Artinya, asupan airnya pun harus tinggi juga.

Sedangkan banyaknya cairan yang dikeluarkan oleh tubuh itu sendiri sangat bergantung pada suhu tempat tinggal, aktifitas, dan lain sebagainya. Sebagai contoh kita yang tinggal di negara tropis memiliki jumlah kebutuhan cairan yang berbeda dengan orang yang tinggal di daerah beriklim sub-tropis.

Selain itu, memperhatikan aktifitas yang kita lakukan sehari-hari juga bisa menjadi parameter berapa banyak cairan yang dibutuhkan tubuh. Misalnya kebutuhan cairan bagi orang yang melakukan olahraga, hanya duduk-duduk saja, atau melakuakan aktifitas lainnya akan berbeda.

Lalu bagaimana sebenarnya statement yang mengatakan bahwa kita perlu minum air putih 8 gelas per hari ini berkembang?

Sebenarnya hal tersebut berkembang karena perhitungan rata-rata jumlah cairan yang keluar setiap harinya. Bahwa pada manusia normal, urine yang dikeluarkan setiap harinya sekitar 1 liter, sedangkan keringat sekitar 1 liter, dan untuk fases sekitar 200-500 ml. Jika dijumlah kira-kira tubuh mengeluarkan cairan sebanyak 2,5 liter atau sekitar 8 gelas.

Perhitungan di atas tidak mutlak. Orang yang tidak melakukan kegiatan apapun atau hanya duduk-duduk saja pun sebenarnya bisa juga mengeluarkan cairan kira-kira sebanyak 3,5 liter.

Lalu bagaimanakah dengan orang yang melakukan aktifitas yang lebih berat? Tentu bisa lebih dari itu. Karenanya, minum air putih 8 gelas per hari itu belum pasti. (baca juga: Ternyata air putih bisa basi)

Jika anda masih ragu mengenai apakah kebutuhan air dalam tubuh sudah tercukupi ataukah belum, maka kita bisa mengeceknya melalui warna urine. Warna urine yang baik seharusnya tidak jauh berbeda dengan air yang kita minum. Jika urine kita berwarna kuning keemasan, bisa jadi tubuh kurang asupan air putih. Sedangkan jika urine berwarna kuning muda seperti perasan lemon, berarti tubuh kita sudah terhidrasi dengan baik.


EmoticonEmoticon