Menu Makanan Sehat yang Sangat Baik untuk Anda Konsumsi di Malam Hari

Makanan sehat untuk malam hari - Seringkali orang mengatakan bahwa kita harus memperhatikan makan pagi dengan baik, karena apa yang kita makan pada pagi hari adalah sumber energi yang akan kita gunakan sepanjang hari. Begitu juga dengan makan malam, kita harus ekstra hati-hati mengenai asupan makan pada malam hari. Dinner atau makan malam, yang merupakan makan terakhir sebelum kita beranjak ke tempat tidur memang penting untuk diperhatikan dan dibutuhkan menu makanan yang tepat untuk menjaga kondisi badan tetap sehat.

Anda mungkin pernah melihat orang yang punya masalah dengan lemak berlebih pada tubuhnya. Nah, itu adalah salah satu dampak ketika seseorang tidak mengkonsumsi makanan yang tepat pada malam hari.

Orang yang suka menikmati makanan cepat saji, makanan beku dan berminyak, serta jenis makanan non-vegetarian pada malam hari, akan cenderung mengalami masalah lemak di sekitar tubuh, terutama pada perut. Apalagi jika ia memanjakan perutnya dengan kebiasaan makan malam seperti ini dan dilakukan secara terus menerus, tentu lemak berlebih dalam tubuh akan semakin sulit lagi diatasi.

Mengapa demikian? Karena pada malam hari aktifitas fisik seseorang sangat kurang. Sehingga apa yang dimakan pada malam hari akan tersimpan sebagai lemak serta bisa menyebabkan masalah pencernaan dan obesitas. 

Oleh karena itu, jika Anda ingin tetap sehat, maka penting bagi anda untuk mengkonsumsi makanan yang mudah dicerna pada malam hari. Berikut adalah beberapa daftar makanan yang bisa anda makan di malam hari agar tetap sehat. (baca juga: Manfaat penting mengonsumsi air putih di pagi hari)

makanan sehat pada malam hari

1. Buttermilk

Mengkonsumsi buttermilk pada malam hari sangat baik bagi tubuh. Karena buttermilk akan membantu menjaga perut tetap dingin disamping baik juga untuk pencernaan.

2. Sayuran Hijau

Sayuran berdaun hijau mengandung banyak nutrisi penting dan kaya akan serat, sehingga sangat baik dan aman dikonsumsi pada malam hari. Sayuran hijau membantu dalam meningkatkan pencernaan.

3. Chapati

Mengkonsumsi nasi pada malam hari kurang baik untuk tubuh, karena nasi mengandung banyak karbohidrat. Sebagai gantinya, anda bisa makan chapati dalam jumlah terbatas. Chapati ini semacam roti pita, terbuat dari tepung gandum utuh. Chapati mudah dicerna dengan cepat, sehingga tidak akan mengganggu pencernaan.

4. Jahe

Jahe adalah salah satu ramuan terbaik untuk pencernaan. Anda bisa melengkapi makan malam sehat anda dengan minum jahe.

5. Dal

Dal adalah makanan khas india yang bahan utamanya terdiri dari lentil dengan ditambahkan rempah-rempah. Anda bisa membuatnya sendiri dengan mudah. Dal ini mengenyangkan namun tidak membuat perut terasa berat.

6. Susu Rendah Lemak

Anda bisa menambahkan susu rendah lemak pada menu makan malam anda. Karena susu rendah lemak adalah sumber protein dan lemak baik yang diperlukan untuk menjaga tubuh tetap sehat.

7. Madu

Sebagai ganti dari gula, anda bisa mengkonsumsi madu pada malam hari. Madu akan membantu menjaga metabolisme tubuh.

Itulah beberapa menu makan malam sehat yang bisa anda siapkan sebelum beranjak ke tempat tidur. Selain enak dan nikmat, makanan tersebut juga kaya akan khasiat.


EmoticonEmoticon