Manfaat Pijat Tubuh Bagi Anak. Wujud Kasih Sayang Bunda pada Si Buah Hati

Manfaat pijat tubuh bagi anak - Tidak hanya orang dewasa, anak-anak juga menikmati dan merasa senang dengan pijatan. Pijat merupakan terapi sentuhan yang sudah dikenal selama berabad-abad. Pijat yang dilakukan sang ibu akan membuat anak merasa aman serta merasakan perasaan cinta dan percaya dengan sang ibu. Sentuhan adalah indera pertama yang dikembangkan oleh semua makhluk hidup, karena itu ada ungkapan yang mengatakan "satu sentuhan mampu menyampaikan lebih dari ribuan kata".

Manfaat Pijat Tubuh Bagi Anak

Secara psikologis, terbukti bahwa anak-anak yang tumbuh dalam suasana sentuhan yang sehat diyakini akan tumbuh menjadi orang dewasa penuh harga diri dan mampu membawa hubungannya ke depan dengan cara yang lebih baik.

Pijat memiliki banyak manfaat fisik dan mempunyai peranan penting dalam proses pencernaan, sirkulasi, dan pertumbuhan bayi. Pijat juga membantu dalam pertumbuhan bayi ke arah yang tepat pada kasus bayi prematur dan meningkatkan proses pembentukan otot pada anak-anak dengan menyandang disabilitas tertentu.

Beberapa anak terlahir dengan berbagai macam gangguan atau kelainan. Oleh karena itu, pijat sangat efektif untuk anak-anak yang menderita asma, diabetes, atau segala jenis masalah kulit. Bahkan, sekarang dokter merekomendasikan terapi pijat tubuh bagi anak-anak yang menderita kanker, karena pijat dapat mengurangi stres dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Banyak sekali manfaat pijat tubuh bagi anak-anak, di antaranya: 
  • Anak menjadi tidak terlalu rewel.
  • Pijat dapat membantu meningkatkan kualitas tidur dan mengendalikan pola tidur anak.
  • Anak yang mendapatkan pijat tubuh yang tepat akan tumbuh lebih sehat. Berat badannya juga bertambah lebih cepat dibandingkan dengan anak-anak lain.
  • Pijat membantu meningkatkan emosi dan juga meningkatkan mood anak.
  • Membantu meningkatkan nafsu makan anak.
  • Pijat membantu melindungi tubuh dari berbagai penyakit seperti sembelit, yang secara khusus bisa diamati pada anak-anak.
  • Ketika musim dingin juga sangat baik untuk memberikan pijatan pada anak, karena dapat melindungi anak dari sinus dan sesak nafas.
  • Membantu memperbaiki fungsi sistem kekebalan tubuh.
  • Membantu anak untuk tampil aktif, antusias, dan membuat otot-ototnya lebih kuat. Serta meningkatkan respon mereka dalam memahami suatu kegiatan.
  • dan yang paling penting, membangun ikatan kasih sayang dengan sang ibu. Selain itu, anak-anak tersebut secara psikologis juga terbukti tumbuh lebih cerdas.

Beberapa ibu memasuki fase yang disebut depresi pasca melahirkan, hal tersebut bisa terjadi disebabkan oleh rutinitas yang monoton dan hanya berada di satu ruangan.

Nah, jika anda rajin memberikan pijatan pada sang bayi, berbicara dengannya, menghabiskan waktu bersamanya, serta mengamati perilaku dan menangkap momen indah bersamanya, anda pasti tidak akan masuk ke fase tersebut.

Dan juga, mulai memberikan pijatan ketika bayi berusia 15-20 hari dan memandikannya dengan air hangat sambil memberikan pijatan, akan membuat sang bayi merasa lebih rileks dan membantunya mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik.


EmoticonEmoticon