Ingin Memiliki Mata Sehat? Cobalah Konsumsi 5 Makanan Ini

Makanan yang baik untuk kesehatan mata - Memiliki penglihatan mata yang sehat adalah dambaan semua orang. Karena memiliki fungsi penglihatan mata yang sehat akan memudahkan kita dalam menjalankan aktifitas sehari-hari dan membuat kita bisa lebih nyaman menikmati hidup. Oleh karena itu, menjaga kesehatan mata sangat penting untuk diperhatikan. Salah satu cara yang bisa diupayakan adalah dengan mengkonsumsi makanan-makanan yang terbukti memiliki manfaat penting untuk menjaga kesehatan mata, baik berupa sayuran, buah-buahan, ataupun jenis makanan lain yang bisa meningkatkan kemampuan indera mata. (baca: 10 tanda mata tidak sehat)

Makanan yang baik untuk kesehatan mata

Berikut adalah beberapa makanan yang sangat baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan mata:

  • Sayuran Hijau

Perbanyaklah mengonsumsi sayuran hijau seperti bayam, karena jenis sayuran ini mengandung lutein, zeaxanthin, dan antioksidan yang membantu menurunkan resiko berkembangnya degenerasi makula dan katarak.

  • Ikan Salmon

Ikan Salmon sangat baik untuk mata karena membantu melindungi retina dari kerusakan dan mencegah kebutaan. Selain itu, salmon juga kaya akan asam lemak omega 3 yang membantu mencegah mata menjadi kering. Asam lemak omega 3 ini juga membantu menangkal degenerasi makula karena faktor usia. Anda bisa mengkonsumsi ikan salmon ini secara teratur untuk tetap memiliki penglihatan yang sehat.

  • Wortel

Mengkonsumsi wortel secara teratur sangat baik untuk mata dan membuat mata anda tetap sehat. Wortel mengandung banyak beta karoten yang merupakan cikal bakal vitamin A yang selanjutnya membantu mencegah terjadinya Night Blindness atau istilah medisnya Nyctalopia, dalam bahasa kita lebih dikenal dengan sebutan buta ayam, yaitu suatu gejala di mana seseorang mengalami kondisi seperti ayam yang tidak bisa melihat saat senja atau sore hari. Vitamin A pada wortel juga membantu menjaga kornea tetap sehat dan jelas serta melindungi sel-sel pada mata.

  • Buah Blueberry

Mengkonsumsi buah blueberry secara teratur dapat membantu meningkatkan penglihatan dan memperkuat pembuluh darah yang ada di belakang mata.

  • Paprika

Paprika termasuk jenis sayuran yang mengandung enzim tertentu seperti lutein yang sangat baik untuk mata. Lutein membantu melindungi mata anda dari katarak dan degenerasi makula yang akan menyebabkan terjadinya penurunan ketajaman penglihatan.

Itulah beberapa makanan yang bisa anda konsumsi untuk menjaga penglihatan mata tetap sehat dan tajam. So, anda bisa mulai membiasakan diri dengan menambahkan makanan-makanan tersebut ke dalam daftar menu yang anda konsumsi sehari-hari.


EmoticonEmoticon