Cara Salah dalam Merawat Handuk, Ternyata Seringkali Kita Lakukan

Cara merawat handuk yang benar - Handuk itu ibarat teman kita sehari-hari. Semacam keperluan wajib tiap orang. Tidak punya barang satu ini bisa membuat hidup tidak nyaman. Tapi berapa banyak di antara kita yang perhatian dengan kebersihan handuk ini, seringkali handuk diperlakukan seenaknya, dilempar dan ditinggalkan di tumpukan.

Kita bahkan seringkali tidak peduli untuk mengeringkan handuk setelah dipakai, sehingga menjadi kotor, berubah warna, dan tampak lusuh. Hal ini yang kemudian membuat kulit rentan terhadap bakteri dan penyakit, seperti mengalami gatal-gatal, iritasi, dan lain sebagainya. Jadi, perlakukan handuk anda dengan benar.

cara merawat handuk yang benar

Berikut ini adalah beberapa cara merawat handuk yang salah atau keliru yang sering kita lakukan dan harus kita ubah, sehingga hidup kita menjadi lebih higienis.

1. Menggantung 2 Handuk Bersamaan di Satu Rak

Ini adalah cara yang tidak higienis dalam merawat handuk, terutama jika dua potong kain handuk tersebut milik orang yang berbeda. Menggantung dua handuk yang sudah digunakan di rak yang sama akan membuatnya lembab dan memicu munculnya bakteri di antara keduanya.

2. Sudahkah Anda Mencuci Handuk Secara Teratur?

Faktanya adalah, setiap hari anda mengeringkan badan menggunakan handuk yang sama setelah mandi. Oleh karena itu mencuci handuk secara teratur penting untuk menjaga handuk tetap higienis dan menjauhkan diri kita dari timbulnya penyakit kulit.

3. Tidak Pernah Ganti Handuk

Handuk memang bukan barang yang terus dipakai dan ditampilkan layaknya pakaian yang kita kenakan. Ini yang kemudian membuat kita sering mengabaikannya dan tidak pernah mengganti handuk, menunggu sampai kondisi handuk berlubang dan lusuh baru kita ganti.

Sebenarnya Idealnya kita memiliki beberapa handuk untuk mengeringkan badan setelah mandi, tidak cuma satu. Sehingga membantu kita untuk mencucinya secara teratur dan menggunakan handuk yang bersih setiap hari.

4. Mencuci Handuk Menggunakan Terlalu Banyak Deterjen

Kebiasaan ini sering kita lakukan saat mencuci handuk. Jangan terbiasa mencuci handuk dengan terlalu banyak deterjen, karena ini bisa memicu munculnya gatal-gatal sehingga membuat anda tidak nyaman.

5. Mencuci Handuk dengan Air Panas

Karena handuk adalah barang yang bersentuhan langsung dengan tubuh kita sehari-hari, maka disarankan untuk selalu mencucinya dalam air panas, sehingga kuman dan bakteri yang menempel bisa dibasmi dengan baik dan anda mendapatkan kain handuk yang benar-benar bersih dan higienis. Inilah cara mencuci handuk yang benar.

Itulah hal-hal yang perlu diperhatikan dalam merawat handuk secara benar. Karena sehelai kain yang biasa diusapkan ke tubuh selepas mandi ini bisa menentukan kesehatan kulit seseorang. Kurang perhatian dengan barang satu ini bisa mempengaruhi kenyamanan kulit.


EmoticonEmoticon