Ternyata Air Putih Itu Bisa Basi Lho

Ternyata air putih itu bisa basi lho - Pernahkah anda mendengar bahwa air putih yang dimasak itu bisa basi? Memang kalau dipikir-pikir apa ya mungkin air putih kok bisa basi, toh rasa air putih juga tetap sama saja. Nah, anggapan seperti inilah yang kemudian membuat orang berpikir bahwa air putih itu tidak bisa basi. Akhirnya banyak orang kemudian abai dengan berapa lama air putih itu sudah didiamkan setelah dimasak. Bahkan di masyarakat sudah biasa terjadi, air dimasak kemudian didiamkan selama berhari-hari untuk persediaan agar tidak perlu repot-repot lagi masak air.

air putih bisa basi


Tapi, Tahukah Anda Bahwa Air Putih Juga Bisa Basi?

Memang iya, seperti hal nya pada makanan, basi juga bisa terjadi pada air yang didiamkan dalam jangka waktu yang lama. Memang kita tidak menyadari hal tersebut, apalagi warna, rasa, dan baunya tidak berubah. Memang tidak semudah mengidentifikasi basi pada makanan, karena unsur basi pada air putih ini sulit dilihat. Tapi sebenarnya air yang sudah didiamkan terlalu lama itu sudah tidak lagi layak minum.

Lalu, Kapan Air Putih Bisa Disebut Basi?

Air putih bisa disebut basi jika dalam proses pendiamannya tersebut kandungan air menjadi berbahaya bagi kesehatan. Misalnya saja pada air yang didiamkan lebih dari 24 jam. Air yang sudah dimasak dan didiamkan selama lebih dari 24 jam akan mengandung bahan berbahaya seperti karsinogen (nitrit). Karena sebenarnya air yang direbus sudah mengandung bantalan nitrogen. Bantalan nitrogen yang terkandung dalam air ini akan terurai menjadi nitrit jika didiamkan dalam waktu yang lama. Semakin lama didiamkan tentu kandungan nitritnya akan semakin bertambah.

Hal tersebut juga bisa diperparah dengan tercampurnya kandungan lain dari wadah yang digunakan sebagai penyimpanan air. Misalnya air disimpan di wadah alumunium, maka bahan tambahan berupa alumunium pun akan ikut tercampur ke dalam air. Atau bisa juga wadah yang digunakan berupa plastik yang tidak direkomendasikan, juga akan berbahaya. Pasalnya, kandungan plastik yang terkena suhu panas, baik panas dari air maupun matahari, akan meleleh dan bercampur dengan air.

Bisa dibayangkan betapa bahayanya jika air tersebut dikonsumsi. Bila kandungan dalam air yang basi ini terlanjur dikonsumsi dan terakumulasi dalam tubuh, maka biasanya seseorang akan merasa lemah, lesu, pusing, muntah, tekanan darah menurun, sakit perut, bahkan sampai hilang kesadaran. Sangat berbahaya bukan?

Lalu Bagaimana Solusinya?

Tentunya cara aman mengkonsumsi air putih yang dimasak yaitu dengan meminumnya pada hari yang sama, tidak didiamkan sampai berhari-hari. Selain itu, wadah penyimpanan airnya pun perlu diperhatikan. Gunakan wadah yang memang direkomendasikan. (baca juga: Anjuran minum air putih 8 gelas per hari)

Semua itu adalah upaya untuk menghindari berkembangnya jumlah nitrit dan kandungan lainnya dalam air. Sehingga air yang kita konsumsi adalah air yang benar-benar aman buat kesehatan tubuh. Jangan sampai usaha kita menjaga cairan tubuh malah justru membahayakan tubuh.


EmoticonEmoticon