7 Tempat Wisata di Maluku – Menjelajah Aneka Keindahan Pariwisata The Spice Islands

7 tempat wisata di Maluku - Maluku merupakan salah satu provinsi yang berada di Indonesia Bagian Timur. Provinsi yang beribukotakan Ambon ini juga dijuluki sebagai The Spice Islands (pulau rempah-rempah), karena memang terkenal kaya akan hasil rempah-rempahnya. Tidak kalah dengan daerah lain di Indonesia, Maluku juga menyimpan banyak potensi wisata yang menarik. Penasaran seperti apa tempat wisata yang ada di Maluku?. Berikut saisane sajikan beberapa daftar tempat wisata yang recommended di Provinsi Maluku.

1. NUSA POMBO

Tempat Wisata di Maluku pantai nusa pombo

Nusa Pombo adalah tempat wisata di Maluku berupa pantai yang berlokasi di antara Pulau Ambon dan Pulau Haruku, Kecamatan Salahhutu, Kabupaten Maluku Tengah.

Pantai Nusa Pombo sangat cocok sekali bagi wisatawan yang cinta alam dan suka berpetualang, karena Nusa Pombo adalah pulau tak berpenghuni namun memilik keindahan alam dan pantai yang cantik. Wisatawan perlu membawa bekal dan makanan jika ingin berkunjung, juga perlu membawa tenda jika ingin menginap disini. Banyak aktifitas menarik yang bisa kamu lakukan di sini, seperti diving, snorkeling, dan trekking keliling pulau. (baca juga: 7 obyek wisata menarik di Bangka Belitung)

2. PANTAI LIANG

Tempat Wisata di Maluku pantai liang

Berikutnya juga tempat wisata di Maluku berupa pantai yang berlokasi di Desa Liang, Kecamatan Salahutu. Berjarak sekitar 40 km dari pusat kota Ambon. Namanya pantai Liang. Pantai ini memiliki hamparan pasir putih yang bersih serta airnya yang jernih kebiruan. Selain pantainya yang bersih dan elok, alam sekitarnya juga menyuguhkan pemandangan yang sangat indah. Pantai Liang pernah dinobatkan sebagai pantai terindah di Indonesia pada tahun 1991 oleh United Nations.

3. PANTAI PINTU KOTA

Tempat Wisata di Maluku pantai pintu kota

Masih dengan pantainya, tempat wisata di Maluku berupa pantai yang satu ini berlokasi di Dusun Airlouw, Kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon. Pantai Pintu Kota tergolong pantai yang unik, karena pantai ini dipenuhi bebatuan karang, berbeda dengan pantai di Maluku pada umumnya yang dipenuhi oleh hamparan pasir. Yang menjadi daya tarik dari pantai ini adalah tebing raksasa yang menjorok ke laut dan memiliki lubang berbentuk seperti pintu ditengahnya.

4. PEMANDIAN AIR PANAS NEGERI TULEHU

Tempat Wisata di Maluku pemandian air panas tulehu

Kalau tempat wisata di Maluku yang satu ini bisa dipakai untuk menyegarkan badan, yaitu Pemandian Air Panas Negeri Tulehu. Berlokasi di kawasan perbukitan Desa Tulehu, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah. Berjarak sekitar 30 km dari pusat kota Ambon.

Pemandian air panas ini berada di kawasan perbukitan Maluku. Suhu air disini rata-rata 55-70 derajat celcius. Setelah menyegarkan tubuh di pemandian ini, kamu bisa bersantai sambil menikmati kuliner yang banyak disajikan di sekitar area pemandian. Pastinya akan menjadi momen yang indah berkunjung ke sini bersama keluarga.

5. BENTENG FERANGI

Tempat Wisata di Maluku benteng ferangi

Nah, tempat wisata di Maluku selanjutnya ada Benteng Ferangi yang berlokasi di sekitar Pantai Honipopu, Kota Ambon. Seperti diketahui, bahwa Maluku adalah bekas jajahan Portugis. Salah satu peninggalan dari zaman kolonial bangsa Portugis yang menarik dikunjungi adalah benteng ini.

Benteng Ferangi (Benteng Kota Laha) adalah benteng pertahanan tua peninggalan Portugis yang dibangun pada tahun 1575. Benteng ini pada masa lalu digunakan sebagai pusat pemerintahan dan pusat gudang penyimpanan rempah-rempah di Bagian Timur Indonesia. Di dalam area benteng ini terdapat meriam-meriam yang berukuran sangat besar, sedangkan di dalam ruangan benteng ini bisa kamu temukan benda-benda sejarah peninggalan portugis lainnya.

6. MUSEUM SIWALIMA

Tempat Wisata di Maluku museum siwalima

Tempat wisata di Maluku yang menarik berikutnya adalah Museum Siwalima. Berlokasi di Kawasan Taman Makmur, Desa Amahusu, Kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon.

Bagi wisatawan yang penasaran dengan koleksi benda seni budaya masyarakat Maluku, museum ini bisa menjadi tempat yang pas untuk mengetahui lebih banyak. Museum siwalima terdiri dari dua bangunan, museum etnografi dan museum kelautan. Di dalam museum etnografi kamu bisa menemukan benda-benda seni dan budaya masyarakat Maluku, seperti miniatur rumah adat, pakaian adat, serta benda peninggalan Jepang. Sedangkan di dalam museum kelautan terdapat tiga kerangka ikan yang berukuran besar yang memiliki panjang 9, 17, dan 19 meter.

7. MASJID WAPAUWE

Tempat Wisata di Maluku masjid wapauwe

Terakhir, ada tempat wisata di Maluku bernuansa religi, yaitu masjid Wapauwe. Berlokasi di Desa Kaitetu, Kecamatan Leihitu, Kabupaten Maluku Tengah.

Masjid yang berukuran 100 meter persegi ini dibangun pada tahun 1414 di Wawane dan menjadi masjid tertua di Maluku, kemudian masjid tersebut dipindahkan ke Tehala yang berjarak 5 km dari lokasi awal. Masjid Wapauwe memiliki keunikan tersendiri, yaitu didominasi oleh material pelepah sagu dan tidak ada paku di sepanjang bangunannya. Di masjid ini juga terdapat Al-Qur’an yang ditulis tangan.

Itulah beberapa destinasi wisata menarik di provinsi Maluku yang bisa kamu jadikan sebagai tujuan liburan yang asyik bersama orang-orang tercinta.


EmoticonEmoticon