5 Tempat Wisata di Lombok – Eksplore Keindahan Alam Pulau Seribu Masjid

5 tempat wisata di Lombok yang keren - Kalau kamu sedang mencari pulau dengan view atau pemandangan yang indah, maka sepertinya kamu harus berkunjung ke Pulau Lombok. Lombok adalah salah satu pulau yang paling menakjubkan di Indonesia. Pulau Lombok berlokasi di Nusa Tenggara Barat (NTB), tepat sebelah timur dari pulau Bali. Di Pulau Seribu Masjid ini kamu bisa mengeksplore keindahan alami dari Pulau Lombok. Berikut ini beberapa destinasi wisata populer di Pulau Lombok yang saisane rekomendasikan untuk kamu kunjungi.

1. PANTAI KUTA LOMBOK

Tempat Wisata di Lombok pantai kuta lombok

Pantai ini berlokasi di Desa Kuta, Kabupaten Lombok Tengah. Pantai Kuta tidak hanya terdapat di Bali. Di daerah seberang Bali juga terdapat pantai yang dikenal dengan sebutan Pantai Kuta Lombok, yang merupakan salah satu tempat wisata yang terletak di bagian selatan Pulau Lombok. Memiliki pasir putih dan air jernih yang bening nan jernih. Aktivitas yang dapat dilakukan oleh pengunjung di sini antara lain berenang, berselancar, menikmati sajian air kelapa muda yang banyak dijual di sekitar, dan lain sebagainya.

2. GUNUNG RINJANI

Tempat Wisata di Lombok gunung rinjani

Berlokasi di Desa Sembalun Lawang, sebelah utara Pulau Lombok. Gunung Rinjani merupakan gunung berapi aktif tertinggi kedua di Indonesia. Berketinggian 3.726 m di atas permukaan laut. Bagi sebagian penduduk, Rinjani merupakan gunung yang disucikan karena dianggap sebagai tempat tinggal para dewa, setelah Gunung Semeru dan Gunung Agung. Bagi wisatawan yang melakukan pendakian menuju puncak Rinjani akan dimanjakan dengan pemandangan padang savana yang eksotis, hutan hujan tropis yang mempesona dan perbukitan yang luar biasa indah.

3. AIR TERJUN SENDANG GILE

Tempat Wisata di Lombok air terjun sendang gile

Air terjun ini berlokasi di Desa Senaru, Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara (bagian utara Pulau Lombok). Sekitar 2,5 jam perjalanan dari Kota Mataram. Terletak di kaki Gunung Rinjani menggambarkan bahwa disana terdapat hembusan kabut disekitar lembah, udara yang sejuk, dan pemandangan hijau hutan lindung nan alami. Hutan lindung tersebut merupakan bagian dari Taman Nasional Gunung Rinjani.

Untuk menuju Air Terjun Sendang Gile dari Desa Senaru diperlukan perjalanan selama 15 menit, selama itu pengunjung harus melewati jalan berupa jejeran anak tangga yang menghubungkan pemukiman warga dengan tempat wisata tersebut. (lihat juga: Keunikan air terjun dwi warna sibolangit)

4. DUSUN SADE

Tempat Wisata di Lombok dusun sade

Berlokasi di Desa Rambitan, Kecamatan Pujut, Lombok Tengah. Dusun Sade merupakan kediaman tradisional masyarakat suku Sasak yang masih asli. Dinas Pariwisata setempat menjadikan Sade sebagai desa wisata karena keunikan yang terdapat di dusun ini yang tetap mempertahankan suasana perkampungan asli pribumi Lombok. Atmosfir desa yang bersih dan tertata rapi adalah daya tarik desa ini.

Hampir di setiap rumah di desa ini menawarkan untaian kain dan aneka cendramata kepada wisatawan yang berkunjung ke sana. Anda dapat memilih aksesoris seperti gelang, kalung, dan masih banyak lagi.

5. BUKIT MALIMBU

Tempat Wisata di Lombok bukit malimbu

Berlokasi di Kecamatan Senggigi, Kabupaten Lombok Barat. Berjarak sekitar 24 km dari Kota Mataram. Bukit Malimbu merupakan salah satu tempat wisata kebanggaan masyarakat Kabupaten Lombok Barat. Tempat wisata ini mirip dengan kawasan puncak bogor yang sama-sama ditumbuhi oleh vegetasi hijau. Yang membedakannya adalah pemandangan di puncak bogor berupa hamparan tanaman teh dan sayuran sedangkan di Bukit Malimbu dibagian bawahnya terdapat hamparan panorama laut Malimbu. Saat yang pas untuk berkunjung ke tempat wisata ini adalah pada saat matahari terbenam (sunset), karena bukit ini posisinya menghadap ke arah Barat. Jadi kamu bisa menyaksikan eksotisme senja yang indah sekali.

Itulah beberapa tempat wisata indah di Pulau Lombok yang sangat recommended untuk dikunjungi. Keindahan alam yang ditawarkan akan menjadi pemandangan menarik dan berkesan.


EmoticonEmoticon