Air Terjun Dua Warna Sibolangit, Salah Satu Air Terjun Terindah di Indonesia

Obyek Wisata Alam Air Terjun Dua Warna Sibolangit - Sibolangit adalah salah satu tujuan wisata favorit di Medan. Memiliki topografi wilayah yang berupa perbukitan dengan hawa sejuk dan pemandangan alam sekitar yang sangat indah. Maka tidak heran jika kawasan Sibolangit ini banyak menyimpan destinasi wisata alam yang indah dan menarik, salah satunya adalah Air terjun dua warna. Air terjun dua warna Sibolangit berada di ketinggian 1.270 meter di atas permukaan laut, memiliki ketinggian sekitar 75 meter dengan sumber air yang berasal dari Gunung Sibayak.

air terjuan dua warna sibolangit

Lokasi Air Terjun Sibolangit


Air Terjun Dua Warna Sibolangit atau biasa dikenal juga sebagai Air terjun dwi warna Sibolangit terletak di kawasan Sibolangit, yaitu salah satu kecamatan di kabupaten Deli Serdang, Medan, Sumatera Utara. Lokasi obyek wisata alam ini tidak jauh dari Kabupaten Karo, karena memang berbatasan langsung. (baca juga: 7 tempat wisata keren di Sumatera Utara)

Rute Menuju Air Terjun Sibolangit


Perjalanan ke Sibolangit memakan waktu cukup lama, sekitar 2 jam jika berangkat dari Medan. Kamu dapat memanfaatkan fasilitas angkutan umum atau bisa juga menggunakan layanan yang disediakan oleh biro perjalanan. Setelah perjalanan 2 jam, kamu tidak langsung sampai di lokasi Air terjun Sibolangit. Kamu masih harus menempuh perjalanan yang cukup jauh dan melelahkan melewati hutan. Untuk alasan safety, di sini pengunjung akan dipandu oleh mentor profesional supaya tidak salah jalan dan tersesat. Memakan waktu 3 jam menyusuri hutan untuk sampai di lokasi Air terjun dua warna Sibolangit. Oleh karena itu, bagi kamu yang ingin menikmati keindahan alam air terjun Sibolangit, maka harus rela lelah dan payah selama perjalanan. Tapi semua lelah itu akan segera terbayar setelah kamu sampai di lokasi, karena keindahan alamnya tidak akan mengecewakan.

Sepanjang Perjalanan Menuju Air Terjun Sibolangit


Disarankan untuk berangkat pagi dari Medan, mengingat waktu tempuh yang dibutuhkan untuk melintasi hutan cukup lama. Sehingga kamu bisa tiba di lokasi sekitar pukul 10 pagi. Jadi kalau kamu ingin pulang kembali di hari yang sama juga masih memungkinkan. Tapi banyak juga yang menginap di lokasi dengan mendirikan tenda. Karena Sibolangit juga terkenal sebagai kawasan perkemahan, biasa dipakai untuk kegiatan pramuka.

Sesampainya di Sibolangit, pengunjung diminta untuk mendaftar dan membayar biaya Rp 22.000, itu sudah termasuk biaya pendampingan yang bisa digunakan untuk kebutuhan pengunjung selama perjalanan menyusuri hutan. Selama perjalanan menuju lokasi air terjun dua warna, pengunjung juga bisa melihat berbagai jenis tanaman yang merupakan tanaman khas hutan Sibolangit, itu bisa menjadi pengalaman menarik lainnya yang bisa kamu dapatkan selama berkunjung ke sini.

Air terjun dua warna Sibolangit terletak cukup dalam masuk ke hutan. Perjalanan akan semakin menarik dan menantang, karena kamu juga akan menyeberangi sungai. Saat menyeberang sungai, pengunjung diminta untuk berhati-hati agar tidak jatuh, karena banyak bebatuan penuh lumut di dasar sungai. Pemandu nanti akan menyarankan untuk tidak saling berjauhan satu sama lain. Selain itu, pengunjung juga akan melewati jalan curam yang perlu memegang tali yang sudah dipersiapkan oleh pemandu untuk melewati jalur ini.

Perjalanan yang memakan waktu yang cukup lama ini akhirnya akan segera terbayarkan setelah kamu tiba di lokasi air terjun dua warna Sibolangit. Kamu akan merasakan udara dingin nan sejuk di sekitar tempat ini, dan yang paling menarik adalah suara gemericik air terjun dapat didengar dengan jelas. Kamu bisa langsung terjun ke air terjun Sibolangit untuk menghilangkan letih selama perjalanan.

Hal yang paling ingin dilihat oleh para wisatawan yang berkunjung ke sini adalah keunikan air terjun yang memiliki dua jenis warna yang sangat menawan,biru dan putih keabu-abuan. Nah, di lokasi, rasa ingin tahu kamu akan terjawab. Pemandu akan menjelaskan secara rinci kepada pengunjung terkait apa yang menyebabkan air terjun Sibolangit ini memiliki dua warna. Satu hal yang tidak boleh kamu lewatkan adalah mengambil foto di bawah air terjun bersama teman dan keluarga untuk mengabadikan momen kebersamaan.

Sebelum pulang, pastikan limbah makanan yang kamu bawa dikumpulkan dalam satu tempat untuk kemudian dibawa keluar dari tempat ini. Sehingga dengan begitu kamu juga telah berpartisipasi dalam menjaga dan merawat keindahan alam air terjun dua warna Sibolangit, sehingga air terjun Sibolangit akan selalu dikunjungi banyak wisatawan lainnya karena kebersihannya yang tetap terjaga. Semoga perjalananmu menyenangkan.


EmoticonEmoticon