Tips Melahirkan Normal Tanpa Jahitan. Ibu Hamil Wajib Tahu Hal Ini

Tips Melahirkan Normal Tanpa Jahitan – Melahirkan normal tanpa jahitan adalah impian banyak ibu hamil di seluruh dunia. Berbagai masalah saat persalinan seperti robekan pada area kewanitaan sangat dihindari, meskipun banyak kasus yang memperlihatkan hal ini sangat sulit dihindari. Kondisi di mana terjadi robekan pada area kewanitaan atau dalam bahasa medisnya episiotomi memang merupakan hal wajar, namun sebagian kasus memperlihatkan robekannya sangat parah sehingga mengalami pendarahan hebat. Dalam episiotomi, dokter akan melakukan metode pengguntingan pada area kewanitaan agar bayi dapat dengan mudah keluar. Hal tersebut menyebabkan rasa sakit luar biasa meskipun dokter sudah menyuntikan anestesi lokal. Untuk menghindari jahitan pada area kewanitaan pada saat persalinan, berikut beberapa tips melahirkan normal tanpa jahitan.

Tips Melahirkan Normal Tanpa Jahitan

  • Siapkan Mental dan Fisik

Melahirkan adalah proses alamiah yang mayoritas wanita mengalami dalam hidupnya. Karena alasan tersebut tidak perlu khawatir akan segala hal yang akan terjadi saat persalinan. Bayangkan tentang ibu-ibu hamil pada zaman lampau yang mengalami persalinan dengan cara tradisional namun tetap bisa melahirkan dengan cara normal. Apalagi dengan semakin canggihnya teknologi kedokteran dewasa ini, maka proses persalinan pun harusnya lebih mudah lagi. Persiapan mental dengan memperbaiki perspektif mengenai melahirkan sangat penting agar bisa lebih rileks sehingga keadaan pun akan semakin membaik.

Selain itu agar kondisi tubuh bumil tetap fit menjelang persalinan ada baiknya mengkonsumsi makanan-makanan sehat. Selain itu lakukan senam panggul atau kegel agar area reproduksi selalu dalam keadaan fit. (baca juga: Tanda tanda keguguran)

  • Pilih Lokasi Persalinan Yang Tenang dan Nyaman

Melahirkan bukanlah perkara mudah oleh karena itu sangat penting untuk memiliki lokasi persalinan yang tepat. Pilihlah lokasi persalinan yang ekslusif, di mana tidak terdapat banyak orang yang berlalu lalang. Dengan kondisi lebih nyaman otomatis bumil akan lebih rileks dan proses persalinan pun juga akan lebih lancar. Dengan memilih lokasi yang  tepat, melahirkan normal tanpa jahitan pun bisa dicapai oleh bumil. Jangan lupa untuk memilih kamar bersalin yang memiliki tempat tidur yang nyaman.

  • Selalu Dalam Kondisi Fit Menjelang Persalinan

Salah satu penyebab mengapa seorang bumil mengalami episiotomi adalah karena tidak kuatnya organ reproduksi karena tubuh mengalami kelelahan. Penyebab seorang bumil mengalami kelelahan adalah karena terlalu sering berjalan dan kurang tidur. Pastikan menjelang persalinan, waktu tidur semakin diperbanyak dan selalu mengkonsumsi makanan yang kaya akan gizi. Kelelahan juga bisa disebabkan oleh kondisi psikis yang naik turun menjelang persalinan, jadi ada baiknya menemui psikolog untuk mencari solusi dari berbagai gangguan psikis menjelang persalinan.

  • Temukan Tenaga Medis Yang Terpercaya

Hal penting lainnya agar melahirkan normal tanpa jahitan adalah dengan menemukan tenaga medis yang terpercaya. Lihat juga berbagai background dari tenaga medis tersebut apakah banyak yang melahirkan secara normal. Selain itu tenaga medis yang terpercaya juga memiliki banyak metode agar tidak terjadi episiotomi. Hindari tenaga medis yang mengiming-imingi proses sesar dalam persalinan. Biasanya tenaga medis tersebut memiliki orientasi bisnis yang lebih besar daripada orientasi melahirkan normal. Temui tetangga atau saudara yang sudah pernah melahirkan normal dan tanyakan tentang tenaga medis yang mereka pakai.

  • Tidak Perlu Mengedan Terlalu Kencang

Salah satu cara melahirkan normal tanpa jahitan lainnya yang bisa bumil lakukan adalah dengan teknik menahan napas di dalam perut. Saat proses melahirkan, jangan mengedan terlalu kencang kecuali saat kepala bayi sudah terlihat.

Dengan beberapa tips di atas, peluang untuk melahirkan secara normal tanpa jahitan akan sangat mungkin dicapai (baca juga: tips melahirkan normal dan lancar). Sehingga budget bisa aman, tubuh pun tetap nyaman.


EmoticonEmoticon