Tidur Minimal 8 Jam Sehari, Benarkah Sebanyak Itu Kebutuhan Istirahat Setiap Orang?

“Tidur minimal 8 jam sehari”, Anda pasti sering mendengarnya bahwa setiap manusia memerlukan waktu tidur cukup minimal 8 jam per hari untuk alasan kesehatan dan kebugaran tubuh. Bahkan dari kecil sudah sangat populer kita dengar saran kesehatan seperti ini. Banyak yang mengatakan bahwa waktu tidur kurang dari 8 jam sehari bisa membahayakan tubuh. Dengan alasan bahwa ketika tubuh kurang istirahat maka daya tahan tubuh akan melemah, sehingga tubuh menjadi mudah terserang penyakit. Namun apakah benar bahwa setiap manusia membutuhkan waktu istirahat sebanyak itu ataukah hanya sebuah mitos?

Sangat penting bagi setiap orang untuk mendapatkan waktu tidur yang cukup, karena tidur mampu mengendalikan irama hormonal. Tanpa mendapatkan waktu tidur cukup, tubuh tidak akan menjalankan fungsinya secara optimal. Pembakaran lemak juga tidak akan berjalan maksimal.

kebutuhan tidur 8 jam

Pada kenyataannya, kebutuhan tidur setiap orang tidaklah sama. Sebagian memang membutuhkan waktu tidur cukup sebanyak 8 jam sehari. Namun sebagian yang lain ada yang membutuhkan lebih banyak waktu tidur dan beberapa juga membutuhkan waktu tidur cukup kurang dari 8 jam. Semua itu tergantung pada aktifitas masing-masing setiap orang. Artinya, semakin banyak aktifitas yang dilakukan seseorang, semakin banyak energi yang dikeluarkan selama beraktifitas, semakin banyak pula waktu istirahat yang dibutuhkan. (baca juga: Kebiasaan tidak sehat mendengkur saat tidur)

Cara Mengetahui Kebutuhan Waktu Tidur Seseorang


Ada indikasi yang bisa digunakan sebagai acuan untuk mengetahui apakah waktu tidur seseorang sudah cukup ataukah belum. Robert Oexman, D.C. direktur Sleep to Live Institute, mengatakan salah satu indikasi bahwa seseorang memiliki waktu tidur kurang adalah ketika naik ke tempat tidur ia langsung terlelap. Berbeda dengan orang yang sudah memiliki waktu tidur yang cukup, biasanya tidak langsung terlelap, ia baru bisa tidur setelah sekitar 15 menit berbaring di tempat tidur. (baca juga: Kebiasaan mengusir kantuk dengan minum kopi)

Intinya, tidak ada angka pasti tentang berapa jam kebutuhan waktu tidur seseorang. Anda bisa mengidentifikasi diri sendiri, apakah waktu istirahat yang anda butuhkan sudah cukup ataukah belum melalui indikasi tersebut. Jika selama ini anda mudah terlelap saat berbaring ke tempat tidur, mungkin anda perlu memperbaiki pola tidur dan menambah porsi istirahat yang anda butuhkan.


EmoticonEmoticon