Benarkah Minum Kopi Cara Efektif untuk Mengusir Kantuk?

Benarkah Minum Kopi Cara Efektif untuk Mengusir Kantuk - Rasa kantuk tidak hanya datang pada malam hari. Terkadang pada siang hari pun kita juga merasa sangat mengantuk, apalagi jika banyak aktifitas yang menguras tenaga dan pikiran. Beberapa orang memilih berusaha tetap terjaga karena masih banyak aktifitas yang menuntut untuk segera diselesaikan. Salah satu usaha yang biasa dilakukan setiap orang untuk menahan dan mengusir kantuk adalah dengan minum kopi. Tapi benarkah bahwa minum kopi adalah cara yang efektif untuk mengatasi kantuk? Jawabannya bisa anda simak pada ulasan saisane berikut ini.

Benarkah Minum Kopi Cara Efektif untuk Mengusir Kantuk

Cara Kerja Kafein pada Kopi


Kopi mengandung zat yang kita kenal dengan kafein. Kafein inilah yang sebenarnya membuat rasa kantuk menghilang. Cara kerjanya, kafein akan menstimulasi sistem metabolisme dan sistem saraf tubuh. Hal inilah yang kemudian membuat seseorang merasa bertenaga dan tidak mengantuk.

Tapi bukan berarti bahwa setelah minum kopi seseorang akan langsung merasa tidak mengantuk. Karena faktanya, kafein dalam segelas kopi baru bisa terserap oleh tubuh sekitar 30-60 menit setelah seseorang meminumnya. Efek dari kafein sendiri biasanya akan bertahan kurang lebih selama 6 jam. Bisa jadi kurang atau lebih, tergantung pada sistem metabolisme tubuh masing-masing.

Dampak Mengkonsumsi Terlalu Banyak Kopi


Yang perlu diperhatikan, segala sesuatu ada porsinya sendiri. Meskipun bisa digunakan sebagai salah satu cara ampuh untuk mengusir rasa kantuk, minum kopi secara berlebihan bisa berakibat buruk bagi tubuh seseorang. Karena mengkonsumsi terlalu banyak kafein bisa menimbulkan efek samping yang merugikan bagi kesehatan.

Gejala yang biasa timbul jika terlalu banyak minum kopi adalah seseorang akan mudah merasa lelah dan kurang fokus. Pada beberapa orang bahkan bisa lebih buruk, seperti menyebabkan rasa mual, gelisah, depresi, pusing, susah tidur, sering buang air, dan lain sebagainya.

Batas Konsumsi Kafein


Memang benar bahwa berlebihan dalam mengkonsumsi kopi bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Namun jika dikonsumsi dalam jumlah porsi yang pas, kopi justru bisa juga bermanfaat bagi kesehatan. Batas konsumsi kafein yang masih baik diterima tubuh adalah 200-300 mg. Jumlah tersebut setara dengan 3 gelas kopi. Sedangkan jika lebih dari itu, maka gejala buruk yang bisa mengganggu kesehatan sebagaimana disebutkan di atas bisa terjadi. (baca: Manfaat minum kopi bagi kesehatan)

So, kopi memang efektif untuk mengusir kantuk. Namun sebaiknya bijaklah dalam mengkonsumsi kopi. Jangan sampai usaha yang kita lakukan untuk mengusir kantuk agar dapat membantu menyelesaikan pekerjaan justru akan berdampak buruk bagi kesehatan, yang ujung-ujungnya merugikan diri sendiri. Let’s drink coffee. Semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon