6 Tips Menjaga Kesehatan Reproduksi Wanita yang Penting untuk Anda Ketahui

Tips Menjaga Kesehatan Reproduksi Wanita – Berbeda dengan organ lainnya dalam tubuh, sistem reproduksi wanita membutuhkan perhatian lebih. Hal tersebut karena reproduksi wanita memiliki banyak fungsi vital dalam tubuh sehingga memerlukan perawatan ekstra. Berbeda dengan sistem reproduksi pria, untuk wanita sistem reproduksi akan berhenti saat masa menopause tiba sebagai akibat dari peningkatan level estrogen dalam tubuh. Dan parahnya lagi, sistem reproduksi wanita juga sangat rentan terhadap infeksi, trauma ataupun disfungsi yang menyebabkan beberapa masalah seperti kemandulan, memperlambat kehamilan, dan berbagai masalah patologis lainnya. Meskipun tidak terdapat bukti pasti untuk mengatasi penyakit-penyakit tersebut, namun setidaknya terdapat berbagai usaha pencegahan. Berikut beberapa tips menjaga kesehatan reproduksi wanita.

Tips Menjaga Kesehatan Reproduksi Wanita

  • Gaya Hidup Sehat dan Bahagia

Salah satu cara paling mudah dan paling vital agar kesehatan reproduksi wanita bisa terjaga adalah dengan menerapkan gaya hidup sehat. Lifestyle disini menyangkut berbagai hal seperti latihan fisik, mengkonsumsi makanan sehat, menjaga berat badan agar tetap proporsional, tidur cukup dan hal-hal baik lainnya. Dengan menerapkan gaya hidup sehat, setidaknya Anda akan terhindar dari stres yang bisa mengakibatkan ketidakseimbangan hormon dan sistem imun dalam tubuh. Selain itu stres juga berimbas pada sirkulasi menstruasi pada wanita.

  • Berhenti Merokok

Wanita modern sangat identik dengan konsumsi rokok dan hal tersebut berimbas pada kualitas kesehatan masyarakat modern yang semakin memburuk. Termasuk untuk kesehatan reproduksi wanita, sangat dianjurkan untuk menghentikan kebiasaan merokok karena akan berimbas pada masalah-masalah yang berhubungan dengan hormon. Sebatang rokok memiliki ribuan zat beracun yang dapat menyebabkan masalah jantung, kecanduan, ataupun kanker. Selain itu banyak penelitian yang mengungkapkan bahwa rokok dapat mengakibatkan penyakit seperti kista ovarium. Selain itu, merokok pada saat hamil juga akan beresiko pada lahirnya anak cacat.

  • Fokus Pada Siklus Menstruasi

Dengan mengetahui siklus menstruasi, Anda akan lebih mengenal tubuh Anda dan lebih mencintai diri Anda sendiri. Saat Anda merasa tidak enak hati atau badmood tanpa alasan tertentu, Anda harus melihat kalender dan mengetahui bahwa waktu menstruasi telah dekat. Dengan mengetahui siklus menstruasi, artinya Anda telah melacak berbagai aktivitas hormon dalam tubuh sehingga Anda bisa melakukan tindakan-tindakan preventif.

  • Senam Kegel

Salah satu latihan fisik yang dapat meningkatkan performa sistem reproduksi wanita adalah senam kegel. Senam kegel merupakan senam panggul bawah yang sangat bermanfaat terutama agar area reproduksi wanita lebih kuat dan kencang. Dengan melakukan berbagai gerakan pada panggul bawah, akan membuat rahim dan area di bawahnya menjadi lebih lentur dan kuat. Anda tak perlu melakukan senam kegel di gym, cukup lakukan di rumah dan lakukan secara rutin.

  • Jalan-Jalan dan Having Fun!

Tidak perlu terlalu kompleks hanya untuk menjaga alat reproduksi wanita, cukup jalan-jalan di taman dan banyak-banyak tertawa. Banyak penelitian mengungkapkan bahwa dengan jalan-jalan di taman 3-4 kali selama seminggu dan mendapatkan asupan vitamin D dari sinar matahari  dapat menurunkan resiko terkena penyakit-penyakit yang berhubungan dengan alat reproduksi wanita. Vitamin D juga sangat bermanfaat untuk penyerapan magnesium dan kalsium. Jadi jangan sampai Anda kurang piknik ya!

  • Tingkatkan Konsumi Magnesium dan Kalsium

Agar sistem reproduksi bisa tetap terjaga, tingkatkan asupan magnesium dan kalsium pada pola makan Anda. Anda bisa meminum teh chamomile 3 kali sehari agar asupan magnesium dan kalsium tetap terjaga selama masa menstruasi.

Itulah beberapa tips menjaga kesehatan reproduksi wanita yang perlu ladies perhatikan supaya organ reproduksi wanita terhindar dari penyakit. Dengan menerapkan beberapa tips di atas, kesehatan reproduksi anda akan tetap terjaga kesehatannya dan membuat hidup anda lebih nyaman. Keep healthy!

2 komentar

Ahh inimah ladies banget ya kang :) tapi para suami juga perlu tau biar di rekomedasikan pada istrinya :) Jadi wanita yang merokok itu tidak baik bagi organ reproduksi ya kang ?

yang namanya merokok mah emang tidak ada baiknya bagi kesehatan, termasuk bisa berakibat buruk bagi kesehatan reproduksi wanita.


EmoticonEmoticon