Tips Melahirkan Normal dan Lancar. Ibu Hamil dan Suami Siaga Perlu Tahu

Tips Melahirkan Normal dan Lancar – Melahirkan normal dan alamiah sangat didambakan banyak ibu hamil karena memiliki banyak manfaat terutama dalam hubungannya dengan kecerdasan anak. Selain itu dengan melahirkan normal, maka seorang bumil bisa terhindar dari berbagai kemungkinan gagal operasi jika menggunakan metode sesar. Melahirkan normal juga dapat membuat perawatan pra persalinan semakin mudah, dan juga seorang bumil dapat memberikan ASI dengan nyaman. Terdapat berbagai cara agar seorang bumil bisa melahirkan normal. Berbagai informasi tentang teknik dan metode untuk melahirkan normal memang sangat dibutuhkan banyak ibu hamil menjelang persalinan, berikut kami berikan beberapa tips melahirkan normal dan lancar.

Tips Melahirkan Normal dan Lancar

Sebelum Anda menemukan berbagai tips melahirkan normal, ada baiknya mengetahui berbagai metode fisik yang bisa dilakukan untuk mempermudah Anda melahirkan secara normal. Berikut beberapa gerakan senam agar seorang bumil bisa melahirkan secara normal.
  • Senam Kegel
Senam kegel adalah senam yang fokus pada penguatan otot panggul. Anda bisa melakukan senam kegel ini di rumah dengan cara duduk dalam kursi tanpa penyangga, lalu fokus pada gerakan-gerakan pada area panggul. Untuk melatihnya, Anda bisa melakukannya sambil buang air kecil, hentikan aliran air kencing beberapa kali untuk melihat posisi otot panggul yang tepat.
  • Senam Jongkok
Salah satu teknik senam lainnya agar bisa melahirkan normal adalah senam jongkok. Anda bisa melakukannya dengan berdiri membelakangi dinding. Setelah itu regangkan posisi kaki, lalu jongkok perlahan-lahan. Lakukan latihan ini 15-30 menit setiap harinya.
  • Senam Sendi Panggul
Hampir sama seperti senam kegel, dalam senam sendi panggul Anda fokus pada penguatan bagian panggul. Untuk memperkuat sendi panggul maka lakukan gerakan menyila dengan lutut dibagian depan.

Selain beberapa teknik senam diatas, tips melahirkan normal lainnya adalah mengenai hal-hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan menjelang persalinan, berikut poin-poinnya:
  • Agar bisa melahirkan normal, maka Anda bisa menggunakan praktisi kesehatan untuk memberikan berbagai nasihat dan tips-tips melahirkan normal. Selain itu praktisi kesehatan tersebut bisa merekomendasikan penggunaan obat-obatan atau makanan tertentu selama masa pra persalinan.
  • Jangan dengarkan berbagai cerita menyeramkan tentang proses melahirkan normal. Perlu Anda ketahui, mindset sangat mempengaruhi kondisi fisik seseorang, jadi jangan sampai omongan orang mempengaruhi mindset Anda. Dengarkan cerita-cerita tentang kesuksesan orang-orang yang melahirkan normal dan temukan tips-tips motivasi dari orang tersebut.
  • Jika Anda ingin melahirkan normal di rumah, maka buat lingkungan rumah senyaman mungkin untuk persalinan normal. Selain itu sangat penting untuk mempersiapkan tenaga medis yang kompeten untuk persalinan normal di rumah.
  • Jangan lupakan juga support dari seorang suami selama masa pra persalinan. Support dari suami sangat menentukan kondisi dari seorang ibu hamil.
  • Jangan pernah biarkan perut Anda kosong karena tubuh Anda sangat membutuhkan banyak asupan nutrisi pada masa pra persalinan. Jangan lupa untuk mendapatkan berbagai nasihat dari praktisi kesehatan untuk pola makan Anda. (baca juga: Manfaat mengonsumsi ikan bagi ibu hamil)
  • Hal penting lainnya yang mesti seorang bumil ketahui adalah jangan memaksakan untuk bisa melahirkan normal jika ternyata hal tersebut sangat membahayakan. Beberapa orang menggunakan obat-obatan tertentu hanya karena ingin melahirkan normal, namun ternyata hal tersebut malah menyebabkan masalah-masalah fatal.
  • Pada masa pra persalinan, ada baiknya untuk mengkuti berbagai kelas terapi dan olahraga yang khusus pada perencanaan kelahiran normal.

Itulah beberapa tips untuk membantu anda bisa melahirkan dengan normal dan lancar (baca juga: Tips melahirkan normal tanpa jahitan). Para suami siaga juga perlu perhatian dengan hal-hal semacam ini untuk kelancaran proses persalinan istri tercinta. Semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon