4 Tanda Tanda Menopause yang Umumnya Dialami Wanita

Tanda Tanda Menopause Pada Wanita – Tanda tanda menopause pada wanita berbeda-beda dari satu orang ke orang lainnya, oleh karena itu ada baiknya melihat berbagai gejala umum yang sering terjadi menjelang masa menopause pada wanita. Perlu Anda ketahui bahwa tanda-tanda menopause pada wanita tidaklah terlalu sulit untuk didiagnosa. Mayoritas wanita tidak mengalami komplikasi sebelum masa menopause namun sebagian lainnya mengalami hari-hari buruk terutama satu tahun sebelum masa menopause. Jika Anda seorang wanita yang belum memasuki masa menopause maka Anda berada di tempat yang tepat. Di bawah ini saisane sajikan beberapa ciri ciri atau tanda tanda menopause pada wanita.

Tentang Menopause

Menopause bukanlah seperti penyakit kanker yang kemunculannya sangat ditakuti. Menopause merupakan hal yang umum dialami semua wanita di dunia jadi tak perlu mengkhawatirkannya. Menopause merupakan masa dimana wanita tidak mengalami siklus menstruasi lagi. Jadi ketika seorang wanita mengalami menopause maka organ ovariumnya tidak lagi berfungsi seperti biasanya. Ovarium ini merupakan organ yang mengatur hormon pada tubuh seorang wanita. Umumnya menopause terjadi pada umur 50 tahun, namun ada juga yang kurang ataupun lebih dari 50 tahun. Faktanya juga sering terjadi menopause dini, di mana seorang wanita mengalami menopause pada usia 30an. Jadi ada baiknya melihat beberapa tanda tanda menopause pada wanita. (baca juga: Hal hal yang dilarang bagi wanita saat haid)

Tanda Tanda Menopause Pada Wanita

Jika Anda belum terlalu aware mengenai menopause, berikut beberapa tanda menopause pada wanita:

Inilah Tanda Tanda Menopause Pada Wanita

  • Hot Flashes (Semburan Panas)

Gejala yang paling sering terjadi menjelang masa menopause adalah hot flashes atau semburan panas. Seseorang yang mengalami hot flashes ini akan mengalami sensasi panas pada bagian atas tubuh mulai dari kepala hingga dada. Saking panasnya hingga di beberapa area dada dan kepala sering terdapat ruam-ruam merah. Parahnya lagi hal ini sering terjadi juga pada saat tertidur.  Biasanya hot flashes ini sering terjadi selama 10 menit hingga beberapa menit saja. Gejala semburan panas ini terjadi satu hingga dua tahun sebelum menginjak masa menopause.

  • Perubahan Siklus Menstruasi

Gejala lainnya sebelum menopause adalah perubahan siklus menstruasi. Hal ini wajar karena seorang wanita akan mengalami kejadian drastis dalam hidupnya yaitu masa menopause. Perubahan siklus ditandai dengan tidak stabilnya jarak menstruasi, kadang pendek kadang panjang. Juga biasanya berdarah-darah sangat banyak ataupun sedikit saja. Perlu ladies ketahui bahwa jika menstruasi berhenti selama periode yang panjang maka periksakan apakah terjadi kehamilan. Jika tidak berarti Anda telah mengalami masa menopause. (baca juga: Amenorrhea, Gangguan Siklus Menstruasi pada Wanita)

  • Insomnia

Menjelang masa menopause, seorang wanita akan sering mengalami insomnia. Susah tidur diakibatkan oleh gejolak hormon dan juga bisa disebabkan oleh tingkat stres yang tinggi. Biasanya seorang wanita yang akan memasuki masa menopause akan sering terbangun secara tiba-tiba pada malam hari dan hal tersebut akan mempengaruhi kualitas hidup seorang wanita secara keseluruhan. Untuk mengatasi hal ini ada baiknya untuk mengikuti kelas-kelas relaksasi atau sering-sering melakukan latihan pernafasan.

  • Sering Buang Air Kecil

Selama masa pre-menopause, seorang wanita juga akan sering mengalami buang air kecil. Selain itu juga biasanya dibarengi dengan rasa sakit pada alat vital. Hal tersebut karena pada masa pre-menopause, sel-sel alat reproduksi dari seorang wanita akan mulai kendur dan tidak elastis lagi sehingga fungsinya pun akan mulai berubah. Selain itu juga sering terjadi seorang wanita yang susah untuk buang air kecil selama pre-menopause. Ada baiknya untuk sering minum jika mengalami hal ini.

Itulah gejala umum tentang tanda-tanda menopause pada wanita. Jika anda mengalami gejala-gejala di atas, cobalah untuk konsultasi ke dokter.


EmoticonEmoticon