Diet Rendah Karbohidrat yang Tepat untuk Mengatasi Masalah Kegemukan

Perencanaan Diet Rendah Karbohidrat – Anda mengalami kegemukan? Atau mengidap penyakit seperti hipertensi ataupun diabetes? Maka Anda bisa memilih diet rendah karbohidrat sebagai solusi untuk mengatasi berbagai masalah tersebut. Perencanaan diet rendah karbohidrat merupakan suatu program diet yang meminimalisasi makanan yang mengandung karbohidrat dan menggantinya dengan makanan kaya vitamin, protein dan mineral. Perlu diketahui, tipe diet rendah karbohidrat sangat populer karena mudah dalam pengaplikasiaannya. Namun jangan sembarangan dalam melakukan diet ini karena hasilnya tidak terlalu kelihatan. Ada baiknya menggunakan perencanaan diet rendah karbohidrat yang tepat agar hasilnya lebih efektif dan membuat bentuk tubuh menjadi lebih proporsional (baca juga: Diet tanpa makan nasi selama seminggu).

Perencanaan Diet Rendah Karbohidrat

Apakah Diet Rendah Karbohidrat Baik Bagi Anda?


Banyak sekali program diet yang menekankan pola makan ketat namun hasilnya masih nihil. Nah lewat diet rendah karbohidrat ini, sudah banyak orang yang merasakan efek dari penggunaannya untuk menurunkan berat badan. Diet rendah karbohidrat faktanya memang bisa digunakan oleh siapapun, baik muda ataupun tua. Namun jika Anda sedang dalam pengobatan diabetes, hipertensi ataupun sedang dalam masa menyusui maka diet rendah karbohidrat ini harus dihindari.

Peraturan Dasar Dalam Perencanaan Diet Rendah Karbohidrat


Diet rendah karbohidrat memang menekankan penggunaan makanan rendah kalori dalam pola konsumsi. Untuk memandu Anda tentang diet rendah karbohidrat ini, berikut beberapa makanan yang direkomendasikan untuk dikonsumsi dan makanan yang mesti dihindari.
  • Konsumsi: Sayuran, daging, telur dan lemak nabati.
  • Hindari: Makanan yang mengandung gula dan zat pati seperti pasta, roti, kacang polong dan kentang. 

Dalam diet rendah karbohidrat ini pola konsumsi memang sangat simpel. Anda tinggal mengkonsumsi makanan-makanan seperti daging, sayuran, ataupun makanan kaya lemak nabati (baca juga: Tips menjalani diet vegetarian). Dengan cara seperti itu Anda bisa melakukan diet rendah karbohidrat ini namun pastikan kadar makanannya sesuai. Selain itu Anda harus menghindari makanan-makanan kalengan yang tinggi kalori. Apa yang membuat diet rendah karbohidrat ini efektif karena secara ilmiah ketika Anda menghindari konsumsi gula ataupun zat pati maka kadar gula dalam darah akan stabil dan kadar insulin menjadi menurun. Hal tersebut akan meningkatkan potensi pembakaran lemak secara alami.

Aplikasi Perencanaan Diet Rendah Karbohidrat


  • Sarapan

Sarapan merupakan faktor penting dalam program diet manapun. Agar diet rendah karbohidrat ini berhasil, maka mulailah pola makan rendah karbohidrat pada saat sarapan. Konsumsi telur pada pagi hari merupakan cara tepat untuk memasukan protein dalam asupan makanan. Telur sebagai makanan wajib dalam diet rendah karbo, sangat mudah untuk dimasak, jadi Anda pasti bisa membuatnya di rumah. Sereal dan biskuit memang merupakan makanan dengan kadar karbo tinggi, namun dewasa ini banyak produk sereal dan biskuit rendah karbohidrat di pasaran.

  • Makan Siang

Untuk siang hari, Anda bisa mengkonsumsi salad sebagai menu utama. Agar lebih efektif, Anda bisa menggunakan sayuran yang memiliki warna hijau tua. Saus salad atau dressing biasanya tinggi kalori, Anda bisa menggunakan olive oil yang rendah karbohidrat. Anda juga bisa mengkonsumsi sop yang berisikan sayuran dan daging.

  • Makan Malam

Untuk dinner, Anda bisa mengkonsumi salad yang dikombinasikan dengan ayam yang telah direbus. Selain itu Anda juga bisa mengkonsumsi pasta yang memiliki kadar karbohidrat rendah.

Perencanaan diet rendah karbohidrat di atas bisa dilakukan oleh siapapun, namun pastikan agar makanan yang Anda konsumsi fresh dan pastinya rendah karbohidrat.


EmoticonEmoticon