Inilah Penyebab Infertilitas atau Kemandulan Pada Wanita

Inilah Penyebab Infertilitas atau Kemandulan Pada Wanita – Banyak pasangan suami istri yang menginginkan untuk memiliki anak dengan cepat, namun ternyata kadang sangat sulit untuk memiliki sang buah hati. Infertilitas atau kemandulan memang menjadi musuh besar bagi banyak pasangan di seluruh dunia. Gaya hidup tidak sehat dan juga lingkugan yang juga tidak sehat merupakan salah satu faktor adanya infertilitas pada wanita. 1 dari 6 pasangan di seluruh dunia mengalami infertilitas yang membuatnya tidak mampu memiliki anak. Bisa dibayangkan betapa sedihnya pasangan suami istri jika ditakdirkan untuk tak memiliki anak. Berikut beberapa penyebab infertilitas pada wanita dan juga cara pencegahannya.

Inilah Penyebab Infertilitas Pada Wanita (Kemandulan)

Infertilitas Wanita

Dalam kehidupan rumah tangga, mau itu suami atau istri, jika salah satunya mengalami infertilitas maka keduanya juga dianggap mandul. 50% dari infertilitas wanita merupakan penyebab pasangan suami tidak bisa memiliki anak, dan sisanya diakibatkan oleh infertilitas pria. Kondisi kesehatan wanita merupakan faktor utama penyebab dari adanya infertilitas. (baca: Benarkah kemandulan hanya terjadi pada wanita?)

Penyebab dari kemandulan wanita memang masih ambigu, namun terdapat beberapa faktor yang sudah ditemukan oleh banyak peneliti. Penyebab infertilitas paling umum yang dialami wanita melingkupi masalah-masalah ovulasi, kerusakan pada rahim dan tuba falopi, ataupun masalah pada serviks. Perlu Anda ketahui juga bahwa faktor umur juga berpengaruh pada infertilitas wanita, karena semakin tua seseorang maka secara alami kesuburannya pun akan menurun.

Penyebab Infertilitas Pada Wanita

Terdapat beberapa penyebab infertilitas/kemandulan pada wanita yang semuanya bisa didiagnosa oleh dunia kedokteran hari ini. Berikut beberapa penyebab kemandulan pada wanita:

  • Gaya Hidup Tidak Sehat

Infertilitas sangat identik dengan gaya hidup tidak sehat dari seorang wanita. Kebiasaan buruk seperti merokok, bergadang, makan junkfood setiap hari, meminum suplemen kecantikan, minum alkohol merupakan penyebab adanya infertilitas pada wanita. Selain itu kegemukan pada wanita juga dapat mempengaruhi tingkat kesuburan wanita. Kegemukan membuat hormon menjadi tak stabil dan dapat mempengaruhi proses ovulasi pada ovarium. Selain itu kurangnya olahraga juga dapat berefek pada infertilitas. Beberapa tipe pengobatan medis juga berpengaruh pada infertilitas wanita seperti kemoterapi dan konsumsi neuroleptik.

  • Ovarium

Beberapa masalah ovulasi yang berpengaruh pada tingkat kesuburan wanita adalah kelenjar tiroid yang berada di area ovarium, kista ovarium, dan juga disfungsi ovarium yang diakibatkan oleh umur dari seseorang yang sudah tua. (Baca juga: Mengatasi kista ovarium dengan obat herbal)

  • Masalah Hormon

Salah satu penyebab infertilitas adalah tidak seimbang atau kurangnya produksi hormon pada tubuh wanita. Hal tersebut biasanya berhubungan dengan gaya hidup dari wanita tersebut. Faktanya proses ovulasi sangat bergantung pada kadar hormon dari seorang wanita. Pola makan yang salah, kurangnya latihan fisik dan stres merupakan penyebab hormon tidak terproduksi dengan baik. Adanya ketidakstabilan hormon juga berpengaruh pada siklus menstruasi wanita.

  • Masalah Pada Tuba Fallopi

Tuba fallopi merupakan tabung yang berada disekitar aliran telur yang mengalir menuju rahim. Masalah pada tuba fallopi merupakan salah satu penyebab utama infertilitas/kemandulan pada wanita. Biasanya masalah-masalah pada tuba fallopi terjadi setelah seorang wanita melahirkan, dan kesulitan dalam melahirkan kembali. Aktivitas-aktivitas pembedahan pada saat melahirkan menyebabkan tuba fallopi menjadi rusakd dan mengakibatkan infertilitas.

Itulah beberapa penyebab infertilitas pada wanita yang dapat menjadi panduan Anda untuk terus menjaga kualitas kesehatan dan gaya hidup. Pastikan untuk terus menjaga kesehatan dan juga terus melakukan gaya hidup sehat.


EmoticonEmoticon