Pengobatan Rumahan Untuk Mengatasi Penyakit Kista Ovarium

Pengobatan Rumahan Untuk Mengatasi Penyakit Kista Ovarium – Meskipun bukan merupakan penyakit berbahaya namun kista ovarium memiliki efek buruk terhadap fungsi reproduksi wanita. Kista ovarium merupakan benjolan-benjolan kecil yang terdapat dalam indung telur dan jika dibiarkan tanpa pengobatan akan mengakibatkan penyakit yang lebih berbahaya. Biasanya kista ovarium ini terjadi pada masa childbearing (masa ketika seorang wanita dalam masa subur) namun di beberapa kasus sering juga terjadi pada masa menopause (baca: Tanda tanda terjadinya menopause pada wanita). Kista ovarium ini berbentuk sangat kecil dan biasanya juga sering menyatu dengan sel-sel telur dalam ovarium. Tapi Anda tak perlu khawatir karena terdapat metode rumahan untuk mengatasi kista ovarium ini. Berikut beberapa Pengobatan Rumahan Untuk Mengatasi Penyakit Kista Ovarium.

Pengobatan Rumahan Untuk Mengatasi Penyakit Kista Ovarium

  • Meminum Teh Chamomile

Chamomile sudah digunakan banyak kebudayaan di seluruh dunia sebagai pengobatan untuk kesehatan reproduksi wanita. Memiliki sifat menghangatkan, teh chamomile bisa menghangatkan area perut dan membantu Anda untuk tetap rileks. Untuk membuat teh chamomile ini sangat mudah, tinggal masukan  sendok chamomile kering pada secangkir air panas. Untuk menambahkan rasa, Anda bisa menambahkan beberapa sendok madu.

  • Air Hangat

Untuk meredakan rasa sakit atau keram pada bagian perut pada saat mengalami kista ovarium, Anda bisa menggunakan air hangat yang dimasukan dalam botol. Sensasi hangat akan membuat Anda menjadi nyaman dan biasanya sakit pada perut akan hilang dengan sendirinya. Lakukan pengobatan rumahan ini minimal 15 menit dan tempelkan pada area sekitar perut.

  • Mengkonsumsi Lemak Tak Jenuh

Dengan mengkonsumsi lemak tak jenuh akan menghasilkan dan menstabilkan hormon di dalam tubuh. Makanan-makanan seperti minyak kelapa, mentega, minyak zaitun memiliki kandungan lemak jenuh yang sangat berguna untuk kesehatan hormon pada wanita. Selain itu makanan yang kaya akan lemak tak jenuh juga dapat membantu meningkatkan progesterone dalam tubuh.

  • Hindari Gula Olahan

Konsumsi gula sering diubung-hubungkan dengan penyakit kista ovarium. Hal tersebut karena gula dapat menghabiskan nutrisi dalam tubuh sehingga mengakibatkan ketidakseimbangan hormon. Terutama selama mengalami penyakit kista ovarium, hindari mengkonsumsi makanan tingi gula apalagi yang olahan. Sebaiknya Anda menggantinya dengan mengkonsumsi buah-buahan atau sayuran.

  • Hindari Makanan Yang Diawetkan

Pengawet makanan yang ada pada makanan akan mengakibatkan masalah pada insulin sehingga sangat berbahaya untuk kesehatan ovarium. Selain itu kandungan berbahaya dalam pengawet makanan akan berimbas pada kemampuan liver dalam membersihkan racun dalam tubuh. Oleh karena itu pengawet makanan seperti MSG atau aspartame harus dihindari jika ingin memiliki ovarium yang sehat bebas kista.

  • Jus Jahe

Salah satu rempah-rempah dalam dapur yang bisa Anda gunakan sebagai obat kista ovarium adalah jahe. Jahe merupakan tanaman herbal anti inflamasi yang dapat meredakan peradangan dan menyembuhkan rasa sakit pada area perut. Selain itu jahe juga dapat menstabilkan hormon dan melancarkan menstruasi. Anda bisa mengkonsumsinya dengan cara diblender dengan campuran apel dan nanas. Minumlah jus tersebut hingga penyakit kista ovarium hilang.

  • Lunaception

Lunaception atau tidur tanpa dalam kondisi ruangan gelap adalah salah satu cara mengatasi masalah-masalah reproduksi wanita. Ketika kita tertidur dalam kondisi ruangan gelap tanpa polusi cahaya dari lampu, cahaya bulan ataupun suara alarm maka tubuh akan memproduksi hormon alami selama kita tertidur. Untuk melakukan lunception, Anda harus menyiapkan ruangan yang dapat membuat Anda nyaman. Tutup jendela rapat-rapat (jangan ada cahaya sedikitpun yang masuk) dan jangan pernah gunakan alarm.

Beberapa hal di atas adalah upaya pengobatan rumahan yang bisa anda lakukan untuk mengatasi kista ovarium. Selain itu, ada cara lain dengan menggunakan Obat Herbal untuk Penyakit Kista Ovarium yang juga aman untuk bisa anda terapkan. Semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon